LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | PENYEDAP MASAKAN YANG KAYA ANTIOKSIDAN BERNAMA OREGANO

Penyedap Masakan yang Kaya Antioksidan Bernama Oregano

LS Culinary
Durasi baca: 2 menit, 5 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Penyedap Masakan yang Kaya Antioksidan Bernama Oregano

Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan sebuah tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Tanaman ini biasanya cocok digunakan untuk membuat makanan seperti pizza dan spaghetti. Tanaman ini memiliki panjang 20–80 cm.

Kandungan Oregano

Meski hampir tidak memiliki kalori, oregano kaya akan antioksidan, vitamin K, vitamin A, vitamin E, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut ini kandungan yang tersimpan dalam 1 gram (g) daun oregano kering:

Baca juga: Cobain: Resep Masakan Tahu Putih Praktis Tapi Bikin Ketagihan

  • Kalori: 3 kalori
  • Vitamin A: 1% Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 1% dari AKG
  • Zat besi: 2% dari AKG
  • Serat makanan: 2% dari AKG
  • Kalsium: 2% dari AKG
  • Vitamin K: 8% dari AKG
  • Asam lemak Omega 3: 1,5% dari AKG
  • Potasium: 12,6 miligram (mg)
  • Fosfor: 1,5 mg

Manfaat Daun Oregano

Menangkal Radikal Bebas

Daun oregano merupakan sumber antioksidan yang berperan dalam pengendalian radikal bebas berlebih. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat memicu kerusakan sel dan menimbulkan penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Bahkan dibanding buah-buahan dan sayuran, daun oregano mengandung antioksidan 42 kali lebih banyak. Daun oregano juga mengandung asam rosmarinic dan thymol.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Perlu diketahui, daun oregano memiliki kandungan serat yang banyak. Meski ukurannya kecil, tanaman ini memiliki dampak besar pada sistem pencernaan. Serat merupakan faktor penting untuk menyehatkan pencernaan. Dengan mengonsumsi daun oregano, serat yang terkandung mampu membantu kelancaran fungsi lambung. Disarankan untuk mengonsumsi 15 gram serat setiap hari.

Mampu Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun oregano merupakan satu di antara sumber antioksidan. Dengan mengonsumsi daun oregano diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat ini diambil berdasarkan berbagai penelitian. Satu di antara kanker yang diyakini dapat dihambat oleh daun oregano adalah kanker usus besar.

Meredakan Peradangan

Peradangan merupakan respons imun yang normal terjadi ketika kita sakit atau mengalami luka. Peradangan yang bersifat kronis dapat membahayakan dan menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Daun oregano dengan kandungan carvacrol dan antioksidannya dapat mengurangi peradangan di tubuh yang bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan gangguan autoimun. Kandungan carvacrol disebutkan memiliki sifat antiinflamasi.

Agen Antibakteri

Kandungan carvacrol alami yang ada di dalam daun oregano juga berguna sebagai antibakteri. Kandungan ini sangat efektif untuk melawan bakteri patogen pada makanan yaitu Listeria monocytogenes. Bakteri Listeria monocytogenes adalah bakteri yang menyebabkan keracunan makanan atau infeksi listeriosis.

Oregano dianggap sebagai rempah-rempah pokok di banyak masakan di seluruh dunia. Daun oregano memiliki rasa yang kuat dan menghadirkan kehangatan pada hidangan, bersama dengan sedikit rasa manis yang halus. Meskipun biasanya digunakan dalam jumlah kecil, oregano mengandung beberapa nutrisi penting. Hanya satu sendok teh oregano kering dapat memenuhi sekitar 8% kebutuhan vitamin K harian kamu.

 

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

 

Manfaat Daun Oregano Daun Oregano Oregano

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Cobain: Resep Masakan Tahu Putih Praktis Tapi Bikin Ketagihan

Tahu merupakan bahan makanan sederhana yang disukai banyak orang. Meski sederhana, tahu bisa diolah menjadi berbagai sajian yang…

Trending On Lifestyle