Ladiestory.id » Health » Meditasi Saat Berpuasa, Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan!

Meditasi Saat Berpuasa, Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan!

LS Health
Penulis: LS Health
Minggu, 17 Mei 2020 | 05:00:07
Durasi baca: 2 menit, 50 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Meditasi Saat Berpuasa, Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan!

Meditasi atau pemusatan pikiran dan perasaan agar mencapai ketenangan lahir batin bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Termasuk ketika kamu sedang menjalani puasa di bulan yang suci ini, Ladies. Apalagi, Ramadan tahun ini cukup terasa lebih berat ketimbang di tahun-tahun sebelumnya. Sebab, di tahun ini kita dipaksa menjalani social distancing dan work from home akibat pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga tulisan ini diterbitkan. Tentu saja, bekerja dari rumah dan menjaga jarak sosial itu cenderung membosankan, terlebih bagi kamu yang sudah terbiasa bekerja di luar dan bertemu dengan banyak orang. Nah, supaya hari-harimu di bulan puasa ini tidak berlalu begitu saja, ada baiknya jika kamu gunakan momen yang penuh rahmat ini untuk menenangkan tubuh dengan melakukan meditasi. Berikut ini ada 5 manfaat meditasi saat berpuasa yang wajib kamu tahu supaya makin semangat untuk melaksanakannya!

1. Manfaat meditasi saat puasa untuk mengurangi depresi

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. John A. Astin seperti yang dilansir dari laman Wise Mind Body, sebuah pelatihan meditasi mindfulness yang dilakukan oleh beberapa orang selama 8 minggu membuat tubuh mereka mengalami penurunan stres dan ketegangan yang signifikan. Tak cuma berpengaruh pada pengurangan depresi dan stres, latihan meditasi yang dilakukan dengan kesadaran penuh dan rutin juga turut menurunkan tekanan darah yang tinggi, lho.

2. Manfaat meditasi saat puasa untuk meningkatkan sistem imun

Selain bisa mengurangi depresi dan menurunkan tekanan darah, meditasi saat berpuasa juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Sebuah penelitian dari University of Wisconsin School of Medicine and Public Health yang dilaksanakan pada 2012 silam menemukan kesimpulan, bahwa pelatihan meditasi memiliki persentase sedikit lebih besar ketimbang berolahraga untuk mengurangi durasi flu biasa. Tentunya, manfaatnya yang satu ini sangat cocok untuk meningkatkan kekebalan tubuh demi melawan virus, terlebih ketika berpuasa di masa pandemi seperti sekarang ini, Ladies.

Baca juga: Tips Kreatif Menyusun Foto Saat Traveling Agar Liburanmu Sulit Dilupakan!

3. Manfaat meditasi saat puasa untuk memberi rasa tenang

Ketika mengambil napas dalam-dalam saat menjalani meditasi dengan memusatkan pikiran dan perasaan pada satu titik, tanpa sadar kita sedang menciptakan ketenangan lahir dan batin lho, Ladies! Bagaimana tidak, ketika kita bermeditasi, kita akan diminta untuk membuang segala keresahan dalam diri secara perlahan. Lalu, belajar mengatur napas dengan ritme yang semakin lama semakin dalam, kemudian memfokuskan pikiran dan perasaan pada suatu pemberhentian, dan sedikit demi sedikit rasa tenang itu akan hadir mengisi pembuluh darah kita yang tadinya tegang. Dengan begitu, tubuh akan mengalami suatu ketenangan yang barangkali kamu cari selama ini!

4. Manfaat meditasi saat puasa untuk mengurangi kecemasan

Jika kamu memiliki anxiety disorder, cobalah untuk melakukan meditasi ringan beberapa saat secara rutin. Kegiatan ini nyatanya bisa mengurangi kecemasan yang ada di dalam dirimu, lho. Sama seperti manfaatnya yang bisa mengurangi tekanan darah, dengan bermeditasi sesungguhnya kita juga sekaligus berupay melancarkan aliran darah, sehingga menciptakan ketenangan dan mampu mengurangi segala kecemasan yang ada. Kamu pun tak perlu cemas lagi ketika menunggu waktu berbuka tiba!

5. Manfaat meditasi saat puasa untuk membantu mengontrol pikiran

Ketika berpuasa, kita diwajibkan untuk membendung hawa nafsu. Mulai dari menahan godaan untuk makan dan minum, tidak membicarakan keburukan orang lain, tidak mengeluarkan emosi yang berlebihan, serta menahan diri dari pikiran-pikiran negatif yang bisa memicu penyakit hati yang sudah pasti dilarang. Nah, manfaat lain dari meditasi saat puasa adalah membantu kita untuk mengontrol pikiran. Sehingga, kita bisa memilah mana pikiran yang perlu dijaga dan mana pikiran yang mesti dibuang.

Jadi, itulah 5 manfaat meditasi saat puasa yang mesti kamu tahu. Tak sekadar menjadi tren, nyatanya meditasi memiliki banyak manfaat yang sangan dibutuhkan tubuhmu, bukan?

*sumber foto cover: verywellmind.com

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Gejala Stres yang Dialami Anak Saat Pandemi!


health kesehatan meditasi meditasi saat puasa puasa ramadan ramadhan ketenangan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH