?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | MENU SEHAT BUKA PUASA UNTUK IBU HAMIL YANG HARUS JADI PERHATIAN

Menu Sehat Buka Puasa Untuk Ibu Hamil yang Harus Jadi Perhatian

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 27 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Menu Sehat Buka Puasa Untuk Ibu Hamil yang Harus Jadi Perhatian

Menu Buka Puasa Ibu Hamil. Bulan puasa sebentar lagi tiba nih. Nah, bagi kamu yg muslim tentunya bersiap menjalani ibadah puasa. Bagi Ibu hamil, puasa itu menjadi tantangan tersendiri. Saat sedang tidak puasa saja, sepanjang hari bawaannya lapar terus, apalagi saat puasa ?

Nah, kalau kamu sudah dapat ijin dari dokter untuk berpuasa, simak yuk menu berbuka dan sahur yang direkomendasikan untuk bumil. Untuk bumil yang puasa, kamu harus perhatikan asupan nutrisinya. Sangat penting diperhatikan menu buka puasanya. Nah, ini beberapa menu yang harus kamu penuhi nih. Perhatikan ya!

Telur

Menu buka puasa untuk ibu hamil yang pertama adalah telur. Seperti yang kita tahu bahwa telur memiliki banyak kandungan diantaranya protein, vitamin D, dan kalsium, sehingga salah satu jenis makanan ini bisa menjadi makanan lengkap untuk ibu hamil. Telur juga memiliki kandungan kolin yang mampu mempertahankan perkembangan saraf otak janin dalam rahim.

Baca juga: Mengganti Menu Berbuka Puasa dengan Aneka Buah Yang Menyehatkan

Salmon

Menu buka puasa ibu hamil selanjutnya adalah Ikan Salmon. Daging ikan salmon merupakan salah satu makanan laut yang aman untuk ibu hamil trimester pertama. Kandungan sam lemak omega 3 yang terdapat pada salmon ternyata mampu menunjang perkembangan otak janin sehingga bayi yang dilahirkan nantinya memiliki kemampuan otak yang lebih baik, serta membantu menghindari risiko kelahiran prematur.

Ayam

Daging ayam termasuk salah satu makanan yang sangat dibutuhkan saat masa kehamilan, sebab daging ayam merupakan sumber protein dan zat besi yang membantu kamu mencukup kebutuhan mineral dan mempertahankan tingkat hemoglobin saat hamil.

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki banyak kandungan diantaranya kalsium, zat besi, dan asam folat yang sangat baik dikonsumsi pada ibu hamil. Yuk, coba kreasikan sayur bayam sesuai dengan selera mu.

Asparagus

Asparagus menjadi salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil, hal ini karena kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sang Mama dan janinnya.Salah satu kandungan dalam asparagus adalah memiliki banyak vitamin D yang bisa menjadi obat untuk morning sickness. .

Brokoli

Sayur yang menyerupai kembang kol ini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan selama kehamilan, diantaranya kalsium, asam folat, serat, vitamin C, dan antioksidan tinggi yang berperan untuk menangkal radikal bebas dan melawan berbagai penyakit.

Baca juga: Tak Cuma Lezat, Ini 5 Menu Buka Puasa untuk Ibu Hamil Agar Janin Selalu Sehat


Kacang almond

Kacang almond memiliki kandungan vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein. Kandungan tersebut dapat membantu ibu hamil mendapatkan dosis tambahan protein selama trimester pertama. Kamu bisa menjadikannya dalam berbagai olahan mulai dari makanan berat hingga sebagai cemilan sehat.

Dilansir dari Baby Center disebutkan bahwa ada penelitian yang menunjukkan, puasa saat hamil bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Terutama kalau puasa dilakukan pada trimester pertama kehamilan. Tapi, perbedaan berat ini tidak terlampau jauh dibandingkan bayi yang ibunya tidak berpuasa.

APGAR score (penilaian keadaan bayi sesaat setelah lahir) dari bayi yang ibunya berpuasa juga tidak berbeda dengan bayi yang ibunya tidak puasa. Walaupun saat puasa ada perubahan kimiawi pada darah Ibu, seperti penurunan kadar gula, perubahan ini tidak membahayakan kesehatan ibu dan bayi.

Hal yang terpenting, pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seimbang sehingga mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan, baik untuk diri ibu dan juga janin.

Baca juga: Ini Menu Sehat Buka Puasa untuk Ibu Hamil

Menu sehat buka puasa untuk ibu hamil Menu sehat buka puasa untuk ibu hamil makanan sehat buka puasa untuk ibu menyusui

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle