?>
LADIESTORY.ID | HEALTH | PLUS MINUS OLAHRAGA PADA MALAM HARI YANG WAJIB KAMU WASPADAI

Plus Minus Olahraga Pada Malam Hari Yang Wajib Kamu Waspadai

LS Health
Penulis: LS Health
Durasi baca: 2 menit, 15 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Plus Minus Olahraga Pada Malam Hari Yang Wajib Kamu Waspadai

Rutinitas yang padat setiap harinya membuat kita sulit untuk rutin melakukan olahraga di pagi hari. Namun, kondisi ini jangan dijadikan alasan untuk malas berolahraga yaa, ladies. Olahraga di malam hari setelah pulang kerja atau setelah melakukan aktivitas sehari-hari bisa menjadi solusi yang tepat, lho.

Aktivitas yang padat di sekolah, di kampus, atau di kantor, kadang membuat waktu kita untuk berolahraga jadi sedikit. Padahal, paling tidak waktu untuk orang dewasa berolahraga adalah 150 menit dalam lima hari atau sekitar 30 menit sehari. Banyak orang menduga, olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh kita vitamin D, selain karena udara di pagi hari juga lebih segar. Tapi, bagaimana kalau tidak ada waktu berolahraga di pagi hari, dan waktu yang kita miliki cuma di malam hari?

Bolehkah Olahraga Malam Hari Sebelum Tidur?

 
Pada dasarnya, kita boleh melakukan kegiatan olahraga sebelum tidur di malam hari, selama tidak mengganggu pola dan siklus tidur. Namun jika memiliki gangguan tidur tertentu, kamu tidak disarankan untuk melakukannya. 

Kekurangan Olahraga Pada Malam Hari 

 Daya tahan tubuh berkurang

Olahraga malam berpotensi membikin daya tahan tubuh lemah lantaran kehilangan banyak energi tanpa jeda setelah didera aktivitas seharian. Berkurangnya daya tahan inilah yang membuat tubuh rentan terserang penyakit seperti flu atau demam. Karena itu agar beban tubuh tak terlalu berat, pilihlah aktivitas olahraga yang ringan dan intensitas rendah. Hindari olahraga yang tergolong berat seperti berenang atau angkat beban.

Pernapasan terganggu

Udara malam mengandung oksigen yang lebih sedikit ketimbang pagi atau sore hari, sedangkan tubuh justru memerlukan banyak oksigen ketika berolahraga. Itu sebab berolahraga pada malam hari akan membuat Anda terasa lebih gampang lelah.

Kelebihan Olahraga Pada Malam Hari

Bisa menurunkan tekanan darah

Baca juga: Tips OOTD Hijab Sporty buat Olahraga Bersepeda dan Jogging

Sebuah studi yang dimuat dalam ‘Journal of Strength Conditioning Research’ menemukan bahwa orang yang dilatih pada malam hari menurunkan tekanan darah mereka sebesar 15% lebih banyak daripada mereka yang berolahraga di pagi hari.

Tubuhmu akan siap untuk berolahraga

Olahraga sebelum tidur berarti kamu akan mendapatkan lebih banyak pemulihan tidur dan membakar lebih banyak kalori. Menurut penelitian, kadar kortisol lebih tinggi di pagi hari, yang dapat menghambat pertumbuhan otot. Sebaliknya, kadar testosteron lebih tinggi di malam hari, yang akan mendorong pertumbuhan otot. Jadi ini cara yang bagus untuk mendapatkan hasil lebih cepat.

Mendapatkan sesi latihan yang lebih baik

Selain membantumu tidur lebih nyenyak, beberapa penelitian menemukan bahwa latihan di malam hari adalah jalan menuju peningkatan otot yang signifikan dan daya tahan yang lebih baik. 

Baca juga: Tips Memilih Sepatu Olahraga Yang Tepat


Olahraga malam bisa menjadi alternatif yang baik untuk kamu yang mungkin tidak bisa olahraga di pagi hari. Kuncinya adalah kamu perlu menemukan kegiatan olahraga yang kamu sukai agar bisa melakukannya secara rutin. 

Sumber Foto Utama: Freepik.com

olahraga malam hari manfaat olahraga malam hari bolehkah olahraga malam hari?

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health