?>
LADIESTORY.ID » FASHION & BEAUTY » PERTAMINA GANDENG DESAINER ARIY ARKA KE AJANG FASHION INTERNASIONAL

Pertamina Gandeng Desainer Ariy Arka Ke Ajang Fashion Internasional

Senin, 16 September 2019 | 12:00:00
Durasi baca: 2 menit, 20 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Pertamina Gandeng Desainer Ariy Arka Ke Ajang Fashion Internasional


( foto: Femina Media/ Prima Sabrina)

Berbagai karya busana etnik Indonesia, berbahan kain tenun dari Lombok berpadu bordir, dipamerkan kepada pengunjung Restoran Meradelima di kawasan Senopati, Jakarta Selatan pada 13 September lalu.

Busana-busana ini siap diboyong dalam ajang fashion internasional Indonesia – Slovakia Fashion Day bertajuk “Bratislavske Modne Dny”, pada 17 September 2019, di Slovakia. Tak hanya sampai disitu, busana karya entrepreneur muda binaan Pertamina Ariy Arka ini juga akan diusung ke Fashion Beautiful Indonesia Vol 10, di Beograd Serbia serta Athena.

Pertunjukan karya Ariy Arka digelar jelang keberangkatan desainer muda tanah air tersebut menuju pasar internasional. Ada sekitar 24 koleksi yang akan dibawa ke ajang fashion internasional tersebut.



( foto: Femina Media/ Prima Sabrina)

“Kita merangkul pasar anak muda yang mulai dididik mencintai produk Indonesia. Jadi kita hadirkan gaya street style yang sedang diminati. Untuk kain kita menggunakan kain dari Lombok. Tapi untuk motif, kita mengadopsi motif2 tradisional nusantara. Salah satunya adalah motif khas Tapanuli”, ujar Ariy.

Pagelaran Ariy Arka ke mancanegara ini tak lepas dari dukungan PT Pertamina (Persero) selaku BUMN yang membina para pengusaha muda, melalui program kemitraan. Ariy Arka mengawali usahanya di dunia fashion dari nol. Hasratnya untuk memiliki usaha di industri mode, awalnya terganjal permodalan. Dengan modal minim, ia memulai usahanya tujuh tahun silam, hingga akhirnya bertemu dengan Pertamina yang menggandengnya sebagai mitra binaan.

Tahun ini merupakan tahun ke-3 Ariy Arka menjadi mitra Binaan Pertamina, atau memasuki tahap akhir yang menjadi kunci kesuksesan sebuah BUMN dalam memberikan bantuan modal sekaligus membimbing para mitranya agar bisa maju dan berdaya di kancah pasar nasional maupun internasional.
 
Desainer yang mengantongi berbagai prestasi sebagai The Best Rising Star Designer Indonesia Fashion Week 2017, Indonesia Beautiful 2017 di Sydney Australia dan Best Fashion Designer Social Media Award SCTV ini mengakui perjalanan bisnisnya tak bisa lepas dari peran Pertamina.

“Menjadi mitra Pertamina, saya memiliki akses untuk bertemu dengan pengusaha serta produsen kain khas nusantara, seperti yang saat ini saya lakukan bersama kain tenun Rinjani. Ini juga menjadi pengalaman untuk aktif dalam berbagai ajang fashion di nasional dan internasional," tambah Ariy.
 

( foto: Femina Media/ Prima Sabrina)
 
Ariy berharap karyanya nanti dapat semakin memperkenalkan kain Indonesia melalui pagelaran busana, serta meningkatkan pariwisata nasional melalui promo fesyen karyanya.

Sementara itu, Rudi Ariffianto, Manajer SMEPP (Small Medium Entreprise Partnership Program) PT Pertamina, menyatakan Pertamina sudah menjalankan program ini sejak tahun 1993. Ada berbagai sektor yang menjadi binaan Pertamina, industri fashion merupakan salah satunya.

“Program kemitraan itu adalah salah satu amanat pemerintah. Jadi kami punya tugas untuk bisa mengembangkan UMKM sampai UMKM tersebut bisa menjadi mandiri, kompetitif dan bisa bersaing, tak hanya di level nasional, tapi juga di level internasional”, jelas Ariy.

Sejak tahun 1993 jumlah mitra binaan Pertamina sudah mencapai sekitar 61.500, dengan total dana yang dikeluarkan kurang lebih 3,3 trilyun rupiah. Tahun ini ditargetkan Pertamina bisa menyalurkan dana sebesar 600 milyar rupiah untuk program tersebut.

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS