Ladiestory.id » Travel » Selalu Lakukan Kebiasaan Menjaga Lingkungan Ini, Kemanapun Kamu Liburan

Selalu Lakukan Kebiasaan Menjaga Lingkungan Ini, Kemanapun Kamu Liburan

LS Travel
Penulis: LS Travel
Jum'at, 13 Maret 2020 | 02:49:01
Durasi baca: 2 menit, 23 detik
Dibaca: 3 kali
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Selalu Lakukan Kebiasaan Menjaga Lingkungan Ini, Kemanapun Kamu Liburan

Tidak hanya mengambil ribuan foto dan selfie, menjaga lingkungan sekitar saat travelling adalah prioritas yang sangat tinggi demi kenyamanan dan keberlangsungan alam. Apa yang sebaiknya kamu lakukan selama liburan? Ini daftar hal yang wajib diingat dan dipraktikkan setiap kali kamu jalan-jalan dan traveling ke manapun tujuanmu dalam rangka menjaga lingkungan saat liburan.  

Tips Cara Menjaga Lingkungan Saat Liburan

Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Jangan buang sampah sembarangan, adalah slogan lama yang belum tentu kita laksanakan. Banyak orang yang masih lupa atau gagal membuang sampah pada tempatnya. Apalagi di jalanan, ada anggapan bahwa jika buang sampah sembarangan pasti akan ada petugas yang akan membersihkan sampah yang kita buang. Seperti kata pepatah, "kebersihan adalah sebagian dari iman" maka sebaiknya ini budayakan setiap hari, di mana pun kita berada. Jika kita sudah membuang sampah pada tempatnya, niscaya kita akan terbebas akan berbagai penyakit dan musibah, contohnya banjir. Soalnya, pada umumnya, penyebab dari bencana banjir yaitu akibat kebiasaan membuang sampah di sungai.

Membawa Botol Minum Sendiri

Bayangkan, ada berapa banyak orang meminum air mineral dari botol plastik sekali pakai? Dan berapa jumlah sampah yang dihasilkan? Akan lebih bijak jika kita meminimalisir penggunaannya dengan membawa tempat minum sendiri dari rumah. Tidak hanya menjaga lingkungan, kebiasaan ini justru akan bermanfaat, terutama untuk dompet. Kita tak perlu lagi mampir mini market demi sebotol air mineral, karena air minum sudah ada di dalam tas.

Baca juga: OOTD Liburan Musim Panas a La Selebgram Indonesia, Kece!

Tidak Memetik Daun Sembarangan

Saat memetik daun sama saja kita sedang merusak keindahan dari sebuah tumbuhan. Kebiasaan ini juga dapat merusak tanaman karena merusak sel di sebuah tumbuhan. Selain itu, membuat proses fotosintetis manjadi terlambat atau tidak terjadi dan mungkin akan membuat tumbuhan itu mati. Ini sebabnya, sebaiknya tidak sembarangan memetik daun pada tumbuhan saat sedang liburan atau jalan-jalan ke alam terbuka. 

Memungut Sampah

Baru-baru ini aktor Hollywood bernama Adrian Grenier membuat heboh dunia media sosial di Indonesia. Soalnya, karena saat ia sedang berlibur di sebuah pantai di Bali, Adrian terlihat asyik memungut sampah di sepanjang pantai. Dalam sebuah foto, misalnya, ia terlihat memanggul karung yang penuh dengan sampah. Ia mencantumkan Uluwatu, Bali, sebagai keterangan tempat foto tersebut. Jadi, jika kalian sedang bertraveling kemana saja, yuk lakukan hal kecil ini! 

Mengurangi Polusi Asap Kimia

Asap kimia yang dimaksud yakni asap rokok, asap kendaraan dan lain lain yang mengakibatkan banyaknya karbon dioksida yang mengancam keasrian alam. Jadi, jika kamu sedang berada di alam terbuka, cobalah kurangi asap rokok. Atau, gunakan transportasi publik, sepeda atau lebih lagi jalan kaki, untuk menjaga kesegaran dan kemurnian udara sekitar. 

Sudah tahu 'kan, apa yang sebaiknya kita lakukan saat bepergian dan traveling untuk menjaga lingkungan? Semoga kita ingat hal ini dan mulai melakukannya dengan rajin ke mana pun kita pergi. Selamat liburan, Ladies.

Sumber foto utama: Rawpixel.com

Baca juga: Escape Sejenak dari Kesibukan, Liburan ke Second City Yuk!


tips menjaga lingkungan tips menjadi traveller ramah lingkungan cinta lingkungan menjaga lingkungan liburan ramah lingkungan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON TRAVEL