LADIESTORY.ID | HEALTH | MANFAAT BERSEPEDA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Tren olahraga bersepeda kini makin populer yah ladies. Mulai dari anak anak hingga dewasa udah mulai ramai nih yang bersepeda. Nah ternyata ketika bersepeda tubuh dan otot itu akan aktif bergerak jadi sangat baik untuk meningatkan kesehatan tubuh. Jadi bukan cuma tren aja, tapi kamu juga akan merasakan dampak positif dari bersepeda ini. ??

Semenjak pandemi corona bergulir di Indonesia, masyarakat dipaksa untuk berdiam dan beraktivitas di dalam rumah saja. Kemudian, setelah berbulan-bulan menjalani karantina di rumah, masyarakat pun mulai jengah dan mencari alternatif kegiatan untuk dilakukan. Siapa sangka, kegiatan bersepeda menjadi pilihan yang menarik dan digemari oleh banyak kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua berduyun-duyun keliling kota sambil bersBersepedaepeda. Memang, selain menjadi kegiatan rekreasi yang menyenangkan, bersepeda juga terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Stres

Saat bersepeda, hormon endorfin diproduksi tubuh. Hormon ini bisa memunculkan rasa nyaman dan meningkatkan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga mampu mengurangi rasa sakit yang dialami tubuh. Selain itu, ketika bersepeda, kamu juga akan menikmati pemkamungan yang akan membantu menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

Baca juga: Jangan Takut, Ternyata Manfaat Vaksin Bagi Tubuh Banyak Sekali Loh Ladies

Mengontrol Berat Badan

Salah satu cara sederhana untuk membantu mengontrol berat badan adalah dengan bersepeda. Alasannya kegiatan ini bisa membakar lemak tubuh, membantu membangun otot, dan menaikkan metabolisme. Namun bukan hanya bersepeda, mengontrol berat badan juga perlu digabung dengan menerapkan pola makan yang sehat. Banyaknya kalori yang dibakar ketika sedang bersepeda bisa bergantung dari berapa lama, berapa jauh, dan berapa cepat kamu melakukan bersepeda.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Ternyata bersepeda secara rutin juga memiliki pengaruh terhadap otak, yakni meminimalisir penurunan fungsi kognitif (daya pikir) dan risiko demensia. Ini dikarenakan adanya peningkatan aliran darah menuju  ke otak mempengaruhi oksigen dan nutrisi yang diterima oleh otak. Jika ingin merasakan manfaat tersebut, lakukan olahraga sepeda 45-60 menit setiap hari.

Meminimalisir Terjadinya Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat bersepeda secara teratur bisa membantu meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular, memperbaiki kinerja jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah. Dengan rutin berbersepeda bisa menurunkan kadar lemak dalam darah dan membuat otot jantung menjadi kuat.

Meminimalisir Munculnya Penyakit Kanker dan Diabetes

Cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir munculnya penyakit kanker dan diabetes, yakni dengan rutin menerapkan pola makan yang sehat dan berbersepeda dengan rutin minimal 30 menit per hari. Salah satu alasannya, orang yang bertubuh bugar, bisa meminimalisir terkena kanker kolorektal dan kanker paru-paru.

Ternyata hanya dengan bersepeda saja ada begitu banyak yang bisa kamu peroleh. Dengan mengetahui manfaat bersepeda di atas, semoga kamu jadi lebih bersemangat ya melakukannya setiap hari.


Sumber Foto Utama: Freepik.com

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh Bersepeda efek samping bersepeda efek samping bersepeda bagi wanita

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health