Ladiestory.id » Fashion & Beauty » Manfaat Algae dalam Skincare untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Algae dalam Skincare untuk Kesehatan Kulit

Selasa, 17 September 2019 | 03:44:17
Durasi baca: 2 menit, 6 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Algae dalam Skincare untuk Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Sebelum memutuskan membeli sebuah produk kecantikan, mungkin ada banyak hal yang akan dipertimbangkan. Jika kamu gemar mengulik kemasan dan membaca seluruh informasi yang tertera, mungkin kamu sudah tidak asing dengan algae. Saat ini, algae sudah banyak digunakan dalam kosmetik maupun skin care. Sebenarnya, apa itu algae dan apa manfaatnya untuk kulit? Simak penjelasannya di sini, ya!

Apa itu algae?

Dalam bahasa Indonesia, algae memiliki arti ganggang yang hidup dan tumbuh di dalam laut. Setidaknya terdapat lebih dari 70.000 spesies algae yang tercatat. Dari sekian banyak spesies yang ada, algae jenis apa yang kerap hadir di dalam produk kecantikan?Menurut Evan Rieder, asisten profesor di NYU Langone Health, algae memiliki banyak kategori dan sulit untuk menentukan jenis apa yang digunakan oleh perusahaan produk kecantikan. Namun, dalam praktiknya, ia menemukan bahwa hanya ada beberapa spesies algae yang benar-benar telah dipelajari dan digunakan dalam makeup dan skincare, di antaranya 3 jenis utama makroalgae, yaitu cokelat, hijau, dan merah. Ini juga mencakup dalam berbagai jenis microalgae di dalamnya, seperti spirulina yang merupakan sejenis algae biru-hijau, dan chlorella, algae hijau. Masing-masing memiliki klaim perawatan kulit yang mampu memberikan manfaat antioksidan, pelembap, anti-aging, serta perlindungan UV.

Baca juga: 5 Obat Jerawat Ini Ampuh Banget Mengobati Jerawat Dalam Sekejap

Manfaat algae untuk kulit

Menurut studi yang diterbitkan pada 2013 di International Journal of Biological Macromolecules, para peneliti melihat potensi pada senyawa yang diekstraksi dari lima jenis algae, karena senyawa ini mampu menyerap dan mempertahankan kelembapan, sehingga memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Dalam studinya, mereka memeriksa berapa banyak air yang dapat diserap oleh algae dan hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan melembapkan algae dinilai lebih baik daripada hyaluronic acid yang populer dengan klaimnya untuk memberikan kelembapan. Nah, beberapa jenis algae juga mengandung karotenoid dan vitamin E yang dikenal sebagai antioksidan dan mampu mengontrol radikal bebas dalam jumlah yang tinggi.

Perlukah menggunakan produk berbahan algae?

Algae memiliki banyak manfaat untuk kulit, maka dari itu, jika kamu mencoba sebuah produk yang berbahan algae dan menyukainya, plus tidak mengalami efek samping, kamu dapat terus menggunakannya. Namun, ada catatan nih dari Dr. Rieder untuk pemilik jenis kulit sensitif. Sebaiknya kamu lebih berhati-hati ya, ketika menggunakan produk yang memiliki kandungan algae, karena ada beberapa laporan yang menyatakan bahwa beberapa spesies algae mungkin bisa menyebabkan iritasi.

Baca juga: Tips Merawat Kulit di Tengah Kabut Asap Menurut Ahli


Baca Juga: Manfaat Buncis untuk Kecantikan Kulit dan Produk Rekomendasi yang Bisa Dicoba

Demikian manfaat algae untuk kecantikan, semoga ingformasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearLess with FIMELA

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON FASHION & BEAUTY