LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | MERUBAH KELEMAHAN SEBAGAI KEKUATAN PADA DIRI SENDIRI

Merubah Kelemahan Sebagai Kekuatan Pada Diri Sendiri

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 28 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Merubah Kelemahan Sebagai Kekuatan Pada Diri Sendiri

Memang tidaklah mudah untuk mengolah kekuranganmu menjadi hal yang positif, namun jika kamu memiliki niat untuk lebih baik semua akan berjalan dengan lancar.  Seringkali kekurangan yang ada didalam dirimu membuatmu tidak percaya diri atau minder. Percaya diri adalah kunci utama untuk kamu terus berusaha mengubah kekurangan yang kamu miliki.  Prakteknya, tidak ada orang yang tidak punya kelemahan. Bahkan kelemahan itu bisa dibilang sebagai penyerta setia kelebihan. Semakin banyak kelebihan yang kita gali, semakin banyak pula kelemahan yang kelihatan. Orang yang kelemahannya tidak kelihatan atau ditutup-tutupi secara tidak sehat, seringkali menjadi kesamaan dari kelebihannya yang tidak kelihatan menonjol juga. Orang itu menjadi yang baik-baik saja atau biasa-biasa saja.
 
Meski kelemahan itu tetaplah kelemahan, tetapi manfaat dan artinya bisa menjadi bukan kelemahan, alias kelebihan. Kalau kita tahu dimana kelemahan kita, maka pengetahuan itu menjadi kelebihan kita. Mengetahui kelemahan sama pentingnya dengan mengetahui kelebihan. Mengetahui kelemahan akan mendorong kita bekerjasama dengan orang lain, berbagi, bersinergi, atau bisa membekali kita bagaimana melakukan sesuatu se-proporsional mungkin. Jadi, langkah penting untuk mengolah kelemahan adalah mengetahui.

Langkah lainnya adalah menjadikan petunjuk evaluasi diri. Ini lebih bagus lagi. Jika kita menyadari kelemahan kita selama ini sering melakukan penghakiman orang lain secara hitam putih, lalu itu kita ganti menjadi kebiasaan belajar dari orang lain atau mengeksplorasi orang lain, maka kelemahan kita akan menjadi kesempurnaan kita. Lalu bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang wajib kamu lakukan.

1. Motivasi Diri Sendiri

Berikan motivasi diri sendiri untuk mencapai tujuan yang kamu raih. Bayangkan kamu akan berhasil mengubah kelemahanmu, berhasil menemukan dan meningkatkan potensi diri, serta berhasil mencapai berbagai tujuan besar. Dengan begitu kamu akan memiliki semangat yang tinggi untuk mencapai keberhasilan.

Baca juga: Cara Tepat untuk Mencintai Diri Sendiri

2. Be Brave

Meskipun masih banyak kekurangan yang kamu miliki, jadilah pribadi yang berani. Segala usaha yang kamu lakukan perlu didasari dengan keberanian. Beranilah untuk memulai, tak perlu menjadi sempurna dulu baru memulai. Berani untuk mencoba hal yang baru. Berani untuk menerima kegagalan yang mungkin bisa terjadi.

3. Stop Menyalahkan Keadaan

Ketika seseorang memiliki kekurangan, baik itu kekurangan fisik, skill, pengetahuan, maupun harta, kebanyakan dari mereka selalu menyalahkan keadaan. Sering kali mereka lupa jika memiliki banyak kelebihan. Jika kamu mengalami hal yang demikian, mulai dari sekarang stop menyalahkan keadaan. Karena nggak ada habisnya jika kamu menyalahkan apa yang terjadi. Justru ini akan membuatmu dipenuhi oleh pikiran-pikiran neg

4. Embrace Your Weakness

Setelah kamu berhenti menyalahkan keadaan yang terjadi. Coba pahami setiap orang itu berbeda, begitu pun dengan dirimu, kamu cuma ada satu di dunia ini. Terima apa yang menjadi kekuranganmu. Di balik semua kekurangan tentunya ada kelebihan yang lebih besar. Tinggal bagaimana caramu menggali potensi yang kamu miliki.

5. Selalu Menjadi Yang Bersyukur

Meski banyak rintangan yang kamu lalui, janganlah berhenti untuk bersyukur. Bersyukur kamu masih sehat, masih diberikan waktu untuk berproses, dan bersyukur atas hasil yang kamu terima sekarang. Percayalah, dengan senantiasa bersyukur, Tuhan akan menambahkan kenikmatan untukmu.

Untuk meraih sesuatu tak cukup hanya dengan mengandalkan usaha. Berdoa sangatlah penting memperlancar tercapainya apa yang kamu usahakan.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

menjadikan kelemahan sebagai kekuatan cara menjadikan kelemahan sebagai kekuatan menjadi wanita kuat cara menghargai diri sendiri

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle