Ladiestory.id » Travel » Liburan ke Luar Kota Mungkin Sulit, Yuk Staycation di Jakarta dengan MpokSiti!

Liburan ke Luar Kota Mungkin Sulit, Yuk Staycation di Jakarta dengan MpokSiti!

LS Travel
Penulis: LS Travel
Selasa, 10 Maret 2020 | 09:38:59
Durasi baca: 2 menit, 30 detik
Dibaca: 12 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Liburan ke Luar Kota Mungkin Sulit, Yuk Staycation di Jakarta dengan MpokSiti!

Bosan sama weekend yang monoton? Sepertinya kamu mesti mencoba hal baru yaitu dengan berkeliling gratis kota Jakarta dengan bus tingkat. Pihak pemprov DKI membuat rute baru bus tingkat wisata Jakarta bagi para wisatawan untuk dapat menikmati objek wisata ibu kota, baik untuk wisata sejarah, kuliner dan belanja.

Sebelum naik bus ini, ada baiknya mengetahui namanya: MpokSiti. Dengan MpokSiti, kamu bisa berkeliling kota Jakarta dari pagi hingga malam hari dengan biaya nol rupiah alias gratis. Pada pukul 09.00 – 17.00 WIB, MpokSiti akan mengajak kita menelusuri sejarah ibu kota dengan rute “History of Jakarta” dan merasakan “Shopping Experience” ke tempat wisata belanja. Sedangkan mulai pukul 17.00 – 23.00 WIB, MpokSiti akan menjelajahi Wisata Kuliner dengan rute “Art and Culinary” Jakarta. Khusus Minggu, tur dimulai pada pukul 12.00 karena adanya CFD atau Car Free Day.

Ohya, tahukah kamu bahwa bus tingkat sebenarnya sudah beroperasi sejak lama di Jakarta? Namun, sebelumnya bus tingkat ini dijadikan sebagai transportasi umum berbayar layaknya bus kota yang terdapat di Jakarta. Sejak awal tahun 2014 lalu Pemprov DKI pun mengalihfungsikan bus tingkat ini sebagai bus pariwisata gratis yang bisa dinikmati oleh warga Jakarta maupun turis. Tentunya, bus tingkat ini pun hadir dengan wajah baru yang lebih menarik dan pastinya nyaman. 

Baca juga: OOTD Liburan Musim Panas a La Selebgram Indonesia, Kece!

Untuk bisa menikmati fasilitas bus tingkat wisata Jakarta ini, ada beberapa rute dan jam operasional yang perlu kamu ketahui, nih. Jadi catat informasi di bawah ini, ya!

History of Jakarta

Kamu yang ingin menelusuri tempat-tempat bersejarah di sekitar Jakarta, maka harus memilih bus tingkat Jakarta BW1. Rute yang akan kamu lewati adalah Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum BI, BNI 46, Pasar Baru, Juanda/Istiqlal, Monas 2, dan IRTI.

Jakarta Modern

Jakarta Modern atau Jakarta Baru bisa menjadi pilihan kamu yang hendak mengelilingi beberapa sibuk di ibu kota. Dengan menggunakan bus tingkat Jakarta BW2, kamu bisa melewati rute Juanda, Monas, Balai Kota, Sarinah, Plaza Indonesia, Sarinah, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, dan Juanda.

Baca juga: Escape Sejenak dari Kesibukan, Liburan ke Second City Yuk!


Art and Culinary

Untuk yang mau mengenal kesenian Jakarta dan mencicipi kuliner khasnya, kamu bisa menggunakan bus tingkat BW3. Bus wisata ini akan membawa kamu melewati jalur-jalur seperti Monas 2, Monas 1, Juanda, Pecenongan, Masjid Kb. Jeruk, Sawah Besar, BNI 46, Museum BI, Gedung Arsip, Harmoni, Bundaran HI, Sarinah, Balai Kota, dan IRTI.

Jakarta Open Space

Meskipun Jakarta terkenal dengan gedung pencakar langitnya, namun ada banyak open space atau ruang terbuka yang bisa kamu nikmati. Dengan menggunakan bus tingkat BW5, kamu bisa berkeliling ke Tosari, Bundaran HI, Sarinah, IRTI, Balai Kota, Sarinah, Tosari, RPTRA, Kalijodo.

Jakarta Heritage

Baca juga: Potret Liburan Glenn Fredly dan Mutia Ayu, Babymoon Juga?

Rute BW6 menjadi rute terakhir yang bisa kamu nikmati untuk berkeliling Jakarta dengan bus tingkat secara gratis. Saat menaiki BW6 ini, kamu akan dibawa mengelilingi Cagar Budaya Jakarta, dengan rute Juanda, Monas, Balai Kota, Sarinah, Tosari, Makam Mbah Priok, Tosari, Bundaran HI, Sarinah, dan Juanda.

Seru ya, keliling Jakarta! Selamat menikmati staycation minggu ini, dan tetap jaga kesehatan, ya! 

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Eko Herwantoro

wisata jakarta bus wisata jakarta bus tingkat jakarta city tour jakarta city tour bus tingkat gratis

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON TRAVEL