?>
LADIESTORY.ID » PARENTING » PERSIAPKAN SEJAK DINI, INI 3 CARA UNTUK MEMBANTU ANAK BERSIAP UNTUK MASUK SEKOLAH

Persiapkan Sejak Dini, Ini 3 Cara untuk Membantu Anak Bersiap untuk Masuk Sekolah

LS Parenting
Senin, 09 Desember 2019 | 04:25:19
Durasi baca: 2 menit, 13 detik
Dibaca: 1 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Persiapkan Sejak Dini, Ini 3 Cara untuk Membantu Anak Bersiap untuk Masuk Sekolah

Bagi beberapa anak balita, gagasan pergi ke sekolah membawa perasaan gembira. Tetapi bagi yang lain, pergi menjauh dari Ibu dan Ayah selama beberapa jam di siang hari bisa menjadi hal yang sangat menakutkan. Jadi, selain mengajarkan membaca kepada anak-anakmu, mengajari mereka cara berhitung, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu anakmu merasa siap untuk mulai sekolah. Agar kamu tidak kehilangan arah, Ladiestory akan membantumu memberi ide untuk persiapan lebih lanjut cara membantu anak balitamu bersiap untuk masuk sekolah.

1. Jadwalkan kegiatan anakmu saat di rumah

Ibu dan anak sedang belajar
sumber: thehealthy.com

 

Anak-anak cenderung unggul ketika mereka memiliki konsistensi dan prediktabilitas. Hal ini adalah sesuatu yang dapat diberikan sekolah kepada anak-anak. Kegiatan tertentu direncanakan untuk bagian-bagian tertentu dalam sehari, yang tidak terlalu banyak berubah selama seminggu. Tetapi jika anakmu tidak pernah memiliki jadwal kegiatan, ini bisa menjadi hal yang sulit bagi anakmu untuk menyesuaikan diri dengan jadwal sekolah. Untuk membantu permasalahan ini, Anne Zachry, kontributor di Parents.com, merekomendasikan untuk membuat jadwal untuk kegiatan anak-anakmu saat di rumah. Bangunlah pada jam yang sama, makan pada waktu yang terjadwal, tidur siang tepat sesuai jadwla, dan tidur malam tepat waktu. Ini akan membantu anak-anak terbiasa dengan jadwal sekolah yang nantinya akan menjadi rutinitas harian mereka.

2. Latihlah anakmu untuk mendengarkan secara aktif

Latih anak untuk mendengarkan
sumber: verywellfamily.com

 

Mempelajari cara mendengarkan dan mengikuti arahan akan membuat hidup di sekolah lebih mudah bagi anak-anakmu. Karena keterampilan ini sering tidak muncul secara alami untuk sebagian anak, kemungkinan kamu harus melatih anakmu di rumah jika kamu ingin anakmu berhasil mendengarkan secara aktif saat di sekolah. Untuk berlatih mendengarkan secara aktif, Dana Sullivan, kontributor babycenter.com, merekomendasikan untuk menghabiskan waktu setiap hari hanya duduk dan mendengarkan semua suara di sekitar rumahmu. Identifikasikan suara-suara ini dan minta anakmu untuk fokus padanya. Setelah kamu melakukan ini, berikan anakmu daftar pendek hal-hal yang perlu mereka ingat dan ikuti. Ini akan membantu anakmu berlatih mendengarkan apa yang kamu katakana dan bertindak atas arahan yang diberikan.

Baca juga: Berbagai Macam Tipe Kecerdasan Pada Anak

3. Bergabunglah dengan playgroup

Anak sedang di playgroup
sumber: eek.com.hk

 

Jika anakmu belum bisa bersosialisasi sampai saat ini, kamu mungkin ingin mempertimbangkan cara-cara agar kamu bisa melihat anakmu berinteraksi dengan anak-anak lain dan belajar bermain dengan baik bersama teman-temannya. Menurut Vicki Palmer, kontributor Huffington Post, salah satu cara terbaik untuk membuat anak bisa bersosialisasi adalah dengan mengajak anak ke playgroup. Dengan melakukan hal ini, anakmu akan dapat berinteraksi dengan anak-anak lain di sekitar usianya. Ini akan membantu mereka untuk tidak merasa terlalu kewalahan ketika ada banyak anak-anak yang tampaknya asing dan akan mengajari mereka bagaimana berkomunikasi dan bekerja dengan anak-anak lain seusia mereka.

Dengan memutuskan untuk membiarkan anakmu pergi ke sekolah, berarti kamu harus menjadi orang tua yang sigap untuk membimbing mereka menjadi lebih mandiri, Ladies!

parenting anak mengasuh anak balita masuk sekolah anak masuk ke sekolah cara membantu anak masuk ke sekolah membantu balita masuk ke sekolah

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING