Ladiestory.id » Parenting » Manfaat Pentingnya Liburan Bersama Keluarga yang Harus Dilakukan Secara Rutin

Manfaat Pentingnya Liburan Bersama Keluarga yang Harus Dilakukan Secara Rutin

LS Parenting
Rabu, 22 Januari 2020 | 05:22:34
Durasi baca: 2 menit, 43 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Manfaat Pentingnya Liburan Bersama Keluarga  yang Harus Dilakukan Secara Rutin

Liburan keluarga itu membantu kita membuka cara pandang dan wawasan akan budaya, tradisi dan juga pengalaman, juga merupakan cara terbaik untuk memperluas cakrawala dan prespektif kita, biar nggak terbatas cuma seputar dapur, tetangga, atau lingkungan kantor.

Jadi jangan ragu-ragu untuk menjadwalkan liburan keluarga di sela waktu yang dimiliki. Liburan keluarga pun tidak harus mahal. Apalagi, zaman sekarang banyak aplikasi yang menawarkan potongan harga, mulai dari diskon harga tiket pesawat terbang, kereta api, kamar hotel, hingga tiket masuk ke tempat wisata tertentu beserta restoran terdekat.

Bagi orang tua, liburan keluarga membuat mereka menikmati waktu di luar rutinitas rumah tangga maupun pekerjaan di kantor. Sedangkan bagi anak-anak, liburan keluarga bisa menjadi momen untuk mengeksplorasi lingkungan, terlebih jika liburan itu dilakukan jauh dari lingkungan tempat tinggal

Baca juga: OOTD Liburan Musim Panas a La Selebgram Indonesia, Kece!

Ternyata banyak sekali manfaat yang didapat saat liburan, contohnya:

Membuat Anak Lebih Cerdas

Sumber Foto : Bukanews

 

Anak-anak selalu bersemangat dalam menyambut liburan keluarga bisa menjadi wadah yang tepat untuk memberikan pengalaman baru bagi mereka. Apalagi, sudah menjadi rahasia umum bahwa mengajarkan anak dengan pengalaman langsung lebih baik dibanding hanya sekedar teori atau pelajaran di dalam kelas.

Menurut Dr. Margot Sunderland, fisioterapis anak asal Amerika Serikat, menyatakan liburan keluarga bisa menjadi lingkungan belajar hal-hal baru yang kaya bagi anak, baik secara fisik maupun sosial. Liburan keluarga membantu perkembangan otak anak, terutama dalam berkonsentrasi, sehingga juga sangat berguna dalam membangun kesehatan mental anak.

Baca juga: Escape Sejenak dari Kesibukan, Liburan ke Second City Yuk!


Menghilangkan strees

Sumber Foto : Kumparan

 

Setalah menghabiskan waktu dengan mempunyai aktifitas yang padat tentunya ada rasa jenuh, lelah dan strees. Pergi berlibur bersama keluarga mungkin salah satu yang paling ditunggu - tunggu. Liburan keluarga bukan hanya bermanfaat untuk anak namu juga bagi orang tua, kegiatan ini pun memainkan peran penting, terutama dalam menghilangkan stres akibat terlalu lama berkutat dengan pekerjaan atau macet jalanan.

Sementara bagi anak, liburan keluarga juga tak kalah penting dalam meningkatkan kondisi kesehatannya. Berdasarkan penelitian, anak yang minimal menghabiskan 20 menit di alam akan lebih bisa fokus dan konsentrasi dalam bidang akademisnya

Membangun Chemistry

Baca juga: Potret Liburan Glenn Fredly dan Mutia Ayu, Babymoon Juga?

Sumber Foto : Okezone Lifestyle

 

Waktu berlibur adalah momen yang paling penting untuk mempererat ikatan yang lebih erat di dalam keluarga. Hal ini karena banyak aktivitas yang dilakukan bersama-sama. Alhasil, anggota keluarga dapat semakin dekat antara satu dengan lainnya. Berlibur bersama keluarga juga dapat meningkatkan hubungan harmonis antara orangtua dan anak.

Menumbuhkan Kreativitas Anak

Sumber Foto : review.bukalapak.com

 

Seiring berjalannya waktu, anak akan terpacu kreativitas, pertumbuhan, dan perkembangannya. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan anak, kreativitasnya akan berkembang secara signifikan. Terdapat banyak kegiatan yang dapat memancing kreativitas anak, misalnya mengajaknya berlibur ke pantai, memancing, berenang, bermain teka-teki, ataupun membawanya ke kebun binatang.

Baca juga: 7 Cara Mix & Match Coat Klasik, Cocok untuk Liburan Musim Dingin

Supaya pertumbuhan kreativitas anak semakin cepat, ajaklah mereka melakukan hal-hal yang disukainya. Tanyakan padanya tentang hobi yang menjadi kegemarannya, supaya ia pun menjadi lebih semangat saat melakukannya.

Perkembangan Otak Anak Meningkat

Sumber Foto : Suara.com

 

Saat mengajak anak untuk berlibur, ada dua jenis sistem yang dilatih di dalam otaknya, yaitu play system dan seeking system. Keduanya merupakan faktor penting yang akan meningkatkan daya berpikir anak. Latihan dua sistem ini tentu tidak akan didapatkan jika anak terus-menerus berada di rumah.

Keseimbangan antara kedua sistem tersebut akan membantu anak dalam mengontrol emosinya. Anak juga tidak akan mudah stres, bahkan selalu merasa bahagia, meskipun ia berada dalam situasi sulit sekalipun. Hal ini tentu baik untuk tumbuh kembangnya ketika ia beranjak dewasa nanti.

Baca juga: Bukan Cuma Turis Lokal, Ini 6 Seleb Muda Hollywood yang Suka Liburan ke Bali!

liburan keluarga tempat liburan keluarga liburan keluarga jakarta

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING