Ladiestory.id » Health » Kurangi Begadang, Ini Lho 5 Alasan Mengapa Tidur yang Baik Itu Penting untuk Wanita Aktif

Kurangi Begadang, Ini Lho 5 Alasan Mengapa Tidur yang Baik Itu Penting untuk Wanita Aktif

LS Health
Penulis: LS Health
Rabu, 13 November 2019 | 01:40:58
Durasi baca: 3 menit, 1 detik
Dibaca: 8 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Kurangi Begadang, Ini Lho 5 Alasan Mengapa Tidur yang Baik Itu Penting untuk Wanita Aktif

Biasanya, jika beban pekerjaan sedang banyak-banyaknya, tak jarang kita membawanya pulang untuk mengerjakannya kembali di rumah. Nah, kalau sudah berkutat pada pekerjaan dan terlalu fokus menggarapnya, kita pun akan sulit beranjak dari depan laptop untuk bergegas ke tempat tidur dan memejamkan mata. Alasannya sih, tanggung karena sedikit lagi pekerjaan selesai. Ternyata, tanpa disadari pagi telah muncul, matahari tersenyum lebar, dan kamu baru sadar kalau kamu belum tidur sama sekali. Hal seperti itu bisa terulang hingga berkali-kali. Padahal, kebiasaan seperti itu harus segera kamu tinggalkan lho, Ladies. Apalagi untuk wanita aktif sepertimu yang memang butuh tidur dengan kualitas baik karena 5 alasan berikut ini!

1. Tidur yang baik bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuhmu

Tidur bisa meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian dari National Institutes of Health seperti yang dilansir oleh healthline.com menemukan bahwa, orang-orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam akan terserang flu tiga kali lebih mungkin ketimbang mereka yang tidur selama 8 jam atau bahkan lebih. Hal itu disebabkan oleh waktu tidur yang lebih sedikit dari yang semestinya. Karena sesungguhnya waktu tidur yang normal untuk orang dewasa itu adalah 8 jam per hari lho, Ladies. Nah, ketika kamu terbangun dari masa tidurmu sebelum mencapai 8 jam, proses peningkatan sistem imun yang terjadi ketika kamu tidur akan terganggu secara otomatis. Tentu, hal itu menyebabkan tubuhmu kekurangan imunitas dan menjadikanmu rentan terserang penyakit.

Baca juga: Rambut Mudah Rontok? Ini Dia Tips Mudah Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab!

2. Kualitas tidur yang buruk bisa sebabkanmu mengalami depresi

Kualitas tidur yang buruk menyebabkan depresi

Salah satu penyebab depresi yang paling sering dialami wanita adalah gangguan tidur yang mengakibatkan kualitas tidurnya memburuk. Ketika kamu mengalami insomnia atau sleep apnea secara signifikan, kencederungan gangguan tidur berkepanjangan akan terjadi. Setalah itu, kamu akan merasakan adanya keanehan yang membuatmu terus berpikir ulang tentang mengapa kamu sulit tidur, juga permasalahan lain yang akan mudah muncul dengan sendirinya sebab kamu tidak tidur-tidur. Semestinya, kamu tidak menyepelekan kebiasaan ini, Ladies. Sebab, depresi yang disebabkan oleh gangguan tidur ternyata juga bisa menjadi penyebab kematian karena bunuh diri, lho.

3. Kurangnya waktu tidur menyebabkan naiknya gula darah dan penyakit diabetes tipe 2

Kurangnya waktu tidur sebabkan penyakit diabetes

Diambil dari database yang dicatat National Institutes of Health, ternyata ada sebuah studi yang melibatkan empat pria muda yang sehat dan membatasi waktu tidurnya menjadi 4 jam per malam selama 6 hari berturut-turut dapat menjadikannya terkena gejala pradiabetes. Lalu, di penelitian berikutnya, gejala prediabetes tersebut bisa teratasi setelah mereka meningkatkan durasi tidurnya selama satu minggu. Ternyata, kebiasaan menyepelekan waktu tidur yang buruk bisa berpengaruh pada efek buruk gula darah di dalam tubuh. Sehingga, erat kaitannya antara kualitas tidur yang buruk dan munculnya kemungkinan terserang penyakit diabetes tipe 2 yang menjadi salah satu penyakit dengan risiko kematian lho, Ladies!

4. Tidur dengan waktu yang cukup bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Tidur yang cukup meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Baca juga: 4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Bikin Gemuk


Memiliki kebiasaan tidur dengan kualitas yang baik dan waktu yang cukup ternyata sangat berpengaruh terhadap berbagai fungsi otak, lho. Misalnya saja dapat mempertajam konsentrasi, mempermudah proses penyerapan pengetahuan dan pengalaman baru di dalam otak, meningkatkan produktivitas kerja, serta menambah kemampuan kerja yang lebih mumpuni. Selain bermanfaat bagi orang dewasa, tidur yang cukup juga bisa meningkatkan kemampuan anak ketika memecahkan masalah dan meningkatkan kinerja memori pada anak maupun orang dewasa menjadi lebih baik lagi.

5. Buruknya kualitas tidur bisa membuatmu menjadi gemuk

Buruknya waktu tidur sebabkan obesitas

Salah satu penyebab kegemukan yang dialami wanita adalah buruknya kualitas tidur yang telah lama menjadi kebiasaan. Ternyata, durasi tidur yang hanya sebentar atau cenderung pendek dapat menyebabkan obesitas lho, Ladies. Sebab, ada beberapa faktor yang menyebabkan obesitas karena waktu tidur yang sedikit, yaitu pengaruh hormon dan motivasi untuk berolahraga. Jadi, jika kamu ingin berat badanmu turun, ada baiknya kamu memperbaiki pola tidurmu menjadi 8 jam sehari agar gaya hidupmu kembali normal.

Nah, setelah membaca kelima alasan mengapa tidur yang baik itu penting, yuk, saatnya kita perbaiki waktu dan kualitas tidur lebih baik agar bisa menjadi wanita aktif yang selalu sehat!

Source foto: Freepik.com

Baca juga: Kapan Anak Boleh Berhenti dari Aktivitas Tidur Siang?

health kesehatan tidur alasan mengapa harus tidur yang cukup waktu tidur durasi tidur kualitas tidur tidur yang cukup kualitas tidur yang baik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH