?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » MITOS DAN FAKTA TENTANG MENSTRUASI

Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi

LS Lifestyle
Kamis, 25 Juni 2020 | 03:41:51
Durasi baca: 1 menit, 48 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mitos dan Fakta Tentang Menstruasi

Ternyata masih ada yang percaya akan mitos-mitos yang terjadi selama menstruasi, padahal nggak ada hubungannya loh. Berbagai macam mitos menstruasi yang beredar membuat kebanyakan wanita khawatir dan jadi tidak bebas melakukan banyak hal saat sedang menstruasi. Tapi tidak semua mitos tersebut benar lho. Yuk, simak mitosnya ada apa aja yah?

1. Jangan minum-minuman dingin, katanya sih bisa bikin darah di rahim mendingin! Nah, ini salah banget Ladies, karena air itu masuknya ke organ pencernaan dan akan menyesuaikan langsung dengan suhu tubuh

2. Dilarang keramas! Hadu, kebayang nggak sih selama seminggu rambut kita kotor? Ihhh no way yah.

3. Minum soda mempercepat menstruasi! Fakta yang ada justru soda akan membuat rasa nyeri. Kandungan kafein dan gula yang tinggi pada soda dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat nyeri haid lebih sering

4. Nggak boleh berenang! Selama berenang memang aliran darah tidak berhenti total, tapi tekanan air di kolam akan menghambat darah untuk keluar. Jadi nggak usah khawatir yah!

5. Siklus menstruasi wajib 28 hari! Statement ini bikin sebagian orang yang percaya jadi was-was kalau menstruasi telat atau cepat. Padahal siklus normalnya berkisar dari 21-35 hari, so no need to worry dear!

6. Berhubungan seksual saat haid juga bisa menyebabkan kehamilan lho. Bahkan masa subur bisa terjadi di tengah-tengah masa haid juga.Konon katanya kalau berhubungan seksual nggak akan membuatmu hamil. Ini nggak benar. Masa subur perempuan berhubungan dengan pelepasan sel telur dari ovarium. Dan itu bisa saja terjadi saat masa haid. Selain itu, saat haid gairah seksual perempuan justru akan meningkat, karena hormone progesterone kamu dalam kondisi yang rendah. Hormon progesterone ini hormone yang menekan hasrat seksual. Tapi meskipun begitu, berhubungan seksual di masa hadi nggak dianjurkan karena masalah ke-higienisan.

7. Kalau tamu bulananmu datang terlambat atau lebih cepat, mungkin kamu lagi stress akut. Stress juga nggak kalah berpengaruh pada siklus haid. Saat kamu sedang banyak pikiran, atau mengalami rasa cemas yang berlebihan, otak akan melepaskan hormone stress yang bisa membuat tamu bulananmu datang lebih cepat atau lebih lambat.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Kebucinan Seorang Cancer

Nah ladies, itu dia fakta dan mitos tentang haid yang harus kamu ketahui. Jangan langsung percaya aja ya kalau ada yang melarang atau menyuruh ini itu. Cari tahu dulu kesahihannya, dan kalau bisa, berkonsultasilah ke dokter.

 

Sumber foto: Freepik.com

mitos dan fakta menstruasi mitos menstruasi fakta menstruasi menstruasi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE