?>
LADIESTORY.ID » HEALTH » MENGULIK BERBAGAI MANFAAT BERSEPEDA BAGI WANITA

Mengulik Berbagai Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

LS Health
Penulis: LS Health
Selasa, 14 Juli 2020 | 11:55:25
Durasi baca: 2 menit, 15 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mengulik Berbagai Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

Berbagai Manfaat Bersepeda Bagi Wanita - Sebagaimana kita tahu, tubuh yang aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan kita. Bersepeda sendiri, jika dilakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. khususnya bagi wanita, ini dia berbagai manfaat bersepeda yang bisa kamu dapatkan:

1. Mengurangi Nyeri Saat Haid

Olahraga bersepeda dikenal sebagai olahraga yang mampu mengurangi rasa nyeri yang dirasakan tubuh, termasuk saat kamu mengalami nyeri haid. Bahkan, olahraga ini dipercaya sebagai olahraga yang baik dilakukan saat menstruasi. Dengan bersepeda, sirkulasi darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar dan oksigen dapat tersalurkan ke semua otot tubuh. Hasilnya, risiko mengalami masalah nyeri haid pun dapat berkurang.

Baca juga: Do You Know? 5 Macam Hormon yang Ada Pada Tubuh Wanita

2. Membentuk Otot kaki

Rutin bersepeda membantu membentuk otot kaki terutama di area glutes, paha belakang, paha depan, dan betis. Bila ototmu terbentuk dengan baik, maka kamu akan lebih mudah membakar kalori bahkan saat kamu duduk. Tentu saja, otot kaki tidak akan terlihat seperti atlet olahraga, tapi kakimu akan terlihat lebih kencang dan ramping. Memiliki kaki yang jenjang dan indah tentu menjadi impian setiap wanita, bukan?

3. Membakar kalori

Bagi wanita, memiliki berat badan ideal jelas merupakan hal yang sangat diidam-idamkan. Tak jarang, banyak wanita rela melakukan berbagai jenis diet dan olahraga untuk mengurangi kalori dalam tubuh. Dalam hal ini, bersepeda bisa menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat untuk dilakukan. kamu bisa membakar 400 sampai 1000 kalori hanya dengan bersepeda selama 1 jam, tergantung dari intensitas dan beban kayuhan yang dipasang. Makin lama durasi bersepeda dan makin berat kayuhannya, otomatis kamu akan membakar lebih banyak kalori. Bila memungkinkan, kamu juga bisa menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari.

4. Mencegah Terbentuknya Sel kanker

Baca juga: Menebak Karakter Wanita Dari Jenis Sepatu Yang Dipakai


Menurut penelitian dari University of Glasgow, rutin bersepeda dapat mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Berdasarkan penelitian tersebut, mereka yang rutin bersepeda selama minimal 5 tahun jarang terpapar risiko terkena kanker atau serangan jantung. Padahal, seperti yang kita semua tahu, kanker payudara masih menjadi salah satu momok yang kerap menghantui wanita hingga saat ini.

5. Menjaga kekuatan Sendi

Menurut Everyday Health, wanita lebih rentan terkena artritis tiga kali lipat lebih besar daripada pria. Hal ini disebabkan oleh empat faktor, yaitu genetika, obesitas, biologis, dan hormon. Biasanya, gangguan sendi akan mudah menyerang penderita obesitas. Namun, jika kamu rutin bersepeda, obesitas dan masalah sendi akan mudah dihindari.

Olahraga ini seperti menular di tengah masyarakat yang sudah beberapa bulan ini harus mengurangi aktifitas diluar rumah karena pandemic covid-19. Beberapa tahun lalu hanya segelintir orang, tapi dewasa ini jumlah pengendara sepeda semakin banyak. “Bike to Work” bukan lagi sebatas slogan, melainkan sudah diimplementasikan. Harapannya virus gowes makin menyebar, sehingga bersepeda dapat menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Jangan lupa selalu jaga jarak, rajin mencuci tangan dan selalu menggunakan masker. Selamat bersepeda ladies!

Sumber Foto: Freepik.com

Baca juga: Tokoh Inspiratif Untuk Para Wanita Tangguh Di Indonesia

bersepeda. manfaat bersepeda bagi wanita bike to work

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH