?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » MENGGANTI MENU BERBUKA PUASA DENGAN ANEKA BUAH YANG MENYEHATKAN

Mengganti Menu Berbuka Puasa dengan Aneka Buah Yang Menyehatkan

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 7 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mengganti Menu Berbuka Puasa dengan Aneka Buah Yang Menyehatkan

Bulan Ramadan merupakan bulan dimana umat Islam berpuasa atau menahan nafsu dari terbit matahari sampai terbenam matahari. Oleh karena itu, asupan penting seperti buah dan sayur sangat dibutuhkan bagi tubuh supaya tetap dalam kondisi prima. Salah satu cara mendapatkan asupan penting tersebut adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Namun, kita juga harus memilih-milih buah mana kah yang tepat untuk mendukung kita beribadah puasa selama sebulan penuh.

Buah memiliki berbagai vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Lantas, buah apa sajakah yang baik dikonsumsi selama bulan suci Ramadan selain kurma?

Nanas

Nanas kaya akan vitamin C dan manganese. Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, manganese adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme dan memiliki sifat antioksidan.

Baca juga: Tak Cuma Lezat, Ini 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil Agar Janin Selalu Sehat

Melon

Kandungan antioksidan Lutein dan Zeaxanthin pada buah melon dapat membuat mata lebih sehat dan mencegah mata rabun sejak dini. Vitamin A, C dan Asam Folat yang tinggi, dapat mendorong regenerasi kulit dan peningkatan kolagen. Selain itu melon mengandung senyawa uniquecompound yang bekerja untuk menenangkan kecemasan dan fungsi saraf, sehingga dengan mengkonsumsi buah melon dapat membantu penderita insomnia menenangkan sistem saraf mereka sehingga memudahkan penderita untuk tidur.

Pepaya

Buah pepaya mengandung ‘papain’ yang dapat membantu dalam pencernaan dengan memecah protein. Buah pepaya merupakan sumber serat yang baik, folat, vitamin A, karotenoid, lutein, lycopene dan asam amino esensial yang memengaruhi fungsi sel.

Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan karotenoid dan lutein yang tinggi. Kandungan ini membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan pada mata. Rasa asam pada kiwi mungkin membuat tidak terlalu disukai. Namun, jika buah kiwi diolah menjadi minuman berupa jus, rasanya akan sangat menyegarkan.

Buah Naga

Buah naga tidak hanya berfungsi sebagai buah, akan tetapi juga dapat berperan sebagai tanaman hias, sayuran, produk kesehatan dan obat-obatan. Oleh karena itu, tanaman buah naga juga disebut “priceless treasure" (harta tak ternilai). Ada juga yang menyebut buah naga ini sebagai fancy fruit atau buah mewah.

Buah-buahan diketahui memiliki kadar lemak dan gula yang rendah, buah juga sumber serat terbaik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Mengonsumsi buah-buahan setiap hari merupakan cara diet yang baik, selain juga dapat menunjang gaya hidup sehat.

Baca juga: Menu Sehat Buka Puasa Untuk Ibu Hamil yang Harus Jadi Perhatian


Setiap buah hampir dipastikan mengandung nutrisi penting karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Buah juga kaya akan serat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat membantu menurunkan berat badan. Buah juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Nah, ladies buah mana nih yang kamu sukai saat berbuka puasa? So jangan lupa tambahkan menu berbuka dan sahur kamu dengan buah yah.

 

Sumber foto utam: freepik.com

Menu berbuka puasa manfaat buah untuk kesehatan manfaat buah saat berpuasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH