Ladiestory.id » Travel » Praktis dan Minimalis, 5 Tips Packing Ala KonMari Method Saat Bepergian Agar Bawaan Tidak Berat!

Praktis dan Minimalis, 5 Tips Packing Ala KonMari Method Saat Bepergian Agar Bawaan Tidak Berat!

LS Travel
Penulis: LS Travel
Minggu, 17 November 2019 | 09:59:25
Durasi baca: 3 menit, 39 detik
Dibaca: 2 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Praktis dan Minimalis, 5 Tips Packing Ala KonMari Method Saat Bepergian Agar Bawaan Tidak Berat!

Adakah di antara kamu yang belum mengenal nama Marie Kondo atau KonMari Method? Marie Kondo adalah seorang wanita asal Jepang yang menciptakan metode mengorganisasi barang-barang atau kebutuhan di rumah secara minimalis dan sepraktis mungkin. Metode merapikan dan mengorganisasi barang ala Marie Kondo ini disebut dengan KonMari Method. Dalam metode ini, KonMari panggilan akrab Marie, mengajarkan kita untuk hanya menyimpan barang-barang yang membuat kita bahagia ketika kita memakainya. Ia menyebutnya dengan barang-barang “spark joy”. Lalu, menyingkirkan barang-barang yang hanya teronggok di pojokkan atau di paling bawah lemari yang tidak pernah digunakan lagi. KonMari menyarankan untuk menyumbangkan barang-barang yang sudah tidak menimbulkan efek bahagia saat kita mengenakannya itu, namun sebelumnya kita harus mengadakan ritual ucapan terima kasih kepada barang-barang tersebut. Sebab, bagaimanapun juga barang-barang itu pernah membuat kita bahagia sebelumnya. Unik banget ya, Ladies!

Nah, KonMari Method tidak hanya bisa kita terapkan dalam kehidupan rumah tangga saja. Tapi, kita juga bisa mempraktikkannya sebagai tips packing ala KonMari Method saat bepergian, agar bawaan kita tidak terasa berat ketika kita mengangkatnya. Baiklah, berikut ini tipsnya!

1. Buatlah daftar barang apa saja yang kamu butuhkan untuk dibawa, coret yang tidak benar-benar dibutuhkan

Membuat packing list
sumber: instagram Mariekondo

 

Baca juga: Kurangi Tampilan Kerutan dan Garis Halus di Wajah dengan 5 Tips Ini!

Seperti halnya cara Marie Kondo yang mengajak kita untuk hanya menyimpan barang-barang yang kita butuhkan dan masih memberikan efek bahagia saat memakainya, maka hal itu juga berlaku ketika kamu memilih barang apa saja yang mesti kamu bawa dalam perjalananmu. Jadi, tuliskan packing list barang-barang yang kamu butuhkan dalam selembar kertas. Lalu, periksalah kembali daftar tersebut dan pikirkan lagi mana barang yang bisa kamu coret dan sebenarnya tidak perlu dibawa. Setelah itu, kamu bisa mulai mengumpulkan segala keperluan yang sudah kamu tuliskan dan bersiap untuk merapikannya ke dalam koper atau tas yang hendak kamu bawa.

2. Pisahkan barang dalam beberapa kelompok sesuai dengan kategorinya

Pisahkan barang sesuai kategori
sumber: instagram Mariekondo

 

Selanjutnya, kamu perlu mengorganisasi barang-barang yang akan kamu bawa menurut kategorinya, Ladies. Misalnya, memasukkan baju, celana, dan pakaian dalam ke satu bagian yang disebut pakaian. Lalu, menyatukan sarangkaian stop kontak dengan kabel-kabel untuk mengisi baterai ponsel, kamera, laptop, atau kabel-kabel lain yang dibutuhkan dalam satu kategori perkabelan. Begitu pula untuk barang-barang lainnya. Sebab, dengan menjadikannya dalam beberapa kategori sesuai tips packing ala KonMari Method ini, kamu akan dimudahkan ketika nanti mencari barang tersebut.

3. Lipat pakaian dengan KonMari Method agar tidak memakan banyak tempat di dalam tas

Lipat pakaian dengan KonMari Method
sumber: instagram Mariekondo

 

Marie Kondo telah menyebarkan cara melipat pakaian ala KonMari Method agar bisa meminimalisir penggunaan ruang untuk menyimpan pakaian tersebut. Seperti halnya ketika melipat kaus lengan pendek. Caranya adalah dengan merentangkan kaus sebelum dilipat. Lalu, lipat sisi kanan dan kiri pakaian dimulai dari pertengahan ujung pundak, kemudian ratakan. Setelah itu, lipat dan rapikan bagian lengannya. Kemudian, lipat kaus ke bawah menjadi dua bagian dengan menyisakan seperempat bagian. Lalu, lipat lagi menjadi tiga bagian. Selesai deh! Dengan cara itu, bentuk kaus akan menjadi lebih kecil dan tentu tidak akan memakan banyak tempat di dalam tasmu!

Baca juga: 3 Tips Mudah Mengajarkan Kecerdasan Emosi untuk Anak


4. Masukkan skincare, makeup, dan perlengkapan mandi ke dalam wadah-wadah kecil

Masukkan skincare, makeup, dan keperluan mandi ke dalam wadah-wadah kecil
sumber: instagram Mariekondo

 

Sebagai seorang wanita yang tetap mengutamakan kebersihan dan kecantikan penampilan, tentu kamu akan tetap membawa keperluan skincare, makeup, dan keperluan mandi ketika bepergian kan, Ladies? Nah, agar kemasan semua produk itu juga tidak memakan banyak tempat, sebaiknya kamu masukkan masing-masing produk ke dalam wadah-wadah kecil terlebih dahulu. Pastikan wadah-wadah itu memiliki ukuran yang kecil dan tutup yang rapat sehingga tidak menyebabkan produk cair menjadi bocor, serta juga pas untuk menyimpan skincare atau makeup sesuai dengan waktu bepergian yang kamu ambil. Jangan lupa untuk menuliskan nama produk di wadah kecil tersebut agar tidak tertukar fungsinya, ya. Kamu bisa menggunakan kertas perekat yang dapat dituliskan dengan pulpen.

5. Gunakan pouch untuk menyimpan barang-barang printilan agar tidak tercecer

Gunakan pouch untuk barang ukuran sedang dan kecil agar tidak tercecer
sumber: instagram Mariekondo

 

Terakhir, masukkan barang-barang yang sudah diorganisasi dalam berbagai kategori, terutama yang berukuran sedang hingga kecil ke dalam pouch sesuai jenisnya. Misalnya, gunakan pouch berbahan dasar kain atau kanvas untuk menyimpan kabel, produk makeup, atau printilan lainnya yang bukan bertekstur cair. Lalu, kamu bisa gunakan pouch berbahan plastik atau silikon untuk menaruh produk skincare dan perlengkapan mandi yang berbentuk cair, yang tentu sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam wadah-wadah kecil untuk menghindari terjadinya kebocoran. Jangan lupa untuk menaruh barang-barang penting di tempat yang mudah dijangkau tanganmu, ya.

Nah, dengan menerapkan tips packing ala KonMari Method saat bepergian ini, tasmu tidah hanya akan terasa ringan dan aman, tapi juga tetap bisa menyimpan semua barang yang kamu butuhkan. Yuk, kita coba, Ladies!

Baca juga: Meski Tanpa Lipstik, Bibirmu Akan Tampak Pink Alami dengan 5 Tips Ini!

travel traveling tips packing ala konmari method tips paking ala marie kondo marie kondo konmari method tips packing bepergian spark joy

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

TRENDING ON TRAVEL