?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA MAAG

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Makanan penyebab maag sangatlah banyak, maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan yang harus kamu konsumsi, agar nantinya kamu tidak menderita maag kronis, sebab maag kronis merupakan jenis maag yang sudah parah dan sangat berbahaya bila terus dibiarkan serta butuh pengobatan maag yang tepat dan baik. Berikut makanan yang harus dihindari penderita sakit maag

Makanan yang Digoreng

Selain makanan tinggi lemak, makanan yang digoreng juga harus dihindari penderita maag. Alasannya serupa dengan makanan tinggi lemak sebelumnya. Gorengan, yang notabene direndam dalam minyak panas dan cukup banyak, mengandung banyak lemak trans. Makan makanan yang tinggi lemak tentu berisiko membuat gejala maag kembali kambuh karena naiknya asam lambung. Makanan yang digoreng dengan kandungan lemak yang tinggi ini dapat merangsang melemahnya otot pada katup kerongkongan. Akibatnya, asam lambung bisa dengan mudah naik dan menjalar ke ulu hati, dada, hingga kerongkongan.

Baca juga: Ternyata Makanan Ini Bisa meningkatkan Mood Kamu

Produk Olahan Susu

Kandungan laktosa membuat susu menjadi cenderung lebih sulit dicerna oleh tubuh. Ketika laktosa tidak dapat dicerna dengan baik, perut akan menjadi kembung, menghasilkan gas atau menyebabkan diare. Hal ini tentu dapat memperberat keluhan penderita maag. Meski begitu, bukan berarti Kamu harus menjauhi produk susu sepenuhnya. Susu mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, terutama kalsium, yang penting bagi perkembangan dan kesehatan tulang. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter tentang batasan dalam mengonsumsi susu dan alternatif penggantinya.

Makan Makanan Asam

Makan makanan asam memang bisa membuat kamu jadi lebih segar. Akan tetapi, makanan ini menjadi pantangan bagi orang yang sakit maag atau memiliki penyakit pada saluran pencernaan. Asam makanan bisa menciptakan lingkungan di dalam perut semakin asam. Akibatnya, lapisan lambung yang meradang atau terluka bisa memunculkan respons berupa sakit perut. Deretan makanan asam yang menjadi pantangan orang yang sakit maag adalah buah yang rasanya asam, buah yang kondisinya mentah, atau makanan yang ditambahkan banyak cuka.

Banyak Minum Kopi

Baca juga: 6 Makanan Penambah Darah yang Perlu Dikonsumsi Selama Menstruasi


Minum kopi rupanya menjadi rutinitas harian bagi beberapa orang, terutama di siang hari. Minuman ini memang bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga konsentrasi tetap terjaga. Sayangnya, pada orang yang memiliki GERD salah satu penyakit yang menimbulkan gejala maag kopi bisa memicu gejala sehingga menjadi pantangan. Jika kamu mengalami maag setelah minum kopi, sebaiknya batasi atau hindari kebiasaan ini.

Telat Makan dan Makan Berlebihan

Pantangan penyakit maag tidak hanya pada pilihan makanan saja, tapi juga kebiasaan makan yang kamu terapkan. Biasanya, gejala maag mulai menyerang jika kamu telat makan atau makan dalam porsi besar sekaligus. Kebiasaan makan inilah yang menjadi pantangan bagi orang yang punya penyakit maag. Untuk mengakalinya, makanlah dengan porsi kecil namun sering. Dengan demikian, perut kamu tidak lagi kosong dan asam lambung tetap digunakan dengan baik untuk mencerna makanan, bukan mengiritasi lapisan lambung. Untuk mengakalinya, makanlah dengan porsi kecil namun sering. Dengan demikian, perut kamu tidak lagi kosong dan asam lambung tetap digunakan dengan baik untuk mencerna makanan, bukan mengiritasi lapisan lambung.

Selain itu, sakit maag bisa dipicu karena makan terlalu banyak atau terlalu cepat, stres, mengonsumsi obat tertentu, atau menderita penyakit tertentu. Sakit maag juga bisa dihubungkan dengan gaya hidup yang buruk dan tidak sehat.

 

Baca juga: Yuk Cek Bahan Makanan Yang Bikin Jerawatan

Sumber foto: Freepik.com

 

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag maag penyakit maag

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health