LADIESTORY.ID | PARENTING | LANGKAH TEPAT YANG PERLU DILAKUKAN PASCA OPERASI CAESAR

Langkah Tepat yang Perlu Dilakukan Pasca Operasi Caesar

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 6 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Langkah Tepat yang Perlu Dilakukan Pasca Operasi Caesar

Dalam masa pemulihan operasi caesar, ibu juga bisa saja merasakan sakit, ngilu atau nyeri saat melakukan beberapa kegiatan, bahkan aktivitas ringan seperti batuk atau tertawa.?agar penyembuhan setelah melahirkan caesar lebih cepat dan optimal, ada beberapa hal yang perlu dihindari untuk sementara waktu. Yuk, pahami beberapa hal tersebut!? 

Melakukan aktivitas fisik ringan

Beberapa jam setelah operasi, kamu memang perlu tetap berbaring dan beristirahat di tempat tidur. Hal ini penting dilakukan agar tenaga kamu pulih, sekaligus menunggu efek obat bius berkurang. Namun, sekitar 12-24 jam setelah operasi atau saat sudah dirasa kuat, kamu dapat mulai bangun dari tempat tidur atau berjalan di sekitar ruangan rawat inap.

Jangan makan makanan yang mengandung gas

Meski mengeluarkan gas itu baik, tapi kamu juga tentu tidak ingin membuang gas terlalu sering setelah menjalani operasi caesar, bukan? Karena terlalu sering membuang gas dapat membuat perut kamu terasa nyeri.Pastikan kamu tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti kol, brokoli, atau jahe. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat memicu kamu untuk membuang gas berulang kali.

Baca juga: Tips Mewarnai Rambut Tanpa Proses Bleaching

Mengelola emosi dengan baik

Masa-masa setelah melahirkan, baik secara normal maupun dengan operasi caesar, adalah masa yang sulit. Bahkan tak sedikit ibu yang mengalami stres dan depresi karenanya. Oleh karena itu, penting untuk mengelola emosi dengan baik. Jangan sungkan untuk mencari bantuan dokter atau psikolog bila kamu mengalami depresi pascamelahirkan yang ditkamui oleh munculnya rasa sedih yang terus-menerus, sering menangis, putus asa, atau bahkan ingin menyakiti diri sendiri atau bayi kamu.

Merawat luka bekas operasi

Perawatan luka operasi sangat penting dilakukan karena berpengaruh besar terhadap proses pemulihan. Dokter atau perawat biasanya akan memberikan petunjuk mengenai cara merawat luka jahitan operasi caesar selama kamu menjalani pemulihan di rumah. 

Beristirahat yang cukup

Selalu luangkan waktu untuk beristirahat setiap kali Si Kecil tertidur, termasuk pada siang hari. Jangan sungkan meminta bantuan suami atau anggota keluarga untuk mengganti popok Si Kecil atau melakukan pekerjaan rumah, agar kamu bisa tidur walau sebentar. Selain cukup tidur, kamu juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan tekanan di rongga perut meningkat, seperti sering naik-turun tangga atau mengangkat benda berat.

Hal terpenting adalah tidak perlu menyesali mengapa kamu tidak bisa melahirkan normal dan harus melahirkan caesar. Tidak perlu juga meratapi nasib karena perut kamu akan memiliki bekas jahitan seumur hidup, atau recovery yang lama dan rasanya tidak kunjung sembuh. Semakin kamu menyesal, recovery akan berjalan terasa lebih lama. Syukuri saja jika Si Kecil lahir dengan selamat, dan kamu tetap salah satu dari superwomen yang telah hamil selama sembilan bulan dan melahirkan seorang anak yang sehat.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Operasi sesar Melahirkan Proses Bersalin Persalinan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting