Ladiestory.id » Parenting » Mengejutkan, Ini 6 Camilan yang Ternyata Buruk untuk Gigi Anak-anak

Mengejutkan, Ini 6 Camilan yang Ternyata Buruk untuk Gigi Anak-anak

LS Parenting
Kamis, 07 November 2019 | 12:10:10
Durasi baca: 3 menit, 48 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mengejutkan,  Ini 6 Camilan yang Ternyata Buruk untuk Gigi Anak-anak

Mengonsumsi camilan bagi anak-anak itu sudah biasa dan kamu pun mengetahui bahwa makanan manis seperti permen, gula-gula itu buruk untuk gigi anak-anak karena gula itu sangat berbahaya untuk gigi. Tapi ternyata bukan hanya makanan manis lho yang berbahaya untuk gigi anak-anak. Banyak makanan lain yang bikin kamu terkejut bahwa juga buruk untuk gigi anak-anak karena bisa menyebabkan gigi berlubang atau masalah kesehatan mulut lainnya. Dan di bawah ini ada 6 cemilan yang ternyata buruk untuk gigi anak-anak, coba simak!

1. Jenis buah jeruk

buah jeruk

Buah jeruk, baik itu jeruk clementine, dan jeruk mandarin adalah sumber vitamin C yang bergizi dan sangat penting untuk gusi yang sehat. Tapi buah jeruk itu sangat asam yang merupakan musuh email gigi. “Asam dari buah jeruk dapat mengikis enamel gigi, membuat gigi anakmu lebih lemah dan lebih rentan terhadap gigi berlubang,” kata Bryan Lazarus, seorang dokter gigi di Highview Dental di Aurora, Ont. Tentu saja, bukan berarti kamu harus berhenti memberikan buah jeruk pada anak-anakmu. Sebagai solusi, pastikan untuk menghindari menyikat gigi anak-anakmu selama 30 menit setelah mereka makan jeruk, rekomendasi Mahvareh Akhgar Araghi, seorang dokter gigi anak Smiletown Cambridge, Ont. “Ini membantu menghindari mengikis enamel yang melunak sebelum mengeras oleh air liur,” katanya. Lazarus menyarankan orang tua untuk mencegah anak-anak mengisap irisan jeruk secara langsung karena ada kontak langsung dan tidak baik untuk enamel gigi. “Saya memiliki beberapa pasien yang suka mengisap lemon, dan memiliki gigi yang tidak baik,” katanya.

Baca juga: Terbiasa Sikat Gigi Hanya Sekali Sehari, Begini Dampaknya

2. Kerupuk dan keripik kentang

kerupuk dan keripik

Memang tidak ada gula dalam camilan asin seperti keripik dan kerupuk, tapi apakah aman untuk gigi anak? Belum tentu! Camilan ini sarat dengan pati, yang berubah menjadi gula. Terlebih lagi, mereka cenderung terperangkap di dalam dan di antara gigi anak-anak dan memberi makan bakteri dalam plak gigi. “Kelengketan dari makanan bertepung inilah yang memungkinkan mereka untuk duduk di gigimu untuk jangka waktu yang lama,” kata Lazarus. “Semakin lama gigi terpapar pada makanan, semakin mudah gigi berlubang terbentuk.” Araghi setuju. “Kerupuk dan keripik kentang sangat retensi dan sulit dihilangkan selama menyikat gigi karena makanan ini cenderung menempel pada alur gigi.” Setelah makan keripik atau kerupuk, pastikan anakmu menyikat dan membersihkan untuk memastikan mereka menghilangkan semua partikel yang menyangkut di antara gigi mereka.

3. Acar

bayi makan acar

Acar mentimun atau acar sayuran dapat menyebabkan kerusakan gigi karena cuka yang digunakan dalam proses pengawetan. Cuka memiliki pH rendah 2,4 sekitar keasaman yang sama dengan lemon. Dan asam asetat dalam cuka diketahui melemahkan enamel gigi, menyebabkan hilangnya mineral gigi, dan menyebabkan kerusakan gigi. “Cuka dapat mengikis enamel gigimu, membuat gigimu jadi lebih lemah dan lebih rentan terhadap gigi berlubang,” kata Lazarus. Anak-anak yang terobsesi dengan acar suka memakannya sendiri sebagai camilan, tetapi jika dimakan bersama sandwich atau burger lebih aman, karena mereka tidak langsung kontak dengan gigi.

4. Popcorn

anak makan popcorn

Baca juga: Manfaat Tak Terduga dari Kebiasaan Menonton di Bioskop Bersama Anak


Sebagai camilan, popcorn adalah pilihan yang sangat sehat (dengan rasa original tentunya). Popcorn terbuat dari jagung gandum, tinggi serat dan mengandung antioksidan yang bermanfaat. Tapi popcorn bisa menjadi masalah yang mengejutkan bagi gigi anak-anak, meskipun bukan karena pembusukan. “Popcorn menjadi masalah ketika makanan tersebut terjebak di bawah gusi,” kata Lazarus. “Ini dapat menyebabkan infeksi gusi daripada kerusakan gigi.” Siapkan benang gigi setelah anak-anakmu makan popcorn untuk memastikan tidak ada fragmen kernel yang tersangkut di antara gigi mereka.

5. Es batu

es batu

Es batu memang bukan jenis cemilan tetapi banyak anak-anak yang suka mengunyahnya. Banyak orang tua yang membiarkan anak-anaknya mengunyah es batu karena dianggap bukan hal yang membahayakan tapi nyatanya tidak! “Mengunyah es batu dapat melemahkan gigi, menyebabkan mereka terbelah dan patah,” kata Lazarus. Terlebih lagi, retakan atau patahan kecil itu dapat menjadi titik masuk bagi bakteri yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang dan meningkatkan sensitivitas gigi.

6. Permen gummy yang mengandung buah

permen gummy

Banyak orang tua memberikan permen gummy yang mengandung buah karena bisa dikatakan sebagai makanan sehat. Tapi, jangan tertipu Ladies. Makanan ini masih sarat dengan gula dan cenderung menempel pada gigi. Dan jenis asam yang terkandung di dalamnya yang bernama “triple whammy” ternyata dapat menjadi penyebab kerusakan gigi. “Permen gummy asam adalah salah satu camilan terburuk karena kombinasi keasaman, lengket, dan banyak gula,” kata Lazarus. Atau apakah anak-anakmu mengonsumsi multivitamin berbentuk gummy? Maaf, itu juga permen. Biasanya itu dibuat dengan sirup glukosa atau sukrosa, yang merupakan nama samaran dari gula. Jika anak-anakmu mengunyah atau mengisapnya setiap pagi, gigi mereka akan rusak.

Baca juga: 5 Hal yang Menyebabkan Anak Rentan Alergi

Ternyata 6 jenis camilan di atas dapat merusak gigi anak-anak dan sebaiknya konsumsi makanan seperti ini harus dibatasi agar anak-anakmu tetap memiliki gigi yang sehat dan baik.

Source foto: cover: entrepreneur.com, 1. byrdie.com, 2. tobyamidornutrition.com, 3. youtube.com, 4. babycenter.com, 5. thedailymind.com, 6. dailymotion.com

parenting anak makanan anak camilan anak camilan anak yang berbahaya untuk gigi anak camilan yang merusak gigi anak gigi anak rusak camilan untuk anak gigi berlubang

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING