LADIESTORY.ID | PARENTING | PANDUAN "ISI PIRINGKU" DARI KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA

Panduan "Isi Piringku" dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 31 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Panduan

Masih familier dengan panduan makan dengan menu empat sehat lima sempurna? Anjuran pola makan ini memang seperti mencuci otak, belum lagi jika masih terngiang lagunya. Bukan tidak mungkin, pola makan dengan kombinasi nutrisi tersebut masih dipakai untuk membuat menu makanan anak saat ini.

Tunggu dulu, panduan pola makan dari slogan ini sebenarnya sudah relatif ketinggalan zaman. Sudah banyak beragam panduan makan sehat untuk anak yang sebenarnya tidak selalu harus mengandung 4 bahan makanan ditambah susu. Kini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memperkenalkan metode makan baru dengan gizi seimbang yaitu "Isi Piringku". Ketimbang "4 Sehat 5 Sempurna", "Isi Piringku" juga turut menekankan pada berapa banyak porsi makanan yang ideal, menggunakan perumpaan sajian dalam satu piring. Berikut ini panduan makan gizi seimbang "Isi Piringku" yang dibuat oleh Kemenkes RI.

Panduan "Isi Piringku" dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

1. Makanan Pokok

Baca juga: Menangani Tantrum pada Orang Dewasa dengan Cara Yang Tepat

Makanan pokok adalah pangan dengan karbohidrat yang sering dikonsumsi atau telah menjadi bagian dari budaya makan berbagai etnis di Indonesia sejak lama. Ada ragam makanan pokok, sesuai dengan keadaan tempat dan budaya, seperti beras, jagung, singkong, ubi, talas, sagu, dan produk olahannya misalnya roti, pasta, mi, dll. Sebagai panduan makan gizi seimbang, dalam satu piring, disarankan mengonsumsi makanan pokok sekitar 150 gram nasi, setara 3 centong nasi, atau 3 buah kentang ukuran sedang (300 gram), atau 1,5 gelas mi kering (75 gram).

2. Lauk-Pauk


Lauk-pauk terdiri dari protein hewani dan nabati. Beberapa jenis sumber protein hewani misalnya seperti daging (sapi, kambing), unggas (ayam, bebek), ikan dan makanan laurt, telur, susu dan hasil olahannya. Sementara, lauk-pauk nabati berupa tahu, tempe, dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, dll.) Dalam satu piring, panduan makan gizi seimbang disarankan makan lauk hewani sekitar 75 gram ikan kembung, setara 2 potong ayam tanpa kulit ukuran sedang (80 gr), atau 2 potong sapi ukuran sedang (70 gram).

3. Sayur-sayuran


Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral, terutama mengandung karoten, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Sebagian vitamin dan mineral dalam sayuran berperan sebagai antioksidan. Ada beberapa sayuran yang bisa langsung dikonsumsi mentah, dan ada yang perlu dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus, ditumis, atau dikukus. Beberapa contoh sayuran yang biasanya banyak dikonsumsi seperti terong, timun, selada air, labu siam, rebung, kangkung, lobak, buncis, brokoli, daun singkong, tomat, wortel, bayam, dan lain sebagainya.

4. Buah-buahan


Jangan lupa makan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral lain ya, Moms. Buah-buahan memiliki banyak vitamin seperti vitamin A, B, B1, B6, dan C, mineral, serta serat yang juga berperan sebagai antioksidan. Mengonsumsi buah secara rutin dapat mencegah ragam penyakit, seperti jantung, serangan kerusakan hati dan stroke, mencegah kanker dan tekanan darah tinggi, meningkatkan imunitas tubuh, dan masih banyak lagi.

5. Panduan Penting Lainnya


Tidak hanya makanan, panduan makan gizi seimbang "Isi Piringku" dari Kemenkes RI juga meliputi minum air putih 8 gelas per hari, mencuci tangan, dan berolahraga fisik.

Minum gelas 8 hari dalam sehari dapat memelihara fungsi ginjal, menghindari dehidrasi, mengurangi risiko kanker kandung kemih, memperlancar pencernaan, merawat kulit, dan dapat mengontrol kalori. Sebelum makan, disarankan juga untuk mencuci tangan menggunakan sabun, selama 20 detik di bawah air mengalir. Hal ini agar dapat mencegah dari kuman/penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

isi piringku kemenkes 4 Sehat 5 Sempurna panduan isi piringku

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Parenting