Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | MANFAAT ANGGUR UNTUK MENCEGAH KANKER DAN BANTU KULIT AWET MUDA!

Manfaat Anggur Untuk Mencegah Kanker Dan Bantu Kulit Awet Muda!

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 42 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Anggur Untuk Mencegah Kanker Dan Bantu Kulit Awet Muda!

Memakan anggur merah di siang hari yang panas tentu sangat menyegarkan. Selain menyegarkan, tahukah kamu bahwa anggur merah memiliki banyak khasiat? Yuk, simak beragam manfaat anggur merah untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.  Anggur merah adalah salah satu jenis tanaman buah perdu yang termasuk dalam keluarga Vitaceae. Dengan kandungan mineral, vitamin dan nutrisi melimpah yang baik bagi tubuh. Anggur mendatangkan banyak keuntungan jika kita rutin mengonsumsinya dalam takaran yang cukup, berikut daftar manfaat buah anggur yang perlu kamu ketahui:

Mengandung Banyak Antioksidan

Polusi kendaraan, asap rokok, radiasi sinar ultraviolet dapat membuat kadar radikal bebas dalam tubuh melebihi kapasitas sehingga rentan mengalami stres oksidasi. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel yang parah dan memicu berbagai penyakit seperti kanker, mata katarak, hingga menurunya fungsi ginjal.

Sumber Kalium

Pada 100 gram buah anggur terdapat sekitar 191 gram zat kalium. Kalium memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Buah ini dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Menurut penelitian orang yang melakukan diet natrium atau garam dapat menurunkan tekanan darah, mencegah kolesterol tinggi, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Buah Yang Mengandung Vitamin C Agar Puasa Tetap Fit

Baik untuk Kesehatan Tulang

Tidak hanya sebagai sumber antioksidan tinggi, manfaat buah anggur juga memiliki banyak nutrisi baik untuk tulang seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan vitamin K. Rutin mengkonsumsi buah anggur setiap hari dapat mencegah osteoporosis dan radang sendi.

Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Selain rasanya yang segar dan enak manfaat anggur sangat banyak sekali. Senyawa resveratrol pada anggur dapat memperlambat proses [penuaan dan mengatasi berbagai masalah kulit. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menjaga kekenyalan wajah, dan mencegah keriput.

Nutrisi untuk Mata

Peneliti telah melakukan uji coba terkait kandungan dan manfaat buah anggur untuk kesehatan. Hasilnya terbukti senyawa tanaman seperti resveratrol aktif melindungi mata dari sinar ultraviolet A, sehingga menjaga mata tetap sehat sampai usia senja. Buah yang identik dengan warna ungu ini mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari sinar biru.

Makanan Sehat untuk Program Diet

Menurut pakar kesehatan makan anggur saat diet itu baik sekali. Buah mungil ini selain sehat juga memiliki rasa yang enak cocok dimasukan kedalam menu makan pagi, siang ataupun malam.

Mencegah Penyakit Diabetes

Mengontrol kadar gula darah sangat penting dilakukan agar terhindar dari penyakit diabetes. Pada penelitian yang dilakukan pada sekelompok pria yang rutin mengonsumsi 20  gram ekstrak anggur setiap hari mengalami penurunan gula darah. Selain itu, kandungan resveratrol dalam buah anggur juga bermanfaat meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan reseptor gula pada membran sel.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Anggur merupakan sumber vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh. Ekstrak kulit anggur juga dipercaya efektif melawan serangan virus flu. Senyawa tanaman pada buah ekstrak buah anggur dapat mencegah penyebaran virus herpes, cacar air, jamur, dan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Escherichia coli (E. coli).

Meningkatkan Kemampuan Otak

Tidak hanya mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Konsumsi 8 ons jus anggur dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer. Mengonsumsi buah anggur terbukti membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan membangun suasana hati hingga 20 menit.

Mengoptimalkan Kinerja Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi menetralisir racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk keringat atau kotoran. Gaya hidup tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji rendah gizi dan tinggi kandungan garam dapat memberatkan kerja ginjal.

Manfaat buah anggur anggur buah anggur khasiat buah anggur

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health