?>
LADIESTORY.ID » LIFESTYLE » PATUHI PERINTAH! AGAR OLAHRAGA BERSEPEDA MENJADI MENYENANGKAN

Patuhi Perintah! Agar Olahraga Bersepeda Menjadi Menyenangkan

LS Lifestyle
Selasa, 14 Juli 2020 | 11:56:45
Durasi baca: 2 menit, 21 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Patuhi Perintah! Agar Olahraga Bersepeda Menjadi Menyenangkan

Kita semua tahu bahwa bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan, tetapi sangat penting untuk mengetahui dan melakukan tanggung jawab pengendara sepeda ketika turun ke jalan, karena kita tidak bersepeda sendirian. Bersepeda adalah olahraga yang menyenangkan karena memadukan keragaman antara berbagai kendaraan dan transportasi, dan ketika harus melakukan perjalanan di jalan dan jalan raya, aspek mendasar adalah rasa hormat.

Mengingat banyaknya manfaat baik yang bisa didapatkan melalui bersepeda, kamu dianjurkan untuk melakukan olahraga ini secara rutin. Namun agar kamu tetap aman, perhatikan dulu yuk tips bersepeda yang aman berikut ini:

Cek Sepedamu Terlebih Dahulu

Baca juga: Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Diet

Sebelum pergi bersepeda, ada baiknya kamu pastikan sepeda dalam kondisi baik. Pengecekan ini tidak harus dilakukan setiap hari, tapi bisa dalam seminggu sekali. Saat pengecekan, pastikan rem dapat berfungsi dengan baik, mata rantai bersih dan terlumasi dengan baik, serta cek roda dan pastikan mereka tidak goyang. Terakhir, pastikan tekanan angin pada ban berada di kondisi yang pas.

Menggunakan Atribut Pelindung

Beberapa bagian tubuh yang paling rentan terluka bila jatuh dari sepeda adalah kepala, sikut, dan lutut. Jadi, Menggunakanlah atribut pelindung seperti helm serta pelindung siku dan lutut, agar jika kamu terjatuh, efeknya tidak terlalu fatal.

Menggunakan Baju yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Jangan karena kamu bersepeda untuk pergi ke kantor, lantas kamu mengenakan kemeja atau rok bagi yang wanita, supaya tidak perlu mengganti baju dan bisa menghemat waktu. Pakaian seperti itu akan menyulitkan kamu saat bersepeda. Jadi, Menggunakanlah baju yang nyaman dan menyerap keringat, serta bawahan yang bisa mendukung pergerakkanmu saat menggowes sepeda. 

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Pakai Outfit yang Tepat saat Olahraga!


Menggunakan Sepatu

Tidak hanya pakaian, kamu pun sebaiknya menggunakan alas kaki yang tepat saat bersepeda. Kamu dianjurkan untuk mengenakan sepatu yang datar, agar kamu dapat lebih mantap dan nyaman saat menggowes maupun menahan sepeda saat ingin berhenti.

Pastikan Kamu Terlihat

Kamu dianjurkan untuk ekstra berhati-hati kalau ingin bersepeda pada malam hari. Karena kondisi jalan yang gelap sangat rawan terjadi kecelakaan. Jadi, pasanglah lampu pada sepeda dan gunakan baju berwarna terang atau berbahan glow in the dark, agar kamu bisa terlihat oleh pengguna kendaraan lain.

Patuhi Semua Aturan Lalu Lintas

Baca juga: Olahraga Mudah yang Bisa Dilakukan di Atas Kasur

Namun ketika kita di jalan raya kita adalah pengguna jalan yang harus mentaati juga peraturan berlalu lintas yang ada. Ketika di lampu merah alangkah baiknya kita juga turut berhenti di belakang marka zebra cross dan jangan pula untuk menerobos lampu merah karena sangat berbahaya. Tidak bersepeda melawan arus agar tidak mengganggu pengguna jalan lain dan masih banyak lagi contohnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Diperbolehkan bersepeda melalui trotoar asalkan mengutamakan pejalan kaki. Intinya aturan lalu lintas dibuat bukan untuk dilanggar tapi untuk ditaati agar lebih tertib dan menghindari kecelakaan lalu lintas.

Intinya sebagai pesepeda yang baik kita memilik Hak dan Kewajiban tersendiri yang harus diperhatikan saat bersepeda di jalan raya. Mari jadi pesepeda teladan yang tertib lalulintas, saling menghormati sesama pengguna jalan yang lain dan menjadi pesepeda yang mengutamakan keselamatan bersepeda.

Sumber foto: Freepik.com

Bersepeda cara bersepeda yang aman bersepeda saat pandemi tips bersepeda yang aman

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE