Ladiestory.id » Beauty » Panduan Makeup untuk Kulit Kering agar Dandanan Tidak Cakey

Panduan Makeup untuk Kulit Kering agar Dandanan Tidak Cakey

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Kamis, 27 Februari 2020 | 10:16:04
Durasi baca: 3 menit, 9 detik
Dibaca: 12 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Panduan Makeup untuk Kulit Kering agar Dandanan Tidak Cakey

Punya wajah yang cenderung kering atau berminyak memang menimbulkan kerepotan tersendiri ketika ingin mengaplikasikan makeup pada wajah. Jika bagi mereka si pemilik kulit berminyak membutuhkan foundation yang bisa memberikan hasil akhir matte, maka para pemilik kulit wajah kering justru sebaliknya. Tampilan dewy yang glowing wajib menjadi hasil akhir bagi para pemilik kulit wajah yang cenderung kering ini. Akan tetapi, masalah tentunya tidak berhenti sampai di situ saja. Sebab, jika kita tidak pandai mengaplikasikan makeup pada wajah, hasilnya pun bisa saja menjadi patchy, cracking, dan cakey. Tentu, kita tidak mau ini terjadi, 'kan? Jangan takut, karena ada solusinya. Kamu hanya perlu melakukan beberapa hal di bawah ini agar dandananmu sempurna. 

1. Gunakan moisturizer dan lip balm

panduan makeup untuk kulit wajah yang cenderung kering
sumber: freepik.com

Kulit wajah yang kering tentunya membutuhkan pelembap, supaya kulit bisa terhidrasi dengan baik. Ini akan membantu ketika kita akan mengaplikasikan foundation dan produk lainnya di atas kulit. Tekstur kulit tidak kering lagi dan tentunya akan memudahkan kita ketika meratakan foundation. Selain kulit wajah yang butuh pelembap, bibir kita pun juga membutuhkan lip balm agar bibir tidak mudah kering dan pecah-pecah. Selain berfungsi untuk melembapkan bibir, lip balm juga membantu memudahkan kita ketika mengaplikasikan lipstik atau lip cream, supaya hasilnya rata dan tidak menggumpal.

2. Gunakan hydrating primer dan foundation agar dewy

panduan makeup untuk kulit wajah yang cenderung kering
sumber: freepik.com

Setelah moisturizer meresap ke dalam kulit, segeralah menggunakan hydrating primer. Primer ini sangat penting digunakan, terlebih untuk kamu si pemilik kulit wajah kering. Sebab, selain bisa membuat makeup tahan lebih lama, primer juga bisa membuat tekstur wajahmu lebih halus dan lebih siap dipoles dengan base, serta berbagai produk makeup lainnya. Setelah memakai primer, tahap selanjutnya adalah menggunakan foundation. Pilihlah foundation yang bisa memberikan hasil akhir dewy dan glowing, supaya riasanmu tidak mudah retak dan cakey. Selain foundation, kamu juga bisa menggunakan cushion yang juga memberikan hasil akhir dewy dengan tekstur yang lebih ringan.

Baca juga: Tips Merawat Kulit di Tengah Kabut Asap Menurut Ahli

3. Gunakan concealer untuk kulit kering dan bedak tabur

panduan makeup untuk kulit wajah yang cenderung kering
sumber: freepik.com

Jika kamu memiliki lingkaran hitam pada mata, atau yang biasa disebut dengan mata panda dan kantong mata, maka warna kegelapan itu bisa disamarkan dengan concealer. Pilihlah concealer yang memang diperuntukkan untuk kulit wajah kering. Biasanya, concealer dengan jenis itu hadir dalam bentuk sedikit lebih cair, bukan padat. Nah, untuk mengeset concealer di bawah mata supaya tidak menghasilkan garis-garis halus, kamu harus segera melakukan baking setelah menggunakan concealer dengan memakai bedak tabur atau translucent powder.

4. Gunakan setting spray

panduan makeup untuk kulit wajah yang cenderung kering
sumber: the-file.com

Untuk menjaga kelembapan dan mencegah base menjadi rata, segeralah semprotkan setting spray pada wajahmu. Biarkan meresap ke kulit wajah terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan produk makeup lainnya pada wajah. Setting spray berfungsi untuk mengunci produk makeup yang sudah diaplikasikan pada wajah supaya tidak mudah bergeser dan smudge.

5. Gunakan cream blush, cream eyeshadow, dan lipstik yang velvety

panduan makeup untuk kulit wajah yang cenderung kering
sumber: freepik.com

Pilihan blush on dan eyeshadow terbaik untuk pemilik kulit kering adalah yang berbentuk krim. Jadi, gunakanlah cream blush dan cream eyeshadow supaya riasan pada wajahmu tidak terkesan didempul dan tidak menjadi cakey. Sementara untuk lipstik, pilihlah lipstik atau lip cream yang memberikan hasil velvety, bukan matte. Sebab, jika kamu menggunakan lipstik matte, justru bisa semakin menunjukkan bagian kulit wajahmu yang kering, Ladies.

Selain kelima panduan makeup untuk kulit wajah cenderung kering seperti di atas, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat. Konsumsilah buah dan sayur secara rutin, dan perbanyak minum air putih supaya kulitmu bisa lebih terhidrasi dengan baik. 

Baca juga: Khasiat Bunga Lilac untuk Atasi Tanda Penuaan pada Kulit


beauty kecantikan makeup panduan makeup untuk kulit wajah yang cenderung kering kulit kering

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON BEAUTY