LADIESTORY.ID | BEAUTY | SIMAK TIPS MENGATASI ANAK SUSAH MAKAN KARENA PICKY EATER DENGAN MUDAH

Simak Tips Mengatasi Anak Susah Makan Karena Picky Eater dengan Mudah

LS Parenting
Durasi baca: 2 menit, 24 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Simak Tips Mengatasi Anak Susah Makan Karena Picky Eater dengan Mudah

Buah hati yang terlalu pemilih dalam mengisi perut bisa membuat orangtua pusing tujuh keliling karena anak cuma mau mengonsumsi makanan tertentu. Psikolog Ayoe Sutomo mengatakan, ada banyak faktor yang menyebabkan anak jadi pilih-pilih soal makanan, termasuk dari sisi psikologi hingga pola makan ibu saat mengandung.

Apa yang menyebabkan anak jadi seorang picky eater?

Setelah melalui masa menu makanan dengan tekstur agak halus, di usia balita, anak mulai mengenal rasa dan variasi makanan baru. Mengutip dari Baby Center, anak yang picky eater cenderung diberi makanan yang tidak bervariasi. Anak cenderung memilih dan menyukai makanan yang biasa ia makan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu selalu memperkenalkan makanan baru pada usia dini untuk mencegah anak agar tidak pilih-pilih makanan (picky eater).

Baca juga: Bersama SOGO jadi #PahlawanKebaikan Bantu Anak-Anak yang Kelaparan

Tips mengatasi anak susah makan karena picky eater (pilih-pilih makanan)

Seiring pertumbuhannya, kebanyakan anak akan mulai menyukai menu makanan yang lebih beragam. Mereka pun lambat laun akan menyadari betapa pentingnya variasi makanan dan nutrisi. Sambil menanti saat tersebut tiba, selain bersabar, kamu bisa mencoba cara berikut untuk mengatasi masalah anak pilih-pilih makanan atau picky eater.

Hargai keinginan anak untuk makan (atau tidak makan)

Poin pertama dalam mengatasi anak picky eater adalah tidak memaksa anak untuk makan kalau mereka tidak lapar. Ada orangtua yang suka memaksa anaknya untuk makan sesuatu atau mencuci piringnya sendiri. Hal ini hanya bisa menciptakan suasana tegang dan memicu adu mulut saat sedang makan di meja makan. Sajikan makanan dengan porsi kecil untuk menghindari anak kekenyangan. Berilah mereka kesempatan untuk menambah porsi makan mereka sendiri.

Taati jadwal makan rutin

Buatlah jadwal makan rutin yang teratur, misalnya sajikan makanan berat dan camilan di waktu yang sama setiap hari. Bila kamu membiarkan anak minum jus, susu, atau makan camilan sepanjang hari, ini bisa menurunkan nafsu makan saat waktu makan tiba.

Bersabar dengan menu baru

Mengatasi anak picky eater memang harus sabar. Bila kamu menyajikan seporsi menu makanan baru di meja makan, biasanya anak-anak akan menyentuh atau mencium makanan terlebih dulu. Setelah mencicipi, mereka mungkin menaruh kembali makanan tersebut ke atas piring. Biasanya untuk hal tersebut, anak-anak butuh proses, sebelum akhirnya terbiasa dan mau dengan menu makanan baru.

Buatlah kegiatan makan jadi menyenangkan

Sajikan brokoli dan sayuran lainnya dengan saus atau bumbu favorit. Agar lebih menarik, potong makanan menjadi berbagai bentuk menggunakan cetakan kue. Tawarkan juga menu sarapan untuk disajikan sebagai makan malam. Selain itu, kamu bisa mencoba untuk menyajikan berbagai makanan dengan warna cerah untuk mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan (picky eater).

Makan bersama keluarga

Sebelum makan bersama, kamu bisa mendiskusikan menu apa yang diinginkan oleh anggota keluarga untuk makan malam. Libatkan anak untuk merencanakan makan bersama, ini membuat anak lebih bisa menerima makanan yang disediakan.

Bebaskan anak kamu menentukan apabila mereka sudah merasa kenyang atau belum hal ini mengajarkan mereka untuk mendengar tubuh mereka. Selain itu, pertimbangkan ukuran perut anak kamu. Terlalu banyak minum susu atau sari buah dapat membuat mereka kenyang.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

Baca juga: 5 Manfaat Mengajarkan Bahasa Asing Sejak Dini pada Anak

Picky Eater Tips parenting cara agar anak doyan makan cara mudah mengatasi picky eater parenting

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty