LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | SEPERTI APA GAYA HIDUP MINIMALIS SAAT INI?

Seperti Apa Gaya Hidup Minimalis Saat Ini?

LS Lifestyle
Durasi baca: 2 menit, 18 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Seperti Apa Gaya Hidup Minimalis Saat Ini?

Mengikuti gaya hidup terkadang membuat kondisi dompet “sesak napas”. Terutama, ketika berbelanja kebutuhan untuk rumah. Namun, tahukah kamu, ternyata ada lho gaya hidup yang bisa bersahabat di kantong. Gaya hidup ini bernama gaya hidup minimalis. Ya, gaya hidup minimalis sedang digandrungi belakangan ini. Gaya hidup ini pada awalnya berasal dari Jepang. Dengan pengaruh dari estetika Buddhisme Zen, penganut gaya hidup minimalis menerapkan prinsip kesederhanaan dalam kehidupan mereka. Dan, kabar baiknya, gaya hidup minimalis dapat membuat kondisi keuangan kamu semakin subur dan makmur.

Penasaran seperti apa gaya hidup minimalis? Yuk, simak gaya hidup minimalis yang dapat diterapkan sehari-hari, agar gaji kamu semakin awet dan tidak menghilang begitu saja.

Membeli Barang Sesuai Kebutuhan, Bukan Keinginan

Siapa di sini yang gemar membeli barang berdasarkan keinginan? Yups, meski sulit diakui, tetapi kenyataannya masih banyak orang yang memiliki gaya hidup konsumtif, dan ini merupakan salah satu cirinya. Seseorang yang memiliki gaya hidup konsumtif akan mudah membeli barang yang diinginkan, yang mungkin saja tidak dia butuhkan. Dan, tahukah kamu, strategi inilah yang digunakan oleh produsen untuk meningkatkan penjualan mereka.

Baca juga: Tips Memadukan Kalung & Liontin Rose Gold dengan Neckline Atasan

Menahan Diri dari Diskon

Suka tidak suka, memang perlu diakui bahwa godaan ini paling sulit untuk ditahan dan menjadi “jurus” ampuh bagi penyedia jasa. Event atau program yang mereka tawarkan pun sangat beragam. Mulai dari diskon awal tahun, diskon akhir tahun, diskon Lebaran, diskon liburan sekolah, dan diskon-diskon lainnya yang tidak akan pernah berhenti sebelum simpanan kamu habis tak bersisa. Dengan menahan diri dari godaan diskon, kamu bisa menghentikan gaya hidup konsumtif. Meski demikian, bukan berarti kamu tidak dianjurkan untuk membeli produk diskon, lho. Justru sebaliknya, berbelanjalah pada saat diskon, hanya saja, terbatas untuk produk yang kamu butuhkan. Untuk mengetahui produk apa yang kamu butuhkan, kamu bisa memulainya dengan mambuat rencana belanja.

Menggunakan Furnitur Minimalis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, prinsip gaya hidup minimalis adalah kesederhanaan. Dan, salah satu yang bisa diaplikasikan ialah menggunakan furnitur minimalis. Ya, furnitur minimalis ini memiliki bentuk yang simpel, sederhana, dan mengutamakan asas kemanfaatan. Bahkan, tidak hanya dari segi manfaat, furnitur minimalis pun memiliki keunggulan lain

Lebih Baik Membeli Sedikit, Tapi Barang Berkualitas Tinggi

Cara berhemat selanjutnya adalah dengan membeli barang-barang berkualitas tinggi yang mampu digunakan dalam jangka panjang. Ada dua manfaat sekaligus yang akan didapatkan saat kamu menerapkan cara ini yaitu mengurangi limbah dan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

Miliki Cara Pandang yang Minimalis

Gaya hidup minimalis sebenarnya gaya hidup yang tidak berlebihan dengan memiliki berbagai barang yang benar-benar dibutuhkan.Berfokus pada barang yang benar-benar dibutuhkan akan menghapus beberapa keinginan kamu memiliki barang yang tidak diperlukan.

Jadi, jika kamu ingin menghentikan gaya hidup konsumtif (dan beralih ke gaya hidup minimalis), mulailah dengan caya yang sederhana, yaitu membeli apa yang kamu butuhkan dan hanya yang dibutuhkan saja. Selamat Mencoba!

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

 

 

tips keuangan gaya hidup minimalis tips keuangan saat pandemi pandemi covid 19

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle