?>
LADIESTORY.ID » COMMUNITY BLOG » LIFESTYLE » PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL DAN DAMPAK PENGGUNANNYA

Perkembangan Media Sosial Dan Dampak Penggunannya

syaaa
Penulis: syaaa
Kamis, 02 Juli 2020 | 02:02:51
Durasi baca: 2 menit, 4 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Perkembangan Media Sosial Dan Dampak Penggunannya

Ladies, tidak bisa dipungkiri bahwa Media Sosial membawa pengaruh yang sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia bahkan menjadi suatu gaya hidup baru bagi masyarakat urban terutama di Indonesia. Maka dari itu timbulah berbagai dampak positif ataupun negatif dari penggunaan Media Sosial yang diantaranya :

Dampak Positif

  • Sebagai Media Penyebar Informasi
  • Memperluas Relasi Pertemanan
  • Mengembangkan Keterampilan
  • Ladang Pengembangan Lahan Bisnis

Dampak Negatif

Baca juga: Hal-hal Yang Ga Baik! Di Share Ke Media Sosial

  • Membuat Candu
  • Cyber Crime
  • Pornografi
  • Perjudian
  • Penyebaran Informasi Palsu

 

Sesuai judul, pasti ada beberapa yang bertanya apa sih perkembangan? apa sih arti dari media sosial itu sendiri? bagaimana perkembangan media sosial saat ini? Nah aku ingin menjawab pertanyaan itu dengan opiniku.

 

Jadi, perkembangan itu serangkaian perubahan yang terjadi, adanya ketidakpuasan akan suatu hal pada berbagai proses pengalaman yang telah dilalui sebelumnya dan media sosial adalah sebuah wadah bersosialisasi dari satu user ke user lain yang dilakukan secara online di dalam jaringan yang saling berinteraksi tanpa batas ruang dan waktu.

 

Baca juga: Profil Glenn Fredly: Musisi Sejati dan Aktivis Berbagai Isu Sosial


Lalu, bagaimana perkembangan media sosial saat ini? Media Sosial pertumbuhannya begitu pesat di era digital ini para user internet bisa mengakses tanpa batas. Berawal pada tahun 90-an muncul situs bernama sixdegree.com dan Classmates.com, kedua situs ini pelopor media sosial pertama di dunia dan tahun 2000-an banyak media sosial bermunculan seperti Friendster, Facebook, Twitter dan sebagainya. Klik untuk membaca

 

Bahkan kini media sosial terus berkembang, tidak hanya mediakomputer saja yang berkembang tetapi bisa juga diakses melalui smartphone seperti Whatsapp, LINE, BBM, Telegram bahkan seperti sekarang banyak yang menggunakan media sosial ini yaitu Instagram. 

Menurut peneliti dari Rice University, grup online di sosial media, apapun itu, sangat efektif untuk menciptakan hubungan pertemanan antar anggotanya.

Meski tidak dapat berinteraksi secara langsung, sedikit banyak setiap member grup dapat mengenal karakteristik masing-masing melalui komunikasi yang ada di grup tersebut. Jika sudah ada kecocokan dengan satu atau beberapa anggota grup yang lain, biasanya, komunikasi mereka akan berlanjut di personal chat untuk mengetahui lebih dalam kepribadian masing-masing.

Baca juga: 5 Tempat Liburan Akhir Tahun yang OK Banget Buat Ramein Akun Sosial Media Kamu

Jadi kesimpulannya perkembangan Media Sosial terbilang sangat pesat terutama di Indonesia, karena Media Sosial itu sendiri pada saat ini merupakan sesuatu yang sangat vital dan menjadi sebuah gaya hidup untuk aktualisasi diri.

Seseorang yang canggung ataupun tidak percaya diri dalam berkomunikasi di depan publik, dengan Media Sosial hal tersebut bisa teratasi. Karena faktanya di Media Sosial, seseorang yang pendiam akan terlihat aktif, karena dengan Media Sosial, Seseorang tersebut merasa aman dan nyaman berkomunikasi dan berinteraksi di Media Sosial daripada di dunia nyata karena tidak perlu bertatap muka langsung dengan lawan bicaranya. Maka dari itu Media Sosial memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing pada kehidupan. 

 

dampak media sosial perkembangan media sosial instagram whatsapp informasi

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON LIFESTYLE