?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » MENERAPKAN HIDUP POSITIF, DENGAN BERBUAT BAIK DALAM KESEHARIAN

Menerapkan Hidup Positif, dengan Berbuat Baik Dalam Keseharian

LS Lifestyle
Rabu, 01 Juli 2020 | 10:37:37
Durasi baca: 1 menit, 46 detik
Dibaca: 6 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Menerapkan Hidup Positif, dengan Berbuat Baik Dalam Keseharian

Kebiasaan berbuat baik memang telah diajarkan kepada semua orang sejak masih kecil. Mulai dari orang tua, guru, hingga setiap agama di dunia ini mengajak kita selalu berbuat baik. Namun, hal ini belum tentu bisa diterima oleh setiap orang karena sering dianggap sebagai bentuk kelemahan seseorang. 

Pada dasarnya perbuatan baik merupakan suatu bentuk kasih sayang serta kepedulian kepada sesama dan lingkungan. Jika hal tersebut dilakukan secara berkala, maka kamu dapat merasakan berbagai manfaat yang baik untuk kenyamanan tubuh, jiwa dan batin.

Cara Berbuat Baik Dalam Sehari-hari

1. Senyum

Baca juga: Coba Yuk, Cara Mengecilkan Perut dalam 7 Hari

Lakukan kontak mata dan tersenyumlah saat berpapasan dengan seseorang. Senyuman bisa menunjukan bahwa kamu adalah orang yang berkepribadian hangat dan menyenangkan. Tetaplah tersenyum walaupun kamu sedang merasakan kesal ataupun sedih, agar tidak membagikan energi negatif kepada orang lain,

2. Sapa


Menyapa seseorang yang kamu kenal (maupun yang tidak kamu kenal) akan membuat orang tersebut merasa “ada” dan diperhatikan. Apabila terasa sulit untuk menyapa seseorang yang tidak dikenal, setidaknya bersikaplah secara baik kepada orang yang berada di sekitaranmu.

3. Tanya Kabar


Tanyakan kepada orang sekitarmu tentang bagaimana keseharian mereka. Namun kamu harus berhati-hati agar tidak terkesan terlalu ikut campur. Jika orang tersebut enggan bercerita, maka jangan dipaksa.

4. Jadilah Pendengar Yang Baik


Hindari sikap abai saat seseorang sedang berbicara kepadamu. Hal ini bisa membuat orang lain merasa sedih dan tidak diinginkan. Berikanlah kesempatan kepada orang lain untuk berbicara sebagaimana kamu ingin diberi kesempatan juga.

5. Sopan


Mengatakan kata-kata sopan, seperti “tolong”, “silahkan”, “terima kasih”, dan “sama-sama” merupakan kebiasaan yang sangat baik untuk berbuat baik dalam sehari-hari. Jangan lupa juga untuk perlakukan orang lain dengan hormat , walaupun kamu tidak kenal dengan orang itu.

Baca juga: Jenis - Jenis Software Dalam Membuat Desain Grafis Untuk PC Kalian


Penelitian psikologi menunjukkan bahwa kebaikan bisa kembali kepada kita. Ini bisa terjadi secara langsung atau tidak. Seseorang mungkin ingat bahwa kamu pernah menolongnya, maka ia mungkin membantu kamu di kemudian hari. Bisa jadi, kebaikan seseorang dalam sebuah kelompok meningkatkan semangat yang lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Tidak hanya itu, berbuat baik juga bisa meningkatkan mood. Dan memiliki mood yang baik membuat kita jadi orang yang baik hati. Jadi, kebaikan dan kebahagiaan sebenarnya merupakan hubungan dua arah. 

Sumber Foto: Freepik.com

kesehatan mental berbuat baik manfaat berbuat baik

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Luthfy Wiratama
Luthfy Wiratama
bermanfaat sekali

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE