?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | MAKANAN INI SANGAT BAIK UNTUK KESEHATAN PARU-PARU KAMU

Makanan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Paru-Paru Kamu

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 5 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Makanan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Paru-Paru Kamu

Seperti yang kita tahu, COVID-19 adalah satu jenis penyakit pernafasan. Oleh karenanya selain penting menjaga sistem kekebalan tubuh untuk tetap optimal, ada baiknya kita juga perlu menjaga kesehatan paru-paru mulai dari sekarang. Apalagi jika kamu baru saja berhenti merokok dan ingin memperbaiki kondisi paru-paru. Menurut sains, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi agar paru-paru lebih sehat. Penasaran apa saja makanan tersebut? Tarik nafas pelan dan buang, dan silakan baca penjelasan di bawah ini. 

Sayuran Hijau

Untuk melindungi paru-paru dari inflamasi dan infeksi, sayuran hijau seperti bayam dan kale, adalah bahan makanan penolong yang bisa konsumsi. Pasalnya, sayuran ini mengandung klorofil, pemberi warna hijau yang membantu melancarkan peredaran darah ke paru-paru. Tidak hanya itu, makanan ini juga mengandung carotenoid seperti lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan yang membebaskan tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada paru. 

Makanan Sumber Protein

Pastikan kamu mengonsumsi cukup protein dan memakannya tidak hanya saat sarapan, melainkan juga pada saat makan siang dan malam. Telur, yogurt Yunani, protein shake, kacang-kacangan, polong, daging seperti daging ayam adalah sumber protein yang baik. 

Baca juga: Konsumsi Kacang Merah Ternyata Banyak Sekali Manfaatnya Untuk Kesehatan

Air Putih

Yep, air putih adalah salah satu faktor penting untuk membersihkan saluran udara dan menyingkirkan lendir di dalam paru-paru. Sebagai informasi, paru-paru adalah 80% air, sehingga dehidrasi ringan saja bisa mempengaruhi fungsi paru-paru secara signifikan.  

Jahe

Jika kamu mendapati harga jahe akhir-akhir ini meroket, itu mungkin karena sekarang semakin banyak orang yang mengetahui manfaat tumbuhan ini. Pada prinsipnya, jahe adalah dekongestan alami yang bisa membantu membersihkan saluran udara dan meningkatkan sirkulasi di dalam paru-paru. Jadi, pastikan memasukkannya ke dalam menu harianmu, entah itu dalam bentuk wedang jahe buatan sendiir atau sayuran. 

Apel dan Tomat

Menurut ahli, apel dan tomat memiliki khasiat memperlambat turunnya fungsi alami paru-paru saat usia sudah semakin bertambah. Dan untuk para mantan perokok, dua bahan makanan ini juga sangat bagus karena mengandung antioksidan level tinggi untuk melindungi paru-paru dari asap rokok. 

Teh Hijau

Jika teh favoritmu adalah teh hijau, pilihanmu sudah sangat tepat. Asal tahu saja, teh ini kaya akan antioksidan, terutama quercetin, yaitu memiliki fungsi seperti antihistamin alami yang bisa mengurangi inflamasi dan melindungi paru-paru dari iritasi. 

Makanan dengan Lemak Sehat

Seperti yang sudah kamu tahu, tidak semua lemak jahat. Nah, dalam sistem pencernaan lemak memuat paling sedikit karbon dioksida, sehingga mereka yang memiliki isu sulit bernafas, akan sangat tertolong jika mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi dan rendah karbohidrat. Oleh karenanya, cobalah mengonsumsi walnut, ikan berlemak sehat (salmon, sarden, teri) paling tidak tiga kali seminggu. 

Sumber foto utama: Rawpixel.com

makanan dan kesehatan paru-paru kesehatan pernafasan makanan sehat kesehatan paru-paru makanan sehat gaya hidup sehat

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health