Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | MEMBUAT JUS BUAH YANG BENAR AGAR NUTRISINYA TETAP TERJAGA

Membuat Jus Buah Yang Benar Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Membuat Jus Buah Yang Benar Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Jus buah memang menjadi pilihan yang tepat untuk memulai pola hidup sehat. Khususnya untuk orang yang suka malas makan buah.Dengan minum jus buah tentu bisa membantu kamu dalam memenuhi anjuran konsumsi buah dan sayur harian, bahkan bisa membantu menyembuhkan beberapa macam penyakit loh. Mengonsumsi jus secara teratur juga dapat mencegah berbagai penyakit. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat selama ada wabah Corona (Covid-19) menjadi pilihan tepat. Selama di rumah, masyarakat tetap harus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Pilih buah yang segar

Sebelum membuat jus buah, hal pertama yang harus kamu perhatikan pastinya adalah memastikan kesegaran buah itu sendiri. Pilih buah yang masih dalam keadaan segar. Apabila buah tersebut sudah dalam kondisi layu atau terlalu matang, tentu kandungan nutrisinya juga akan berkurang. Pilihlah buah dengan kondisi kematangan yang pas. Selain rasanya lebih manis, buah dalam kondisi tersebut juga lebih aman saat dikonsumsi. Buah yang masih belum matang sepenuhnya, ditakutkan bisa mengganggu sistem pencernaan kamu. Niatnya ingin sehat, tapi malah bikin sakit perut. Pastinya kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Baca juga: Buah Yang Mengandung Vitamin C Agar Puasa Tetap Fit

Cuci sayur dan buah hingga bersih

Setelah memilih buah yang segar, pastikan kamu mencuci dengan bersih buah tersebut. Beberapa jenis buah memang ada yang harus dicuci terlebih dahulu saat dikonsumsi, misalkan apel atau anggur. Begitu juga ketika kamu akan membuatnya menjadi jus. Walaupun terlihat bersih, namun bisa saja bakteri masih menempel di permukaan buah tersebut. Tanpa disadari, bisa saja bakteri terpapar saat proses pendistribusian atau penyimpanan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan residu pestisida masih ada dan menempel di permukaan kulit buah.

Saat mencuci buah, pastikan kamu menggosok-gosokkan permukaan buah dengan tangan. Gunakan air mengalir saat membilasnya agar bakteri dan pestisida terbawa air. Selain mencuci, pastikan juga wadah tempat menyimpan buah tersebut dalam kondisi bersih dan kering.

Jika tidak perlu, jangan kupas kulit buah

Beberapa buah memang harus dikupas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Namun, ternyata ada beberapa buah yang justru menyimpan nutrisi terpentingnya di kulit atau di tepat di bagian bawah kulit. Contohnya seperti buah apel, pir, anggur, timun, atau tomat. Namun, ada pula beberapa buah yang memang harus dikupas terlebih dahulu misalnya saja seperti, jeruk, alpukat, atau mangga. Selain itu, apabila ada bagian buah yang rusak atau layu, kamu dapat membuangnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar jus yang  dihasilkan bisa lebih sehat dan nikmat saat dikonsumsi.

Dikutip dari laman Harvard School of Public Health, nutrisi dari buah dan sayur dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, stroke, masalah pada mata, dan gangguan pencernaan.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

Jus Buah Cara Membuat Jus Buah Membuat Jus Buah Agar Tetap Bernutrisi Manfaat Jus Buah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health