Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | MULAI HIDUP SEDERHANA SEKARANG JUGA UNTUK KESEHATAN FINANSIAL YANG BAIK

Mulai Hidup Sederhana Sekarang Juga untuk Kesehatan Finansial Yang Baik

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 11 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Mulai Hidup Sederhana Sekarang Juga untuk Kesehatan Finansial Yang Baik

Hidup memang penuh dengan kesibukan dan tuntutan. Banyak komitmen, banyak yang ingin dilakukan, dan ada yang mau terus dikerjakan. Pantas saja kalau kadang kita kewalahan. Rasanya pingin melambaikan tangan ke kamera, nyerah aja. Nah, bila kita benar-benar kewalahan, daripada mencoba menemukan cara agar semuanya berjalan lancar, kenapa tidak menyederhanakannya saja? Coba, deh, untuk mencari hal-hal yang bisa kita singkirkan, yang ternyata enggak penting-penting amat. Dengan beberapa perubahan kecil, kita mungkin jadi terkejut merasakan banyaknya waktu-energi-uang yang bisa kita hemat.

Menerapkan hidup yang simple tidaklah mudah. Mungkin kita tetap saja masih menjadi anggota anti-ribet-ribet-club. Tapi, bukan tidak mungkin, lho. Hanya butuh beberapa taktik saja, kok. Nah, ini dia 3 strategi untuk menyederhanakan hidup.

Singkirkan Barang Yang Tidak Perlu

Sebagian besar dari kita memiliki sesuatu yang lebih dari yang sebenarnya kita butuhkan. Memang, sih, dalam banyak hal, masyarakat kita memperkuat keyakinan bahwa kepemilikan akan berbagai benda dapat membuat kita bahagia dan mengesankan orang lain. Masalahnya, fokus pada materi bisa membikin rumah dan otak kita berantakan. Coba, deh, cek ada berapa banyak benda yang nganggur di sudut rumah atau menumpuk di gudang. Daripada dibiarkan berdebu gitu, lebih baik diberikan sama orang lain yang membutuhkan, kan? Terutama untuk barang yang masih layak pakai, ya.

Baca juga: Cek Kesehatan dari 6 Warna Darah Menstruasi

Deactivate Social Media

Kita sering mengeluh kita enggak punya cukup waktu untuk mengerjakan ini-itu, melakukan hobi, mengobrol dengan orangtua atau anggota keluarga lain, tapi kita malah menyia-nyiakan waktu dengan menatap layar. Nah, deactivate social media bisa mengingatkan kita tentang apa yang benar-benar penting dan yang tidak ada gunanya. Tak perlu selamanya, sementara saja. Waktunya kita yang tentukan sendiri, dan kita pasti kaget betapa banyak hal berguna yang bisa kita lakukan selama nyuekin social media kita.

Berusaha Untuk Mengatakan ‘Tidak’ Pada Hal Kecil

Bea Johnson, blogger dan penulis buku terlaris Zero Waste Home, mengatakan, hidup yang sederhana itu pada dasarnya adalah hidup yang kaya pengalaman, bukan kaya benda. Jadi perempuan asal Perancis yang menetap di California ini menyarankan kita untuk berpikir matang-matang saat seseorang menawarkan sesuatu pada kita. Misalnya, menawarkan sedotan plastik di restoran, kantong plastik di toko perbelanjaan, atau kartu nama saat sedang meeting dengan klien.

Penting banget, nih, untuk mengurangi sampah di lingkungan sekitar kita. Soalnya, data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) pertengahan tahun 2018 lalu, sampah plastik di Indonesia lebih dari 64 juta ton per tahun. Sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut sehingga Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut. Duh, ngeri ya?

Selain mencoba mengurangi sampah rumah tangga dan harian, kita juga bisa mengelola sampah secara efektif supaya sampah di bumi tak semakin banyak.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

strategi untuk menyederhanakan hidup sehat finansial cara hemat di tengah pandemi finansial sehat financial

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle