?>
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | PENTINGNYA MENGETAHUI 4C SEBELUM MEMBELI BERLIAN

Pentingnya Mengetahui 4C Sebelum Membeli Berlian

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 34 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Pentingnya Mengetahui 4C Sebelum Membeli Berlian 

Frank & co. Ada hal penting yang perlu diketahui sebelum membeli perhiasan berlian, yakni 4C. Dengan 4C ini, kamu dapat mengetahui kualitas berlian, spesifikasi berlian, serta ciri-ciri berlian asli
Mengetahui Kualitas Berlian dengan 4C

Sebelum membeli perhiasan berlian, ada faktor 4C yang perlu diketahui. Apa itu 4C? 4C merupakan spesifikasi sebuah berlian yang menentukan apakah berlian tersebut memiliki kualitas tinggi atau rendah. Karena itu, penting mengetahui 4C sebelum membeli berlian. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan tentang 4C yang wajib kamu ketahui. 

Carat

Carat atau karat adalah satuan untuk mengukur berat batu berlian. Dalam satuan metrik, satu karat sama dengan 0,2 gram. Satu carat setara dengan 100 poin. Untuk mengetahui ukuran karat sebuah berlian cukup mudah. Lihat saja, diameter dan besarnya berlian. Diameter maupun ukuran batu berlian akan membesar sesuai dengan besaran karat. Jadi, semakin besar ukurannya, semakin besar karatnya. Begitu pun semakin besar karat berlian, semakin tinggi harganya. Tentunya semakin bagus juga kualitasnya. 

Baca juga: Tips Mudah Mengetahui Perhiasan Emas Asli atau Palsu

Cut

Cutting merupakan bentuk irisan atau potongan berlian. Faktor ini wajib kamu tahu sebelum membeli perhiasan berlian seperti cincin berlian wanita, cincin berlian pria, serta model cincin tunangan maupun model cincin kawin. perhiasan berlian lainnya. Sebab, kesempurnaan potongan berlian akan berpengaruh pada cahaya atau pantulan berlian. 

Berlian yang dipotong dengan tepat akan menghasilkan pantulan cahaya yang cemerlang walau warna dan kejernihannya kurang baik. Sebaliknya, meski memiliki kejernihan dan warna yang baik, berlian tidak akan terlalu berkilau bila potongannya tidak simetris. Semakin simetris potongan berlian, ditambah presisi dan kerapihan potongan, semakin besar harga berlian. 

Untuk menguji kualitas cutting berlian, kamu harus melihatnya dari bagian atas berlian sehingga dapat melihat bagaimana pola pantulan cahaya yang dipantulkan berlian. Gemological Institute of America (GIA) menggolongkan tingkat mutu pemotongan berlian. Mulai dari tertinggi hingga terendah, yakni excellent, very good, good, fair, juga poor. 

Color

Color atau warna berlian turut menentukan keindahan, kemewahan, dan harga. Warna berlian bisa dibilang poin yang mudah diamati karena dapat dilihat dengan mata telanjang. Umumnya, berlian berwarna putih atau bening, tapi lantaran zat-zat lain yang ikut terbawa dalam proses pemampatan, berlian menjadi berwarna seperti kuning, coklat, merah, hijau, dan sebagainya. Namun, berlian terbaik adalah berwarna bening. Semakin cemerlang berlian, semakin tinggi  harga batu berlian. GIA membagi skala warna berlian dari D sampai  Z. Tingkat warna berlian tertinggi dengan warna paling sedikit atau putih digolongkan dalam skala D, sedangkan tingkat warna berlian terendah dengan warna yang banyak diberi skala Z. 

Clarity

Clarity atau kejernihan berhubungan dengan kemurnian berlian. Sebuah berlian dengan kejernihan terbaik adalah tidak memiliki inklusi sama sekali serta noda, baik berupa goresan, titik, maupun bentuk gelembung air. Semakin jernih berlian, semakin tinggi nilainya.  GIA membagi kejernihan berlian berdasarkan tingkatan, dari tertinggi hingga terendah, yakni flawless, internally flawless (IF), very very slightly included, very slightly included serta include. Untuk penjelasan lengkapnya, kamu bisa membacanya dalam artikel 6 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Perhiasan Berlian.

Baca juga: Apa Yang Tersirat Pada Sebuah Cincin Kawin


Itulah penjelasan mengenai 4C yang berguna membantu kamu mengetahui spesifikasi berlian sebelum membelinya. Dengan mengetahui 4C ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui ciri-ciri berlian asli sekaligus membedakan mana berlian berkualitas dan mana yang tidak. Tertarik membeli perhiasan berlian?

Mengetahui 4C pada berlian Apa itu 4C berlian Arti dari 4C pada berlian Pentingnya 4C berlian Fungsi 4C berlian Harga berlian Model cincin berlain Cincin tunangan berlian

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle