LADIESTORY.ID | BEAUTY | SIMAK YUK, TIPS CARA MENGATASI KERONTOKAN PADA RAMBUT

Simak Yuk, Tips Cara Mengatasi Kerontokan Pada Rambut

LS Beauty
Penulis: LS Beauty
Durasi baca: 2 menit, 25 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Simak Yuk, Tips Cara Mengatasi Kerontokan Pada Rambut

Menemukan terlalu banyak helai rambut rontok di bantal, sisir, atau bahkan di jok mobilmu setiap hari, dapat menjatuhkan rasa percaya dirimu. Dari alat styling rambut yang panas, kegiatan menyisir sehari-hari, hingga ke gaya hidup dan proses kimiawi yang dialami rambutmu; banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok. Kabar baiknya adalah, kamu tidak perlu lagi khawatir untuk mengatasi rambut yang lemah, rentan, dan rontok setiap kali kamu sikat atau sisir. Berikut tips dan trik bagaimana cara mengendalikan dan mengatasi rambut rontok.

Rileks Saja!

Percaya atau tidak, penyebab utama rambut adalah stres. Kita semua menjalani kesibukan dan hal ini dapat meningkatkan tingkat stres yang berpengaruh pada produksi rambut. Semakin kita stres, semakin banyak testosteron yang kita produksi, yang dapat memengaruhi, bukan hanya pertumbuhan rambut tapi juga kemampuan rambut menyerap nutrisi dan vitamin penting. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, namun ada cara kamu bisa meminimalisir stres dalam kehidupan sehari-hari. Cobalah yoga, olah raga, meditasi; apapun yang membuat pikiran dan tubuhmu rileks.

Periksa Pola Makanmu

Pola makan sehat dan seimbang dapat membantu memperkuat rambut yang lemah. Konsumsi sayuran segar, daging merah dan kacang-kacangan, dan makanan lain yang tinggi protein dan zat besi; akan mendorong pertumbuhan rambut sehat. Coba hindari makanan-makanan asam seperti produk-produk susu, roti, dan kentang karena dapat mengubah pH tubuhmu. Jangan lupa banyak minum air putih karena kamu harus tetap terhidrasi jika ingin meningkatkan penampilan rambutmu.

Baca juga: Tips Merawat Rambut Lurus Setelah Smoothing Rambut

Jaga Keseimbangan Hormon

Sama seperti bagian lain tubuhmu, rambut juga melewati berbagai perubahan selama hidupmu. Tingkat hormonmu meningkat dan turun secara normal, namun kehamilan dan menopause dapat benar-benar merusak keseimbangan dan menjadi alasan utama terjadinya penipisan rambut. Seiring stres, ada beberapa cara alami untuk memastikan tingkat hormonmu seimbang, mulai dari mengkonsumsi lemak sehat, meminum vitamin dan suplemen herbal, untuk mengurangi kafein dan alkohol. Bagaimanapun, sangat dianjurkan untuk berbicara dengan doktermu jika kamu kuatir mengalami ketidakseimbangan hormon.

Tidak Mengikat Rambut Terlalu Ketat

Mengikat rambut dengan longgar juga merupakan cara mengurangi rambut rontok. Obat-obatan herbal mungkin dapat mengatasi rambut rontok. Namun, tetap saja percuma apabila kita tetap memperlakukan rambut kita secara kasar. Menyisir terlalu kasar, menggosok sampo terlalu lama, dan mengikat rambut terlalu ketat dapat menyebabkan rambut rontok.

Tidak Terlalu Sering Keramas

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya adalah dengan tidak terlalu rutin keramas. Menjaga kebersihan memang penting. Namun, apa jadinya apabila kebersihan rambut terlalu dijaga? Produk kesehatan rambut yang dijual di swalayan semuanya mengandung bahan kimia.

Masker Jambu Biji

Jambu biji kaya akan vitamin C, itulah mengapa jambu biji sering dijadikan bahan utama pembuat obat atau serum kecantikan. Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan vitamin B3, B5, dan B6. Kandungan-kandungan di atas berfungsi sebagai nutrisi perbaikan rambut kering dan patah-patah. Tidak cuma itu, vitamin B6 juga dapat membersihkan permukaan kulit kepala dari segala macam kotoran seperti debu, keringat, dan ketombe.

Selamat mencoba tips-tips mengatasi masalah rambut rontok di atas ya. Jika rambut rontokmu terus berlanjut dan semakin banyak jumlahnya, coba tanyakan kepada dokter ya ladies.

Sumber Foto Utama: Freepik.com

 

Tips Cara Mengatasi Kerontokan Pada Rambut Cara Mengatasi Kerontokan Pada Rambut Rontok Pada Rambut Shampo Untuk Rambut Rontok

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Beauty