Ladiestory.id » Lifestyle » Mental Juara dan Mandiri, 4 Cara Agar Sukses Seperti Claudia Santoso Ini Harus Kamu Teladani!

Mental Juara dan Mandiri, 4 Cara Agar Sukses Seperti Claudia Santoso Ini Harus Kamu Teladani!

LS Lifestyle
Selasa, 12 November 2019 | 02:52:07
Durasi baca: 3 menit, 13 detik
Dibaca: 14 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mental Juara dan Mandiri, 4 Cara Agar Sukses Seperti Claudia Santoso Ini Harus Kamu Teladani!

Claudia Emmanuela Santoso, gadis asal Cirebon yang kini sedang meneruskan studinya di Jerman, baru saja mendapat penghargaan sebagai juara The Voice of Germany 2019 yang tentu membuat warga Indonesia merasa bangga sekaligus kagum. Suara emasnya memperoleh total nilai 46,39% suara yang jauh melampaui peraih juara 2, yaitu Erwin Kintop yang mendapat 17,36% suara. Sebelumnya, Claudia pernah mengikuti ajang lomba bergengsi di Indonesia seperti AFI Junior, Mamamia, dan Idola Cilik. Namun, saat itu ia gagal mencapai predikat juara. Semangatnya tak lantas redup, Claudia terus bangkit dan tetap rutin latihan bernyanyi. Hingga akhirnya dunia mengakui bahwa suaranya layak mendapat penghargaan sebagai juara pertama dalam salah satu ajang musik terbesar di kancah internasional. Lantas, apa saja ya, cara agar sukses seperti Claudia Santoso yang bisa kamu teladani? Yuk, simak penjelasannya berikut ini, Ladies!

1. Rutin berlatih, memperkaya skill, dan tidak malas untuk memulai

Claudia Santoso senang berlatih musik

Banyak artikel yang menayangkan kisah masa kecil Claudia yang sudah mulai ikut kursus musik sejak berusia 4 tahun. Ibunya, Christin Gunawan, bercerita bahwa Claudia sudah 12 tahun ikut latihan nyanyi. Bahkan, Claudia sempat memiliki kebiasaan tidak bisa tidur sebelum ia bernyanyi atau sekadar mendengarkan musik. Claudia pun tidak cuma berjuang keras olah vokal di daerah asalnya, yakni Cirebon, tetapi juga mengikuti latihan hingga ke luar kota. Latihan yang rutin demi memperkaya skill ala Claudia inilah yang mesti kamu tiru, Ladies. Pastinya, jangan pula malas untuk memulai, ya.

Baca juga: Tampil Fantastis di "The Voice Germany", Ini 9 Fakta Claudia Emmanuela

2. Mengutamakan pendidikan dan punya planning untuk meraih impian

Claudia Santoso melanjutkan kuliah di Jerman

Ternyata, sudah sejak lama Claudia Santoso punya keinginan untuk melanjutkan kuliah di Jerman lho, Ladies. Bahkan ia pernah mengambil kursus bahasa Jerman di Goethe Institute Indonesia di Bandung dan mengharuskannya untuk bolak-balik Bandung-Cirebon tiap seminggu sekali. Beruntungnya, ibunya begitu setia menemani buah hati yang kini telah berhasil membuatnya bangga. Tentu, perjuangan dan rasa lelah yang sempat dialami Claudia malah berbuah manis. Ia pun diterima di Ludwig Maximilian University of Munich, Jerman, untuk meneruskan perguruan tinggi sesuai impiannya. Claudia pun tetap ingin adanya keseimbangan antara keikutsertaannya dalam ajang lomba dan pendidikan yang sedang ia jalani. Ia tak ingin jika bernyanyi malah menghancurkan sekolahnya. Ia tetap berusaha agar keduanya mendapat porsi sama besar. Dengan kata lain, hausnya ilmu hingga ke negara Jerman seperti yang dialami Claudia pastinya menjadi berkah dan jalan yang tepat untuk karirnya. Ternyata, pendidikan memang turut berkontribusi dalam banyak hal, salah satunya wawasan yang luas dan menyertai jalan panjang seseorang untuk mendapatkan kesuksesannya.

3. Senang berkompetisi dan tangguh dalam menerima kritikan pedas

Claudia Santoso senang berkompetisi

Claudia Santoso memang sempat mengikuti berbagai ajang lomba nyanyi di Indonesia, seperti Idola Cilik, Mamamia, dan AFI Junior. Meskipun, kala itu Claudia tidak terpilih menjadi pemenang. Namun, ketangguhan dan kecintaannya dalam bernyanyi tidak membuat Claudia patah arang. Justru, Claudia malah tetap berjibaku agar usaha sekaligus hobinya tidak pudar atau berhenti sampai di situ. Ia pun tetap rutin berlatih, senang berkompetisi, dan tetap berdiri tegak ketika kritikan pedas dilemparkan kepadanya. Ya, Claudia sempat diberi komentar kaku layaknya es batu ketika bernyanyi, oleh salah satu komentator dalam ajang musik yang diikutinya. Namun, Claudia malah menjadikan kritikan itu sebagai tanda untuknya berlatih semakin giat dan berupaya agar tidak terlihat kaku lagi dalam penampilan berikutnya. Tangguh banget ya, Ladies!

4. Mencari inspirasi dan bisa menjadi inspirasi untuk banyak orang

Claudia Santoso menginspirasi banyak orang

Cara agar sukses seperti Claudia Santoso selanjutnya adalah mencari seseorang atau role model yang bisa menginspirasimu agar menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, dan tentu saja sukses seperti halnya Claudia yang terinspirasi oleh Maudy Ayunda. Sempat ada cerita bahwa Claudia ingin seperti Maudy yang bisa mengembangkan bakatnya namun juga tetap bersekolah tinggi di saat yang sama. Siapa yang sangka, ternyata kini Claudia juga bisa menjadi inspirasi untuk banyak orang. Pastinya kamu juga ingin seperti Claudia yang sukses dan mandiri kan, Ladies?

Nah, kamu bisa meniru kebiasaan baik Claudia Santoso itu mulai dari sekarang. Tak perlu takut memulai atau merasa rendah diri karena banyak yang bilang sudah terlambat. Sebab, kesuksesanmu tak hanya milikmu seorang, karena dampaknya juga bisa dinikmati oleh banyak orang. Jadi, sudah siap untuk berjuang?

Source foto: Instagram Audi_emmanuela

Claudia Santoso The voice of germany pemenang juara the voice of germany 2019 audi gadis cirebon indonesia mendunia ajang musik cara agar sukses sukses mandiri

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON LIFESTYLE