?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | MANFAAT KONSUMSI IKAN UNTUK KESEHATAN SAAT PANDEMI

Manfaat Konsumsi Ikan Untuk Kesehatan Saat Pandemi

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 1 menit, 54 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Konsumsi Ikan Untuk Kesehatan Saat Pandemi

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik, menjadikannya makanan yang bagus untuk dimasukkan ke dalam menu kamu. Satu porsi salmon atau tuna memberikan kamu jumlah harian asam lemak omega-3 dan vitamin B12 yang direkomendasikan.

Berdasarkan Jurnal yang dipublikasikan oleh National Institute of Health, Asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab umum kelelahan. Faktanya, beberapa penelitian menetapkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi kelelahan, terutama pada pasien kanker dan mereka yang baru pulih dari kanker.

Apa Saja Manfaat Makan Ikan?

Sayangnya, banyak penduduk Indonesia yang lebih memilih untuk makan daging dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan. Padahal, nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam.

Baca juga: Tips Cara Memakai Softlens yang Benar Untuk Kesehatan Mata

Berikut ini merupakan manfaat dari mengonsumsi ikan berlemak:

  • Melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan. Penelitian menunjukkan rutin konsumsi ikan berhubungan dengan penurunan degenerasi makula pada wanita.
  • Mencegah penyakit asma pada anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan lebih kecil berisiko terkena asma.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 1. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi ikan yang mengandung omega 3 berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak dan dewasa.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makan ikan dapat membantu mengurangi risiko depresi. Hal ini mungkin karena kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ikan dapat lebih meningkatkan efektivitas obat antidepresan, dibandingkan jika Anda hanya mengonsumsi obat antidepresan saja.

The American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan setidaknya 2 kali per minggu sebagai bagian dari diet sehat. Sedangkan, Kementerian Kesehatan RI sendiri merekomendasikan untuk makan ikan sebanyak 2-3 kali per minggu. Ikan mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Asam lemak omega 3 dalam ikan juga dapat membantu mengatasi gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat.

Selain itu, vitamin B12 bekerja dengan asam folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja lebih baik di tubuh kamu. Kadar sel darah merah dan zat besi yang optimal dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

Jadi, buat kamu yang tidak suka mengkonsumsi ikan mulai sekarang yuk coba makan ikan, selain menyehatkan ternyata banyak sekali manfaat yang didapat. 

Baca juga: Fungsi Humidifier Di Dalam Rumah Yang Penting Untuk Kesehatan


Sumber Foto Utama: Freepik.com

manfaat makan ikan berlemak Ikan berlemak manfaat makan ikan ikan berlemak salmon tuna

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health