LADIESTORY.ID | COMMUNITY BLOG | HEALTH | PENTINGNYA PAKAI SUNSCREEN SAAT BERAKTIVITAS

Pentingnya Pakai Sunscreen saat Beraktivitas

Brigita Kristi
Durasi baca: 2 menit, 0 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Pentingnya Pakai Sunscreen saat Beraktivitas

      Perubahan iklim yang diakibatkan oleh pemanasan global dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon sangat penting dalam melindungi permukaan bumi karena dapat menyerap radiasi ultra violet (UV) dari sinar matahari. Efek utama pada manusia adalah dapat  menyebabkan kerusakan mata dan melemahkan sistem imunisasi badan, serta peningkatan penyakit kanker kulit. Indonesia merupakan negara beriklim tropis, sehingga memperoleh sinar matahari lebih banyak yang dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet. Sehingga sangat penting melindungi kulit dari sinar matahari karena sebagian besar banyak aktivitas kita di luar ruangankan? Lalu bagaimana cara melindungi kulit Anda? Jawabannya adalah sunscreen.

    Sunscreen atau tabir surya adalah lotion cair kimiawi yang berfungsi sebagai penyaring sinar matahari. Sunscreen yang masuk ke dalam kulit akan menyerap radiasi UV sebelum masuk ke lapisan kulit Anda. Tenang aja, tekstur dari sunscreen ini lebih tipis dan saat diaplikasikan akan menyerap ke kulit Anda sehingga warna dari sunscreen ini tidak terlihat.

    Sunscreen dikategorikan menjadi dua jenis berdasarkan bahan yang digunakan, yaitu:

Baca juga: Pentingnya Pakai Sunscreen Meski di Dalam Ruangan

Sunscreen physical

Mengandung mineral-mineral yang natural seperti zinc oxide dan titanium dioxide yang yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. UVA memiliki gelombang yang lebih panjang sehingga menyebabkan penetrasi yang lebih dalam ke jaringan kulit dan mengakibatkan kerusakan pada matrix collagen kulit. Sedangkan UVB memiliki gelombang pendek-sedang.

Chemical sunscreen

Mengandung bahan-bahan sintetis seperti octinoxate dan oxybenzone yang menyerap ke dalam kulit dan melindungi dari sinar UV.

    Efek jangka pendek dari paparan sinar UV adalah kulit dapat menggelap, dan kusam. Sementara efek jangka panjang dari paparan sinar UV adalah kulit keriput, penuaan kulit, kulit yang tidak mengencang, muncul flek hitam dan yang lebih parah adalah menyebabkan kanker kulit. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Penggunaan sunscreen  setiap hari, terutama saat sedang beraktivitas diluar ruangan sangat wajib. Bahkan tidak hanya orang dewasa saja, tetapi anak-anak juga bisa memakai sunscreen karena sudah menjadi kebutuhan.  

     Melindungi kulit dari sinar UV tidak hanya di dapat dari sunscreen saja. Jika anda memilih body lotion, bb cc dd cream, dan foundation sekarang sudah banyak yang mengandung SPF (sun protection factor) yang dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari. 

     Walaupun Anda menggunakan sunscreen saat hendak beraktivits di luar ruangan, perlu diketahui bahwa daya perlindungan akan terus berkurang dari waktu ke waktu sejak awal digunakan. Jadi jika Anda ingin mendapatkan perlindungan secara maksimal gunakanlah sunscreen  secara berkala 2 jam sekali. Walaupun Anda berada di ruangan yang sinar matahari dapat menembus masuk, Anda tetap wajibloh menggunakan sunscreen.

sunscreen SPF UVA UVB kesehatan

7
3

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Lidwina Gita
Lidwina Gita
Thank u for sharing!
wen
wen
Wah, bakal rajin apply sunscreen nih buat ngerawat kulit! Makasi kak infonya.
eka andhita
eka andhita
Makasih kak infonya beanfaat sekaliii, semangat terus berkarya ????

Related Posts

Trending On Health