LADIESTORY.ID | HEALTH | KONSUMSI KACANG MERAH TERNYATA BANYAK SEKALI MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN

Konsumsi Kacang Merah Ternyata Banyak Sekali Manfaatnya Untuk Kesehatan

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 48 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Konsumsi Kacang Merah Ternyata Banyak Sekali Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kacang merah sering kita temui di berbagai jenis makanan yang kita makan sehari-hari, seperti dalam sayur sampai menu dessert. Kacang merah merupakan jenis legum yang sudah dekat dengan keseharian kita. Gurihnya legum ini membuatnya sering diolah menjadi es kacang merah, sup kacang merah, bahkan ditambahkan ke dalam masakan rendang. Tak hanya bercita rasa gurih, kandungan kacang merah juga tak bisa kamu lewatkan.

Apa itu kacang merah?

Kacang merah adalah satu satu varietes kacang. Nama latin dari kacang merah adalah Phaseolus vulgaris. Secara Internasional, kacang merah juga dikenal dengan nama kidney beans. Ini dikarenakan bentuk dan warnai kacang merah yang menyerupai ginjal. Warna kacang merah berwarna merah kecoklatan.

Baca juga: Bersepeda Ternyata Baik Untuk Kesehatan Mental dan Fisik Wanita

Untuk setiap 100 gramnya, kandungan kacang merah berikut ini bisa kamu dapatkan:

  • Kalori: 127
  • Air: 67%
  • Protein: 8,7 gram
  • Karbohidrat: 22,8 gram
  • Gula: 0,3 gram
  • Serat: 6,4 gram
  • Lemak: 0,5 gram

Dari profil di atas, bisa kita ketahui bahwa kacang merah utamanya tersusun atas karbohidrat dan serat, namun juga tinggi dengan protein. Kandungan lemak dalam legum ini relatif rendah, yakni ‘hanya’ 0,5 gram untuk setiap 100 gram kacang merah. Rasa kacang merah cukup lezat apalagi bila telah direbus atau diolah dalam bentuk makanan lain. Kandungan zat gizi kacang merah Ada beberapa kandungan zat gizi kacang merah yang perlu kamu ketahui. Kacang merah kaya akan karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan vitamin B9 atau asam folat. Selain itu, kacang merah juga mengandung zat besi, potasium, magnesium mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, dan lainnya. Walaupun ukurannya kecil, kacang merah ternyata punya banyak manfaat buat tubuh kamu loh! Ini dia manfaatnya:

Mencegah Penuaan Dini

Kacang merah punya antioksidan yang tinggi dibandingkan kacang-kacangan lainnya. Antioksidan ini bermanfaat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel pada tubuh kita. Cocok nih buat kamu yang pengen selalu terlihat awet muda!

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain untuk mencegah penuaan dini, kandungan antioksidan pada kacang merah juga bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Ini nih yang bisa menghancurkan zat-zat asing dalam tubuh penyebab penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang merah kaya akan kandungan mineral seperti kalsium, asam folat, serta magnesium, yang mampu menekan kadar homosistein. Homosistein sendiri merupakan salah satu zat pemicu penyakit jantung koroner.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Tidak hanya berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah, manfaat kacang merah juga bisa mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah harus selalu dijaga agar tetap normal. Hal ini sangat penting terutama bagi para penderita diabetes. Kacang merah sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah yang drastis bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang merah.

Mencegah Kanker

Kacang merah merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan antioksidan. Ini menkamukan bahwa kacang merah mampu menangkal radikal bebas yang sering kali menjadi penyebab penyakit kanker. Di samping itu, kandungan serat di dalam kacang merah bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kanker pencernaan seperti kanker usus. Jadi, pengonsumsian kacang merah bisa mencegah seseorang dari penyakit kanker.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain untuk menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan di dalam kacang merah juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makrofag di dalam tubuh akan lebih aktif dan lebih banyak sehingga tubuh mampu menghancurkan zat-zat asing penyebab penyakit.

Manfaat kacang merah bisa membuang racun-racun dari dalam tubuh. Kandungan molybdenum yang ada di dalam kacang merah bisa membantu tubuh membuang seluruh racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Darah dan tubuh pun menjadi bersih dari racun. Ini bisa meningkatkan kesehatan dan menghindari berbagai penyakit.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Baca juga: 5 Manfaat dan Khasiat Lemon untuk Kesehatan Si Kecil yang Tidak Boleh Diabaikan

kacang merah manfaat kacang merah kandungan kacang merah mengolah kacang merah Red beans

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health