LADIESTORY.ID | BEAUTY | PANDUAN LENGKAP MANIKUR DI RUMAH (DENGAN HASIL CANTIK SEPERTI DARI SALON)

Panduan Lengkap Manikur di Rumah (dengan Hasil Cantik Seperti dari Salon)

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 3 menit, 29 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Panduan Lengkap Manikur di Rumah (dengan Hasil Cantik Seperti dari Salon)

Punya waktu luang di rumah? Atau kamu sedang mencari sesuatu yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu sebelum waktu berbuka? Yuk, cobain manikur di rumah. Yah, hitung-hitung rileksasi, menyenangkan dan mempercantik diri. Berikut cara melakukan manikur di rumah, dan seperti berada di salon kesayanganmu. 

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai manikur di rumah, mari mengumpulkan barang-barang yang kamu butuhkan. 

  • Cat kuku pilihanmu
  • Base coat
  • Top coat
  • Kikir
  • Kain penggosok
  • Pendorong kutikula
  • Pembersih cat kuku
  • Cotton pad
  • Minyak 
  • Krim tangan

Kamu tidak punya semua alat di atas? Tenang kamu tetap bisa melakukan manikur di rumah ini. 

Baca juga: Penting Memakai Aksesori Agar Tampil Cantik Memesona Di Hari Istimewa

Tahap-Tahap Melakukan Manikur di Rumah

Bersihkan kuku

Ini hal pertama yang harus dilakukan sebelum proses manikur dimulai. Jika masih ada bekas cat kuku lama, bersihkan dengan cara ini: basahi cotton pad dengan pembersih cat kuku, tekan ke kuku yang ingin dibersihkan, hitung sampai lima, dan lepaskan. Biasanya ini akan berhasil membersihkan bekas kuku. Ohya, hindari membersihkan cat kuku dengan mengusapnya, karena akan membuat permukaan kuku tidak rata. 

Tidak Perlu Merendam Kuku

Sejujurnya, kamu tidak perlu merendam kuku saat manikur. Pasalnya, ketika kuku terendam di air, kuku menjadi lebih lebar sehingga mengubah bentuk kuku. Alhasil, saat cat kuku sudah mengering, hasilnya lebih cepat mengelupas. Jadi, silakan melewatkan bagian ini saat manikur di rumah. Namun, jika kamu melakukan pedikur, proses ini penting karena membantu melembutkan kulit yang lebih kasar di bagian kaki. 

Bentuk Kuku

Untuk yang sudah sering melakukan manikur sendiri, mungkin akan lebih percaya diri saat memilih berbagai bentuk kuku. Namun, jika kamu adalah pemula dan untuk pilihan teraman adalah membentuk kuku sesuai dengan bentuk kutikula, yang bisa memberikan efek jari-jari lebih panjang. Terlebih bentuk kuku ini juga terlihat lebih alami dan cocok dipadukan dengan warna atau ornamen kuku apa pun. 

Untuk mendapatkan bentuk yang sempurna, jika diperlukan potong kuku agar memiliki bentuk yang sama. Lalu dengan menggunakan kikir, lakukan ini: awali mengikir kuku dari satu sisi dan bergeraklah ke arah tengah. Lalu, ulangi dari sisi yang berbeda dan lakukan hal yang sama. Hindari mengikir kuku dengan gaya gergaji karena akan merusak kuku-kuku yang rapuh. 

Rapikan Kutikula

Dengan menggunakan pendorong, dorong kutikula ke arah buku-buku jari-jari. Jika kamu tidak memiliki alat pendorong, gunakan cotton bud atau ujung dari kikir (bungkus bagian ini dengan tisu agar tidak melukai kuku). 

Jika ada bagian kutikula yang masih membandel bahkan setelah didorong, ambil pemotong kutikula dan potong bagian tersebut. Ingat, jangan memotong terlalu banyak kulit kutikula. Lalu, oleskan sedikit minyak, misalnya jojoba oil atau coconut oil, pada ujung kuku dan pijat ke arah kutikula. Lalu, usapkan krim tangan untuk melembutkan kulit. 

Ciptakan Base

Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, pastikan minyak dan krim tangan sudah terserap dengan baik. Soalnya, cat kuku ini tidak akan menempel dengan sempurna jika kuku masih terlalu berminyak. Jika sudah kering, aplikasikan base. Jika memungkinkan pilihlah organic base polish yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya karena inilah yang bersentuhan langsung dengan kuku dan menyerap ke dalam kulit.  

Aplikasikan Cat Kuku 

Pilih cat kuku yang akan mewarnai kuku dan aplikasikan. Begini caranya: letakkan kuas jauh cukup jauh dari kutikula. Saat melihat cat kuku mengalir, tarik lurus kuas ke bagian tengah ke ujung kuku. Pada ujung kuku yang lebih lebar, aplikasikan cat kuku dengan tekenan lebih dan biarkan bulu-bulu kuas mengembang. 

Lalu, tutup bagian atas kuku. Untuk melakukan ini, perhatikan bagian paling ujung kuku dan oleskan pada bagian paling ujung kuku. Ini akan membuat cat kuku tahan lebih lama. Terakhir, aplikasikan top coat, biarkan mengering dan tada... manikur pun selesai. 

Perawatan agar Manikur Tahan Lama

Selama satu jam setelah manikur di rumah, pastikan kuku tidak bersentuhan dengan air. Mungkin ini sulit sekali dilakukan karena kamu harus mencuci tangan secara reguler saat #dirumahaja di masa pandemik ini. Namun, jika kamu berhasil menjauhkan kuku dari air selama minimal satu jam, hasil manikur kamu akan lebih baik dan tahan lama. Ohya, hindari juga menyentuh wajah, ya! 

Baca juga: Model Dress Cantik Yang Cocok Di Pakai Saat Diner Valentine

Selanjutnya, pastikan jari-jarimu terlembapkan dengan baik dengan mengaplikasikan krim dan minyak setiap hari. Ini akan membuat kulit dan kuku lembut, dan tidak pecah-pecah. Dan seminggu setelah manikur ini, bersihkan cat kuku dan berikan kukumu waktu bernafas. Ingin memiliki kuku cantik lagi? Ulangi langkah-langkah di atas.

Sumber foto utama: Freepik.com

panduan manikur di rumah tips melakukan manikur sendiri kecantikan kuku perawatan di rumah virus corona dan di rumah aja

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Enny Ratnawati
Enny Ratnawati
Hmmm, selama ini nggak kepikiran buat melakukan ini sendiri di rumah. makasih ide nya salam, https://www.ennyratnawati.com/

Related Posts

Trending On Beauty