LADIESTORY.ID | HEALTH | NUTRISI SEHAT UNTUK MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH SELAMA MUSIM HUJAN

Nutrisi Sehat untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Musim Hujan

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 8 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Nutrisi Sehat untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Musim Hujan 

Musim hujan membawa kelegaan dari teriknya musim panas atau sinar matahari. Sayangnya, pada musim hujan, tubuh rentan terhadap berbagai penyakit seperti demam, batuk, dan flu. Pasalnya, ketika musim hujan, suhu udara menurun menjadi lebih dingin. Hal inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. 

Saat sistem imunitas menurun, tubuh kesulitan melawan infeksi penyebab penyakit. Akibatnya, tubuh rentan sakit. Karena itu, sangat penting menjaga kesehatan selama musim hujan. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan imunitas tubuh salah satunya. Berikut ini nutrisi sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh selama musim hujan dikutip dari Indian Express. Nutrisi ini juga menjadi tips sehat di musim hujan

Konsumsi Buah-buahan 

Buah-buahan membantu memulihkan energi serta membangun kekebalan tubuh. Sebab, buah kaya akan sumber nutrisi seperti vitamin C, dan serat. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi. Buah-buahan yang bisa dikonsumi untuk menjaga imunitas tubuh selama musim hujan, di antaranya apel, jeruk, pisang, jambu biji, kiwi, pepaya, juga delima. 

Baca juga: Memilih Outfit Sesuai Bentuk Tubuh Untuk Tampil Lebih Maksimal

Sebaliknya, kamu perlu melakukan diet rendah garam selama musim hujan demi mencegah retensi air. Selain itu, buah-buahan seperti semangka, melon, serta mentimun dapat menyebabkan retensi air. 

Diet Kaya Protein 

Protein adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan, penyembuhan luka, juga pembentukan otot. Asupan dengan sumber proten meliputi kacang-kacangan, dadih atau susu sapi, telur, daging ayam, tahu dan tempe, juga ikan. 

Kepala Ahli Diet dan Ahli Gizi Rumah Sakit Fortis La Femme, Bangalore, India, Affrin Noor, menyarankan untuk memasukkan dadih atau yoghurt ke dalam menu makanan kamu. Sebab, probiotik dan bakteri baik dalam dadih dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga melawan infeksi.

Noor juga menyarankan untuk menghindari makanan pedas. Dalam beberapa kasus, makanan pedas makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan alergi kulit seperti ruam, gatal, serta kusam. 

“Juga harus menghindari makanan jalanan, makanan cepat saji, dan makanan yang digoreng. Buah yang sudah dipotong di warung pinggir jalan bisa mengandung bakteri dan melemahkan perut. Hindari makanan asam guna mencegah retensi air," katanya. 

Konsumsi Air Hangat 

Meski musim hujan kita jarang merasa haus, Kebutuhan cairan tetap harus diperhatikan. Pastikan kebutuhan cairan selama seharian tercukupi agar tetap terhidrasi. Sebab, iklim yang lebih dingin membuat asupan air berkurang drastis. 

Sebaiknya mengonsumsi air yang sudah dimasak atau matang dan dalam kondisi hangat selama musim hujan. Air matang mencegah penyakit seperti penyakit kuning, diare, juga kolera yang merupakan penyakit yang ditularkan melalui air. 

Bisa pula kamu meracik minuman untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Campur air putih dengan madu, jahe yang sudah digeprek, dan lada hitam. Kemudian masak hingga mendidih dan matang. Minuman ini bisa menjadi obat ajaib untuk menghindari pilek, batuk, serta flu.

Menjaga kekebalan tubuh saat musim hujan Tips sehat saat musim hujan Manfaat air hujan Mencegah penyakit Menambah imunitas tubuh

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health