Ladiestory.id » Health » Mendengarkan Musik Bermanfaat Mengatasi Masalah Ganguan Tidur

Mendengarkan Musik Bermanfaat Mengatasi Masalah Ganguan Tidur

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 01:15:47
Durasi baca: 1 menit, 24 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mendengarkan Musik Bermanfaat Mengatasi Masalah Ganguan Tidur

Fimela.com, Jakarta Penelitian menemukan jika musik memiliki banyak manfaat buat seseorang. Musik yang tenang bisa membuat seseorang merasa lebih rileks, tenang, nyaman dan bahagia. Musik yang tenang juga bisa membantu seseorang mengatasi masalah gangguan tidur .

Melansir dari laman sleepfoundation.org , mendengarkan musik sebelum tidur bisa membuat seseorang memiliki tidur yang lebih nyenyak. Mendengarkan musik bagi sebagian orang juga bisa membantunya lebih fokus, merasa terjaga dan aman.

Baca juga: 4 Kebiasaan Tidur yang Bisa Bikin Gemuk

Mendengar Musik Mengatasi Insomnia

Penelitian ini dilakukan oleh Tabitha Trahan dan rekan-rekannya dari University of Sheffield , Inggris menemukan jika 62% orang memanfaatkan musik untuk membuatnya lebih cepat tidur. Tabhita dan rekan-rekannya juga menemukan jika orang-orang yang terbiasa mendengarkan musik menjelang tidur akan memiliki tidur yang lebih nyenyak serta berkualitas.

Penelitian yang dilakukan pada sedikitnya 651 responden ditemukan jika hampir 50% responden mengaku menggunakan musik sebagai pengantar tidurnya. Sebagian besar responden yang sebelumnya memiliki gangguan tidur semisal insomia mengaku jika gangguan tidur tersebut perlahan tapi pasti akan berkurang saat mereka mendengarkan musik menjelang tidur.

Para ahli menemukan jika orang yang mendengarkan musik menjelang tidur juga akan lebih cepat tidur. Mereka cenderung memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan mengesankan jika dibandingkan orang yang jarang bahkan tak pernah mendengar musik sebelum tidurnya.

Baca juga: Gelar Konser, Raffi Ahmad Libatkan Para Musisi Tanah Air

Tak hanya musik, beberapa suara seperti suara hujan, suara pantai, suara burung, suara syair dengan irama lambat 60 - 80 beat per menit akan membantu seseorang tidur dengan lebih nyenyak. Musik dengan irama lembut seperti musik klasik dan jazz akan membantu seseorang mengatasi masalah gangguan tidur dengan lebih baik lagi.

#GrowFearless with FIMELA

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH