?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | MUDAH DAN SIMPLE CARA MERAWAT MASKER KAIN YANG BENAR

Mudah dan Simple Cara Merawat Masker Kain Yang Benar

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 20 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mudah dan Simple Cara Merawat Masker Kain Yang Benar

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan warga dunia agar memakai masker kain saat beraktivitas di luar ruangan. Pemakaian masker sangat diperlukan untuk meminimalisir penyebaran virus corona jenis baru. Seiring dengan kelangkaan masker medis, masyarakat diminta memakai masker kain saat beraktivitas di luar rumah. Pemakaian masker medis pun hanya disarankan untuk petugas kesehatan yang harus bertugas di garda depan.

Menurut ahli paru-paru dari Cleveland Clinic, Raed Dweik, masker kain sebenarnya enggak terlalu efektif untuk melindungi kita dari risiko infeksi virus. Namun, memakai masker kain tetap bisa melindungi pemakainya dari kemungkinan menyebarkan virus ke orang lain. Menggunakan masker kain memang tidak sepenuhnya terbukti mampu menghentikan COVID-19. Tetapi dengan memakainya paling tidak kita mampu mencegah penyebarannya, terlebih jika digunakan oleh mereka yang tertular COVID-19 namun tidak menunjukkan adanya gejala sakit apapun. 

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan agar masker kain yang digunakan menjadi efektif dan tetap higienis?

Baca juga: Tips Bagaimana Cara Merawat Tas Kesayangan Supaya Awet dan Tahan Lama

Gunakan Deterjen

Seperti mencuci pakaian pada umumnya, kita pasti menggunakan deterjen. Menggunakan deterjen untuk mencuci masker scuba, dilakukan agar kuman hilang dari masker dan tidak tersangkut pada serat bahan masker. Membuat masker jadi harum sehingga saat menggunakannya kembali akan memberikan rasa nyaman. Umumnya, semua deterjen pun sama, tapi lebih baik menggunakan yang cair bukan yang bubuk. Karena jika menggunakan yang bubuk bisa meninggalkan serbuk putih pada masker.

Hindari Pencucian dengan Mesin

Untuk mencuci masker, hindari penggunaan mesin. Sebenarnya, untuk segala jenis masker kain akan lebih baik dan awet mencucinya menggunakan tangan saja di ember. Jika menggunakan mesin cuci, bisa membuat bahan menjadi melar akibat putaran mesin yang kencang. Begitu juga dengan masker kain lainnya. Bisa membuat tali pengaitnya putus. Kamu cukup taruh air di dalam ember dan campurkan dengan sabun cuci pakaian. Setelah masukkan masker kamu bisa mencuci masker dengan cara menyikatnya dengan gesekan tangan atau sikat halus jika masker terkena noda, seperti noda lipstik atau bedak.

Jemur hingga Kering Tuntas

Ini juga penting untuk dilakukan. Menjemur masker kain juga penting untuk dilakukan. Selain dapat membunuh kuman secara tuntas, dengan menjemur masker hingga kering juga bisa hindarkan masker dari bau apek. Jika masker tidak kamu jemur hingga benar-benar kering, masker akan lembab dan menimbulkan bau yang tak sedap.

Jangan Gunakan Setrika

Setelah masker sudah kering sempurna, jangan gunakan setrika sebelum menyimpannya. Panas setrika bisa merobek bahan kain scuba atau membuat gambar pada masker menjadi meleleh. Karena bahannya yang cukup tipis dan halus, suhu panas tinggi pada setrika bisa membuat masker menempel pada setrika dan membuatnya tersobek.

Simpan di Tempat yang Bersih

Nah, untuk penyimpanannya juga perlu diperhatikan. Jangan asal menaruh masker karena masker yang sudah bersih bisa saja tertempel bakteri atau virus yang berbahaya. Untuk penyimpanan, simpan lah di lemari pakaian yang bersih, sehingga terhindar dari kuman dan juga debu. Saat membawa berpergian, ada baiknya kamu gunakan tempat masker khusus atau pouch untuk menyimpan masker yang digunakan.

Baca juga: Masker Yang Ampuh Mengurangi Komedo Membandel


Sumber Foto Utama: Freepik.com

cara mencuci masker cara merawat masker masker medis masker non medis new normal covid-19

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health