Ladiestory.id » Health » Musim Hujan Datang, 7 Bahan Obat Flu Alami Ini Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah!

Musim Hujan Datang, 7 Bahan Obat Flu Alami Ini Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah!

LS Health
Penulis: LS Health
Kamis, 07 November 2019 | 11:30:42
Durasi baca: 3 menit, 9 detik
Dibaca: 4 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Musim Hujan Datang, 7 Bahan Obat Flu Alami Ini Bisa Kamu Racik Sendiri di Rumah!

Hujan deras mulai melanda Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia nih, Ladies! Biasanya, akan ada beberapa penyakit yang siap menyerang tubuh, seperti demam, diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), dan juga flu. Influenza atau flu yang biasanya disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, atau C, bisa tertular melalui bersin, batuk, atau bisa juga menular melalui benda yang sudah terkontaminasi. Penyakit ini adalah penyakit yang paling sering terjadi di musim hujan dan memang bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, jika terlalu lama dibiarkan, influenza akan menjadi penyakit yang perlu ditangani dengan serius. Nah, kalau kamu sudah mulai merasa hidungmu tersumbat, kamu harus segera menanganinya dengan membuat 7 obat flu alami yang bisa dibikin sendiri di rumah.

1. Madu

Madu

Di dalam kandungan madu terdapat kandungan antibakteri dan antimikroba yang dapat mematikan bakteri dan mikroba, yang tentu saja dapat membantumu mempercepat penyembuhan flu. Madu menjadi obat flu alami yang paling sering digunakan sebagai Penawar flu. Kamu bisa menggunakan satu sendok makan madu yang dicampur dengan secangkir teh hangat yang sekaligus bisa menghangatkan perut dan tenggorokanmu.

Baca juga: 5 Obat Jerawat Ini Ampuh Banget Mengobati Jerawat Dalam Sekejap

2. Sup ayam

Sup ayam

Selain bisa mengenyangkan dan penuh nutrisi, ternyata sup ayam bisa menjadi obat flu alami yang ampuh meredakan pilekmu lho, Ladies! Seperti yang dilansir oleh healthline.com, terdapat penelitian yang mengabarkan jika mengonsumsi sup ayam hangat dapat memperlambat pergerakan neutrofil yang ada di dalam tubuhmu. Neutrofil merupakan salah satu jenis sel darah putih yang melindungi tubuh dari infeksi. Sup ayam membuat neutrofil bergerak lebih perlahan agar fungsinya sebagai pelindung dapat lebih fokus menyebar di dalam tubuh. Dalam studi tersebut juga ditemukan bahwa sup ayam efektif mengurangi gejala infeksi pada gangguan pernafasan. Selain itu, dengan mengonsumsi sup ayam yang berkuah tentu membuatmu menjadi tidak dehidrasi.

3. Bawang putih

Bawang putih

Ternyata, bawang putih memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh, seperti menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung, mengurangi risiko kanker, dan juga bisa meredakan gejala flu. Sebab, bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Kamu bisa memasukkan bawang putih sebagai bumbu utama di dalam masakanmu. Juga, ketika kamu demam pun, bawang putih bisa membantumu meredakan dingin yang kamu rasakan. Banyak sekali manfaatnya, ya!

4. Jahe

Jahe

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Membantu Mengatasi Masalah Kulit Tubuh yang Kering


Tak hanya dapat menghangatkan tenggorakan dan tubuh, jahe juga memiliki kelebihan lain, yaitu dapat meredakan flu dan gatal di tenggorokanmu, Ladies! Jahe memiliki kulit tipis dan akar berserat yang merupakan antiinflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan atau rasa sakit. Menurut salah satu jurnal di US National Library of Medicine National Institutes of Health, 1 gram jahe dapat mengurangi mual klinis dan beragam penyebab. Nah, saat flu menyerang, kamu bisa membuat air rebusan jahe dengan cara merebus satu ruas jahe yang diiris tipis dengan segalas air hingga mendidih. Segera diminum hangat-hangat ya, Ladies!

5. Vitamin C

Vitamin c

Siapa sih yang tidak mau minum obat flu alami yang rasanya tetap enak dan segar? Kamu bisa banget nih, meramu vitamin C milikmu sendiri yang bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis jeruk yang tersedia di pasar terdekat. Campurkan saja perasan air jeruk ke dalam teh hangat dan sedikit madu, lalu diminum hangat-hangat. Tentu, kamu akan mendapatkan sensasi melegakan di hidung dan tenggorokan ketika menelannya. Nah, untuk kamu yang seorang vegetarian atau memiliki kencenderungan mengonsumsi sayuran, kamu juga bisa menemukan vitamin C di dalam sayuran hijau yang bisa kamu olah menjadi salad atau rebus-rebusan segar!

6. Yogurt yang mengandung probiotik

Yogurt

Probiotik adalah bakteri ramah yang bagus untuk tubuh. Biasanya, probiotik terdapat di dalam yogurt yang biasanya kamu konsumsi bersama dengan buah-buahan segar. Probiotik ini membantu menjaga kesehatan usus, dan sistem imun di dalam tubuh. Namun, kalau kamu ingin membeli yogurt yang mengandung probiotik segar di dalamnya, kamu harus memilih yogurt dengan mencantumkan adanya kandungan bakteri hidup pada kemasannya. Ternyata, selain menjadi camilan yang menyehatkan, yogurt juga termasuk dalam obat flu alami yang bisa kamu coba!

Baca juga: Ingin Mencerahkan Bibir? Coba Gunakan Bahan Alami Ini!

Mudah kan, Ladies, untuk menemukan bahan-bahan obat flu alami seperti di atas? Yuk, persiapkan stok bahan-bahan itu di rumah!

Source foto: Freepik.com

obat flu alami. obat flu bahan obat flu flu influenza musim hujan obat kesehatan hujan penyakit

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON HEALTH