Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | PILATES MENJADI OLAHRAGA FAVORIT ARTIS K-POP SAAT INI

Pilates Menjadi Olahraga Favorit Artis K-pop Saat Ini

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 53 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Pilates Menjadi Olahraga Favorit Artis K-pop Saat Ini

Meski gerakannya mungkin terlihat serupa, yoga dan pilates adalah dua hal yang berbeda. Pilates adalah versi yang lebih modern dari yoga. Pilates pertama kali dikembangkan pada sekitar abad 20-an oleh seorang atlet veteran asal Jerman bernama Joseph Pilates, sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Ladies, pilates tentu sudah tak asing lagi di telinga, terutama bagi kamu yang memang suka berolahraga. Sejak diciptakan oleh Joseph Pilates di studionya di New York City hampir seratus tahun lalu, metode latihan fisik ini menekankan pada latihan menguatkan otot perut dan otot torso yang disebut sebagai “core” atau inti dari tubuh kita melalui berbagai gerakan yang spesifik. Walaupun sepintas terlihat mudah, namun setiap gerakannya dapat memperbaiki keseimbangan dan kekuatan core tubuh kita menurut beberapa penelitian.

Di masa sekarang, pilates modern juga disukai oleh banyak artis, termasuk bintang-bintang K-pop alias idols yang memilih latihan pilates untuk membuat fisik mereka lebih prima dan performa saat menari panggung lebih maksimal. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari latihan pilates yang bisa membuatmu tertarik mencobanya di rumah.

Baca juga: Olahraga Kardio Ini Bisa Dilakukan Dengan Mudah

1. Bagus untuk Membentuk Abs

Bila kamu ingin perut yang kencang atau bahkan punya abs keren, pilates bisa menjadi pilihan yang tepat. Menurut riset yang dirilis oleh Medicine & Science in Sports & Exercise, para wanita yang menyelesaikan latihan pilates selama 36 minggu berhasil memperkuat otot rectus abdominis mereka alias abs sekitar 21 persen sambil menyeimbangkan sisi tubuh bagian kiri dan kanan tubuh. Salah satu idol K-pop yang sukses mendapat abs melalui pilates adalah Eunbi dan Honda Hitomi dari IZ*ONE yang memamerkan abs-nya ketika latihan pilates di Instagram.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Salah satu fokus utama dari latihan ini adalah menjaga keseimbangan dan posisi sambil melakukan gerakannya dengan saksama. Jadi tak heran dalam latihannya, kamu akan terbiasa duduk dan berdiri dengan cara yang tepat bagi postur tubuh. Punggung dan otot perut yang kuat tak hanya keren dipandang tapi juga menjadi kunci untuk memiliki postur tubuh yang sempurna dan diidamkan oleh banyak artis, termasuk Jeon Somi. 

3. Meringankan Sakit Punggung

Core yang kuat juga bermanfaat bagi kondisi bagian belakang tubuh kita. Latihan pilates selama empat minggu saja dipercaya dapat menimbulkan efek nyata untuk mengurangi rasa nyeri di bagian pinggang menurut riset Journal of Orthopedic & Sports Physical Therapy. Bahkan rasa nyeri tersebut bisa hilang selama setahun sejak latihan pilates. Peneliti percaya pilates mampu meringkankan stress di area belakang tubuh dan meningkatkan mobilitas karena latihannya menstabilkan core bagian pinggul seperti yang dilakukan oleh Yeri dari Red Velvet.

4. Tidak Memforsir Sendi dan Pergelangan

Dibanding banyak latihan fisik lainnya, pilates tak akan memforsir pergelangan dan sendi tubuh karena gerakannya yang lambat dan terkontrol. Terutama bila latihan memakai alat khusus pilates alias reformer dengan bantalan yang tebalnya hampir 10 kali lipat mat yoga dan meringankan tekanan di bagian punggung dan lutut namun tetap mampu membakar banyak kalori. Wah tidak heran ya Taeyeon Girls’ Generation selalu tampil maksimal dari awal debut hingga sekarang.

5. Membuat Tubuh Makin Fleksibel

Banyak orang masih ragu memulai latihan pilates karena mereka menganggap tubuh mereka kaku dan tidak fleksibel, tapi justru itu sebabnya kamu harus mencoba pilates. Dalam sebuah riset di Brasil, sekelompok wanita muda yang belum pernah latihan pilates sebelumnya diminta melakukan 20 sesi pilates dan hasilnya mereka 19,1 persen lebih fleksibel dibanding sebelumnya. Ketika badanmu terasa tegang dan kaku, otot kita mengerut dan membatasi rentang yang bisa dilakukan oleh tubuh kita. Member BLACKPINK seperti Jennie dan Rose memilih pilates untuk menjaga tubuh mereka tetap fleksibel seperti yang terlihat di Instagram dan YouTube mereka.

 

Sumber Foto Utama : Freepik.com

Pilates Manfaat Pilates Artis Kpop Olahraga Body Goals

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health