Ladiestory.id » Travelling » Midodareni: Surga Tersembunyi di Yogyakarta

Midodareni: Surga Tersembunyi di Yogyakarta

Millati Izzatillah
Minggu, 23 Juni 2019 | 06:27:29
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Midodareni: Surga Tersembunyi di Yogyakarta

Pernah dengar istilah Midodareni? Yap, tentu istilah tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Midodareni dalam pernikahan adat Jawa adalah proses menjelang acara akad nikah, yang berasal dari kata “Widodari” dalam bahasa Jawa berarti bidadari. Ternyata, istilah Midodareni ini bukan hanya sebatas rangkaian dari pernikahan adat Jawa, lho! Akan tetapi, Midodareni ini merupakan salah satu nama pantai nan indah sesuai dengan arti nama pantainya, yakni bidadari.

Pantai Midodareni atau disebut juga Pantai Widodaren terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Menariknya, ibarat sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, begitu kita mengunjungi Pantai Midodareni, kita juga bisa menikmati pantai indah lainnya, yaitu Pantai Ngrenehan dan Pantai Peyuyon. Nama-nama pantai ini masih terdengar asing, namun tidak perlu khawatir karena jalan menuju pantai tersebut mudah untuk ditempuh. Untuk mengunjungi Pantai Midodareni terlebih dahulu akan melewati Pantai Ngrenehan.

Baca juga: 5 Spot Tempat Makan Baru di Yogyakarta, Ada yang Dekat UGM!

Pantai Midodareni - Sumber : Dokumentasi Pribadi

Perjalanan menuju Pantai Midodareni mudah diakses walaupun jalanan lumayan berkelok dengan lebar jalan yang tidak terlalu besar. Saat sudah dekat dengan lokasi, jalan yang semula aspal bergantikan dengan jalan bertanahkan batu-batuan kecil dan tanah kapur. Namun, jalanan masih nyaman untuk kendaraan mobil ataupun motor. Belum ada biaya masuk untuk pantai ini, hanya ada biaya parkir kendaraan yang tarifnya pun sangat terjangkau berkisar Rp5.000-10.000,-

Pantai Midodareni - Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pantai Midodareni dikelilingi oleh tebing tinggi nan curam. Meskipun begitu, pemandangan di sekitar terasa sangat indah. Pengunjung dapat bersantai direrumputan tebing yang mengarah pada ombak-ombak di bawahnya. Namun, karena posisi rerumputan yang berada di atas tebing, pengunjung harus tetap hati-hati agar aman! Pengunjung juga dapat bermalam di pantai ini menggunakan tenda yang disewakan. Untuk kebutuhan perut dan hajat pembuangan pun sudah difasilitasi dengan baik oleh warga sekitar. Jadi, pengunjung tidak perlu khawatir. Pantai ini masih terbilang belum ramai seperti pantai-pantai di daerah Gunung Kidul lainnya. Menarik,  like holliday in private beach, cocok untuk kita yang butuh melepas penat!

Baca juga: Bikin Nagih, Ini Rekomendasi Nasi Bakar Paling Terkenal Enak di Yogyakarta

PantaiMidodareni PantaiWidodaren Yogyakarta Liburankepantai

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON TRAVELLING

RECOMMENDATION FOR YOU

End of content

No more pages to load

End of content

No more pages to load