Ladiestory.id » Beauty » Panduan Lengkap Membersihkan dan Mendisinfektan Peralatan Makeup

Panduan Lengkap Membersihkan dan Mendisinfektan Peralatan Makeup

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 19 Maret 2020 | 11:21:43
Durasi baca: 2 menit, 34 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Panduan Lengkap Membersihkan dan Mendisinfektan Peralatan Makeup

Selamat! Karena kamu berhasil mencuci tangan sesering mungkin dan melakukan social distancing serajin mungkin. Selanjutnya, sepertinya kamu perlu membersihkan peralatan makeup kesayanganmu.

Coba jujur deh, kapan terakhir kali kamu membersihkan kuas, atau bahkan sisir yang kamu pakai setiap hari? Padahal, produk dan peralatan kecantikan kita terkontaminasi dengan banyak hal yang menjijikkan, misalnya sel kulit mati, kotoran, keringat, minyak dan bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70-90% semua alat kecantikan terkontaminasi bakteri dan beauty blender adalah yang paling banyak menyimpan kotoran. 

Jika peralatan makeup ini tetap kamu pakai, kulit bisa mengalami iritasi, kemerahan, ruam, bintik-bintik hitam, komedo, bahkan jerawat. Jadi, memang harus dibersihkan, paling tidak sekali seminggu! Berikut panduan lengkap membersihkan peralatan kecantikan favoritmu. 

Baca juga: Kim Kardashian Rayakan Ulang Tahun dengan Berikan Diskon Makeup dan Pakaian Dalam

KUAS MAKEUP

Oleh karena ini salah satu peralatan makeup yang paling sering dipakai dan menyentuh banyak permukaan, plus sedikit fragile, maka proses membersihkanya lumayan panjang. 

1. Jika kamu menggunakan deterjen, isi gelas dengan air (kira-kira 1/3 gelas) dan tambahkan sedikit cairan pembersih. Putar-putar kuasmu sampai tidak ada lagi warna yang keluar. Jika kamu menggunakan sabun, lakukan langkah yang sama. 

2. Jika ada noda membandel yang masih lengket (atau mengembalikan kuas putih ke warna semula), taruh sedikit deterjen ke atas telapak tangan, lalu letakkan kuas di atasnya dan putar dan pijat sampai bersih. 

3. Bilas dengan air hangat. 

4. Peras kuas dengan kertas tisu atau kain lalu dan kembalikan bentuk awalnya. 

Baca juga: 5 Tutorial Makeup Karakter dari Film Terkenal Pilihan Popbela


5. Diamkan dan keringkan secara alami. 

SPONGES

Bersihkan dengan air hangat dan tambahkan sampo lembut atau facial foam. Diamkan dan rendam di dalam gelas selama satu menit. Bilas dengan air hangat, peras dan biarkan mengering secara alami selama beberapa jam.

JADE ROLLER

Setiap selesai digunakan, pakai handuk lembut dan air hangat untuk membersihkan kepala jade roller. Keringkan dengan air. Sekali seminggu, bersihkan roller dengan menggunakan sedikit alkohol dan lap sampai bersih. 

PERALATAN MENIKUR DAN TWEEZER 

Prinsipnya, peralatan yang terbuat dari logam sebaiknya dibersihkan dengan sabun antibakteri dan air dan digosok dengan sikat gigi yang sudah tidak dipakai. Lalu bersihkan ujung-ujungnya dengan kapas atau cotton bud dengan bantuan alkohol untuk membunuh bakteri yang menempel. Sementara peralatan plastik wajib dilap dengan alkohol setiap kali digunakan. 

BEAUTY BLENDER

Lembapkan beauty blender dengan sedikit air dan aplikasikan sedikit cairan pencuci piring. Pijat sabun ke dalam beauty blender (fokus pada bagian terkotor). Pegang sponge dan bersihkan di bawah air mengalir sambil tetap memerasnya hingga tidak ada lagi kotoran yang keluar. Lap beauty blender dengan handuk bersih dan biarkan mengering secara alami. 

Baca juga: Coba 5 Makeup Keren a la Kylie Jenner Ini Biar Penampilanmu Makin Beda!

CATOKAN 

Pastikan dalam keadaan tidak terhubung dengan listrik. Bersihkan dengan kapas yang sudah ditetesi alkohol dan usap permukaan catokan. Kamu mungkin perlu menggunakan beberapa kapas untuk membersihkan semua permukaan dari kotoran. Akhiri dengan mengelap permukaan dengan air biasa dan keringkan dengan lap lembut. 

SISIR

Untuk sisir plastik, bersihkan sisir dari rambut. Basahkan sisir dan gunakan tanganmu untuk membersihkan gigi-gigi sihir. Lalu rendam di dalam air hangat dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dan diamkan untuk mengering secara alami. 

PENJEPIT BULU MATA

Basahkan kapas dengan alkohol dan usap semua permukaan yang bersentuhan dengan mata. Bilas dengan air hangat dan biarkan mengering semalaman.

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Freestocks

Baca juga: Rangkaian Makeup dalam Kemasan Sachet yang Terjangkau

membersihkan peralatan kecantikan gaya hidup bersih kebersihan dan kecantikan pencegahan virus corona

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY