?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | MUSIM PENGHUJAN BANYAK NYAMUK! LINDUNGI KULIT DARI GIGITAN NYAMUK DENGAN BAHAN ALAMI INI

Musim Penghujan Banyak Nyamuk! Lindungi Kulit dari Gigitan Nyamuk dengan Bahan Alami Ini

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 51 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Musim Penghujan Banyak Nyamuk! Lindungi Kulit dari Gigitan Nyamuk dengan Bahan Alami Ini

Tak hanya membuat kulit gatal dan bentol-bentol, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mengerikan, seperti malaria dan demam berdarah. Pasti kamu tidak mau menderita sebuah penyakit karena nyamuk. Segala aktivitas yang sedang dijalani menjadi terganggu, hanya karena serangga kecil satu ini. Untuk mengantisipasinya, ada berbagai macam produk pembasmi nyamuk yang secara instan bisa memusnahkan perkembangan nyamuk. Akan tetapi, segala yang instan tentu memiliki dampak yang perlu dipertimbangkan. Seperti halnya jika terlalu sering menggunakan produk pembasmi nyamuk, kita akan mengalami sakit kepala, masalah pernapasan, dan juga kehilangan memori dalam jangka panjang. Itulah sebabnya, ada baiknya jika kita menggunakan bahan-bahan alami untuk nyamuk datang dan mengigit badan. Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara alami untuk mengusir dan menjauhkan nyamuk. 

1. Minyak lavender

bahan alami untuk mencegah gigitan nyamuk
sumber: alluringsoul.com

Jika menginginkan bahan alami yang aromanya wangi dan lembut untuk mengusir nyamuk di sekitarmu, kamu bisa menggunakan minyak lavender yang dapat ditemukan di toko yang menjual berbagai macam minyak esensial. Selain wanginya yang harum dan aromatik, minyak lavender juga efektif membantu mengurangi kontraksi virus dengue dengan mencegah gigitan nyamuk. Tapi, jika kesulitan menemukan minyak lavender yang asli, yang terbuat dari bahan alami, kamu juga bisa menggunakan bunga lavender yang masih segar dengan cara mengoleskannya di area kulitmu yang terbuka. Nyamuk pun akan kabur seketika!

2. Minyak thyme

bahan alami untuk mencegah gigitan nyamuk
sumber: donnaschuller.blogspot.com

Selain lavender, kamu juga bisa menggunakan minyak thyme untuk mengusir nyamuk secara ampuh. Daun thyme adalah salah satu jenis rempah yang masuk dalam keluarga mint. Biasanya, digunakan sebagai bahan atau seasoning dalam sebuah masakan. Daun yang berbentuk oval kecil mungil ini memiliki khasiat yang sangat ampuh dan efektif dalam mencegah gigitan nyamuk, lho. Kamu bisa menggunakan minyak thyme sebanyak 4 tetes dan mencampurnya dengan 2 sendok makan air sampai rata. Lalu, oleskan ke area kulit yang terbuka. Atau, jika kamu tidak bisa menemukan minyak thyme di pasaran, kamu juga bisa membakar daun thyme yang kamu letakkan di sekitarmu untuk mengusir nyamuk.

Baca juga: Produk Skincare yang Sedang Hype Banget di Tiktok

3. Minyak pohon teh/ tea tree oil

bahan alami untuk mencegah gigitan nyamuk
sumber: footprints.aetrex.com

Minyak pohon teh atau tea tree oil juga sangat ampuh lho, dalam mencegah gigitan nyamuk. Kamu pun pasti tak akan kesulitan dalam mencari tea tree oil di beberapa toko kosmetik dan toko yang menjual berbagai macam minyak esensial. Minyak pohon teh ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri, sehingga jika kamu menggunakan minyak ini, kamu juga bisa terhindar dari pembengkakan dan rasa sakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk, Ladies.

4. Minyak kayu putih

bahan alami untuk mencegah gigitan nyamuk
sumber: heartofwellness.org

Ada berbagai jenis produk minyak kayu putih atau eucalyptus oil yang sudah dijual di pasaran. Akan tetapi, kamu harus pandai-pandai memilihnya. Sebab, meski sudah banyak yang menjual minyak kayu putih di pasaran, tentunya hanya ada beberapa jenis minyak kayu putih yang benar-benar terbuat dari bahan alami yang pastinya tidak hanya bisa mengusir nyamuk, tetapi juga aman ketika digunakan pada kulit.

5. Lemon

bahan alami untuk mencegah gigitan nyamuk
sumber: nbcnews.com

Meskipun tidak seampuh keempat bahan alami di atas, nyatanya lemon juga bisa membantu mencegah gigitan nyamuk pada kulit kita lho, Ladies. Bagaimana tidak, sudah banyak produk pengusir nyamuk yang menggunakan lemon sebagai salah satu bahan dasarnya. Jadi, kamu pun juga bisa menggunakan air lemon segar tanpa dicampur bahan apa pun, yang bisa langsung dioleskan pada area kulit yang terbuka.

Mengusir nyamuk dari sekitar kita nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan ya, Ladies. Selain menggunakan bahan-bahan di atas, kamu juga tetap perlu menerapkan gaya hidup bersih dan jangan sampai ada satu area di rumahmu yang bisa dijadikan sarang oleh para nyamuk nakal!

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Christina Matos

health kesehatan oil bahan alami untuk mencegah gigitan nyamuk nyamuk gatal perawatan kulit kesehatan kulit

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health