?>
LADIESTORY.ID » COMMUNITY BLOG » BEAUTY » MENGENAL BERBAGAI ISTILAH KULIT ASLI PADA TAS DAN CARA MERAWATNYA

Mengenal Berbagai Istilah Kulit Asli pada Tas dan Cara Merawatnya

nia robiatun
Minggu, 02 Juni 2019 | 10:41:25
Durasi baca: 3 menit, 54 detik
Dibaca: 114 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mengenal Berbagai Istilah Kulit Asli pada Tas dan Cara Merawatnya

Ladies, fashion bukan hanya identik dengan baju atau pakaian yang kita kenakan saja. Saat ini tas juga bisa mempengaruhi  tampilan pada diri kita. Salah satu bahan pembuatan tas yang sangat diminati masa kini adalah tas yang terbuat dari kulit asli.

Kulit asli tersebut memiliki berbagai macam jenis yang berbeda proses pembuatannya dan juga memiliki tekstur yang khas. Sebelum membeli tas kulit, kita perlu tahu  beberapa istilah dan pengertian berbagai jenis kulit. Yuk, kita telah lebih jauh hal tersebut!

Istilah pada Kulit Asli

1. Kulit Anilin

Baca juga: Ladies, Ini Tips Membeli Tas Branded Secara Online

Jenis kulit ini adalah kulit yang paling baik, dikarenakan proses pembuatannya tanpa perlu melewati proses koreksi atau yang dikenal dengan buffing. Kulit jenis ini terlihat natural dan dibiarkan seperti apa adanya bahan kulit tersebut. Kekurangannya jenis kulit ini sangat sensitif terhadap goresan dan mudah kotor.

2. Kulit Semi Anilin

Kulit Semi Anilin hampir sama dengan kulit Anilin, namun perbedaannya adalah jenis kulit ini bagian permukaannya dilapisi oleh zat kimia dan atau pewarna. Tujuannya adalah untuk mempertahankan konsistensi, kualitas, dan juga warna pada kulit semi anilin ini.

3. Full Grain

Jenis kulit ini memili tekstur kulit asli sebenarnya, struktur kulitnya dibiarkan begitu saja. Motif Grain (permukaan pori-pori) dibiarkan seperti pori-pori aslinya. Jenis ini biasanya berharga relatif tinggi. 

Baca juga: Berbagai Pilihan Merk Tas Wanita Branded Terbaik


4. Pull Up

Jenis kulit ini melewati proses akhir khusus. Proses akhir (finishing) tersebut dibuat dengan cara meregangkan kulit pada proses akhir yang bertujuan untuk memperoleh permukaan kulit yang lebih tipis. Kulit jenis ini ketika diraba sangat halus dan lembut dan juga lebih ringan. Namun, kekurangan jenis kulit ini memiliki warna yang kurang konsisten. Ada bagian yang berwarna pekat dan ada bagian yang pudar akibat peregangan.

5. Kulit Chrome

Jenis kulit ini memiliki karakter kulit yang tebal namun permukaannya lembut. Jenis kulit ini umumnya digunakan untuk tas-tas bermerek.

6. Suede

Baca juga: Warna Lipstik yang Cocok Untuk Semua Warna Kulit!

Jenis kulit ini melewati proses penyamakan yang dilakukan terbalik dimulai dari lapisan kulit bagian dalam. Tekstur kulit Suede ini sangat lembut dan nyaman untuk digunakan, tampilan akhirnya pun lebih casual dan tidak kaku. Kelihatan seperti berbulu.

7. Nubuck /Buck

Jenis kulit ini hampir sama dengan kulit Suede namun yang berbeda pada proses pembuatannya yang dimulai dari kulit bagian luar. Setelah itu proses dilanjutkan dengan menghaluskan bagain luar kulit tersebut dengan bagian kulit yang kasar.

8. Brush Off

Tampilan dari jenis kulit ini adalah permukaannya yang mengkilap. Proses ini dibuat dengan penambahan lapisan pada permukaan kulit dengan arklirik sebagai bahan pelindung kulit. Jenis kulit Brush Off sangat cerah dan cenderung licin.

Baca juga: Produk Shampo Untuk Kulit Kepala Berketombe dan Gatal

9. Kulit Nabati

Jenis kulit ini memiliki tampilan fisik yang sangat tebal dan kaku. Harganya cenderung lebih murah dibandingkan jenis kulit lainnya. Jenis kulit ini juga dapat digunakan untuk finishing jenis kulit lain seperti Chrome dan Pull Up.

10. Saffiano Leather

Tekstur dari jenis kulit ini adalah kokoh dan kaku. Proses finishing kulit ini tidak dibiarkan seperti kulit lainnya, namun dibentuk agar lebih berstruktur yang kadang dalam prosesnya telah dicetak dengan desain tertentu yang disebut dengan crosshatch design. Saffiano Leather ini juga pernah dipatenkan oleh Prada namun kini beberapa tas bermerek lain pun membuat produk dengan jenis kulit ini.  

11. Cow Hide Leather

Baca juga: 1000 Manfaat, Centella Asiatica Bagi Kulit Yang Berjerawat

Istilah Cow Hide umumnya ditemukan pada tas-tas bermerek. Jenis kulit yang terbuat dari sapi ini mampu menahan beban berat tanpa mengubah struktur dan penampilan tas. Namun sayangnya Cow Hide Leather ini tidak tahan dengan percikan air dan mudah untuk tergores.

12. Lambskin Leather

Jenis kulit ini terbuat dari kulit domba. Bagi sebagian orang tekstur kulit tersebut sangat menarik dan khas.

Cara Merawat Tas Kulit

Nah Ladies, bukan hanya istilah berbagai jenis kulit tas yang kita perlu tahu. Kita pun sebaiknya tahu cara merawat tas kulit agar lebih awet dan lebih lama kita gunakan. Beberapa cara merawat tas kulit diantaranya:

1. Jauhkan dari terpaan sinar matahari langsung. Hal ini dapat menyebabkan tas kulit berwarna tidak merata atau yang dikenal dengan istilah ‘kulit matang’ yang berwarna gelap pada bagian tertentu.

2. Jangan terkena percikan air atau terguyur air hujan. Pada beberapa jenis kulit, hal ini dapat menyebabkan kulit mudah berjamur dan permukaan seperti terlihat bernoda.

3. Tas kulit harus sering digunakan. Ini untuk menghindari agar permukaan tas tidak kikis.

4. Jangan ditumpuk atau disimpan dalam lemari dalam waktu yang lama. Ini menyebabkan tekstur kulit menjadi mudah untuk mengelupas dan berjamur.

5. Tas kulit perlu dianginkan di tempat terbuka. Hal ini agar tas kulit tidak lembab dan tidak mudah kikis dan berjamur.

6. Jika terkena noda segera dibersihkan. Kapas, spon lembut atau microfiber dapat membantu membersihkan noda makanan yang terjatuh.

7. Memberi perawatan khusus. Perawatan khusus yang diberikan untuk tas kulit dengan cara memberikan lotion atau hand bag cream yang tepat. Saat ini berbagai merek lotion dan hand bag cream sangat mudah didapatkan.

8. Spa tas yang ada di berbagai outlet dapat berguna untuk membersihkan noda membandel pada tas kulit.  

 

Ayo Ladies, setelah ilmu tentang seluk beluk tas kulit kita pelajari, tidak ragu lagi kan untuk membeli tas kulit idaman?

 

 

 

 

Fashion Tas Kulit Istilah Kulit Asli Kulit Asli Jenis Kulit Asli

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY