LADIESTORY.ID | JEWELRY | SEBENARNYA MANA YANG LEBIH MAHAL, BERLIAN BERWARNA ATAU TANPA WARNA?

Sebenarnya Mana yang Lebih Mahal, Berlian Berwarna atau Tanpa Warna?

LS Fashion
Penulis: LS Fashion
Durasi baca: 2 menit, 27 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Sebenarnya Mana yang Lebih Mahal, Berlian Berwarna atau Tanpa Warna?

Pada beberapa tahun belakangan ini, perhiasan berbahan rose gold kembali naik daun dan menjadi favorit karena warnanya yang kaya dan memikat. Dengan memadukannya dengan berbagai warna emas yang lain, rose gold dapat terlihat semakin menyala dan istimewa. Dengan warnanya yang memikat dan menyala, perhiasan berbahan rose gold tidak akan pernah terlihat ketinggalan zaman. Hingga kini, perhiasan jenis rose gold ini kembali menjadi pilihan favorit para pecinta berlian berkat tampilan warna yang cukup memikat hati.

Bahkan, para ahli perhiasan sempat mengatakan bahwa perhiasan yang berbahan dasar rose gold tidak akan pernah ketinggalan zaman. Secara umum, rose gold sendiri terdiri dari campuran emas serta perunggu, atau kadang kala juga bisa terdiri dari perak. Dengan komposisi campuran yang pas, maka akan menghasilkan sebuah warna baru, yakni seperti emas namun lebih memiliki rona merah yang menyala. Untuk emas sebagai bahan dasarnya sendiri bisa terdiri dari emas kuning dengan komposisi sekitar 75 persen dari total seluruh campuran logam yang ada. Dan untuk bahan perunggunya sendiri bisa sekitar 20 hingga 25 persen.

Kategori Harga Berlian dan Warnanya

Menurut kisaran harganya, berlian berwarna dibagi ke dalam empat kategori:

Baca juga: Rekomendasi Model Cincin Berlian Yang Tampilannya Terlihat Lebih Besar

  • Harga relatif murah: berlian yang masuk pada kategori ini adalah berlian berwarna abu-abu, coklat, kuning. Berlian dengan warna-warna ini merupakan berlian berharga jauh lebih murah sekaligus dapat menjadi alternatif pilihan berlian putih.
  • Harga sedang: warna berlian berharga sedang adalah kuning kemuning, kuning terang dan berlian oranye. Harga berlian berwarna pada kisaran ini cukup variatif, bergantung dari rona dan warna sekunder juga intensitas warna utamanya. Contohnya, harga batu berlian berwarna oranye murni akan sangat mahal, sedikit di bawah berlian dari kategori harga tinggi. Akan tetapi dalam kategori ini, kamu akan menemukan berlian yang memiliki rona kecoklatan atau kekuningan (Brownish Orange Diamonds dan Yellowish Orange Diamonds) dengan harga yang masih di bawah harga berlian putih. Sementara berlian berwarna kuning terang memiliki harga yang sedikit lebih murah dari berlian putih.
  • Harga mahal: pink, ungu, violet, hijau dan berlian biru. Harga berlian dengan warna-warna yang telah disebutkan ini memang lebih mahal dibandingkan harga berlian putih. Hal ini disebabkan jumlahnya yang sangat terbatas. Berlian berwarna pink, ungu atau hijau dengan besaran hanya seperempat karat akan lebih mahal dibandingkan dengan berlian tanpa warna dengan besaran satu karat. Namun, pembeli yang cermat akan menemukan berlian berwarna dari kategori ini dengan harga sesuai budget.
  • Harga sangat mahal: Merah. Jika pada berlian putih, harga termahal dimiliki oleh berlian berkarakter warna F, maka lain halnya dengan berlian berwarna. Berlian berwarna dengan harga paling mahal adalah berlian berwarna merah.

Hal ini dikarenakan jumlahnya yang paling sedikit diantara berlian dengan warna lain. Harganya pun sangat variatif, bergantung pada seberapa intensitas warna merah pada batu berlian itu. Dalam hal perhiasan berlian, khususnya seperti cincin berlian wanita, rose gold biasanya di bagi kedalam tiga jenis warna. Antara lain seperti rose gold merah, rose gold murni, serta rose gold pink. Tingkat warna yang berbeda-beda tersebut disebabkan oleh perbedaan komposisi atau  kadar campuran yang digunakan untuk menghasilkan warna rose gold tersebut.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

Kategori Harga Berlian dan Warnanya Harga Berlian dan Warnanya Berlian dan Warnanya Berlian

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Jewelry