Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | MEMBUAT PERTAHAN AGAR DAYA TAHAN TUBUH TETAP FIT

Membuat Pertahan Agar Daya Tahan Tubuh Tetap Fit

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 32 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Membuat Pertahan Agar Daya Tahan Tubuh Tetap Fit

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Olahraga secara teratur

Selain makanan dan minum yang sehat, olahraga juga menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif. Olahraga secara teratur berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu tubuh mempertahankan diri dari patogen dan pertumbuhan sel kanker. Kamu disarankan untuk rutih berolahraga selama 30 menit perhari. Selain itu, di sela-sela bekerja, sempatkan juga untuk melakukan peregangan agar tubuh tidak kaku dan tetap aktif.

Istirahat yang cukup

Tidak hanya olahraga yang perlu dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga, tetapi kamu juga wajib memperoleh istirahat yang cukup. Pasalnya, kurang tidur atau kelelahan dapat berdampak pada menurunnya sistem daya tahan tubuh.

Baca juga: Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Di Tengah Pandemi

Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi

Selain menjaga pola makan yang seimbang agar nutrisi harian tubuh terpenuhi, kamu juga wajib menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Pasalnya tubuh yang dehidrasi cenderung lebih lemah dan rentan tertular berbagai virus yang menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih. Usahakan minimal kamu meminum air putih minimal 2 liter sehari. Apa lagi jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan atau mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan banyak energi. Jika begitu, maka Konsumsi air putih kamu perlu ditambah.

Paling utama, jaga pola makan

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang utama adalah dengan menjaga pola makan. Usahakan makan dengan pola yang seimbang agar kebutuhan nutrisi harian tubuh terpenuhi. Perbanyang konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan anti-oksidan. Beberapa jenis makanan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu membunuh bakteri di dalam tubuh antara lain bawang putih dan jahe. Usahakan mengonsumsi kedua jenis bahan makanan tersebut secara rutin agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Kelola stres agar tidak berpengaruh pada tubuh

Pikiran stres dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Stres berlebihan berpotensi meningkatkan produksi hormon kortisol. Jika terus dibiarkan, hormon tersebut dapat berdampak pada penuruhan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kelola tingkat stres dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat membuat pikiran dan tubuhmu rileks. Kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, meditasi, yoga, atau membaca buku yang menenangkan dan memotivasi.

Tertawa

Tidak hanya menyenangkan, tertawa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat tertawa adalah meningkatkan produksi hormon endorfin yang bisa meredakan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Dengan berkurangnya stres, sistem kekebalan tubuh pun akan tetap terjaga.

Berhenti merokok

Sering merokok, baik secara aktif maupun pasif (menghirup asap rokok orang lain), terbukti dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah. Dengan begitu, risiko untuk terkena berbagai penyakit pun akan menjadi lebih tinggi. Itulah sebabnya, berhenti merokok merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara meningkatkan daya tahan tubuh ini?

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Imunitas Menjaga Kesehatan Tubuh Menjaga Imunitas Catra Menjaga Imunitas Tubuh

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health