Ladiestory.id » Parenting » Simpel dan Kreatif! 5 Ide Sensory Play Menggunakan Bak Pasir

Simpel dan Kreatif! 5 Ide Sensory Play Menggunakan Bak Pasir

LS Parenting
Rabu, 20 Mei 2020 | 11:20:40
Durasi baca: 2 menit, 22 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Simpel dan Kreatif! 5 Ide Sensory Play Menggunakan Bak Pasir

Gak selalu kita harus membelikan mainan untuk anak, dan banyak artikel atau buku parenting yang malah menyarankan anak boleh merasa bosan. Dalam artian tidak selalu kita harus memberikannya mainan, karena kebosanan yang dirasa si kecil justru merangsang kreatifitas mereka. Bermain sambil mengasah sensory pada si kecil juga menyenangkan selain membuat si kecil semakin cerdas. Sensory play adalah aktivitas atau permainan yang mengajak anak menggunakan lebih dari satu indera. Tentu saja sensory play sangat beragam, dari yang mudah sampai yang membutuhkan usaha lebih. Untuk anak usia 1 tahun ke atas kebanyakan belum melewati fase oral yaitu memasukkan segala sesuatu ke mulut. Karena itu dibutuhkan sensory play yang aman dimakan

Nah, berikut permainan yang juga gak membutuhkan kocek banyak. Yuk, cobain ide permainan mudah menggunakan  bak pasir biar kegiatan selama dirumah aja semakin berwarna:

Flour box

Bila si kecil masih dalam tahap oral, di mana segala sesuatu dimasukkan ke dalam mulut, kamu bisa gunakan tepung terigu sebagai pengganti pasir. Jangan lupa sediakan berbagai mainan pasir seperti sekop kecil, garukan tanah dan truk pasir agar permainan jadi lebih seru.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Baru, Wishnutama Kusubandio

Colorful sand box

Alternatif lain, bisa juga dengan tepung maizena yang diberi pewarna for a more colorful play time. Kegiatan ini sekaligus bisa memperkenalkan warna kepada anak. Pilih warna utama yaitu merah, biru dan kuning, kemudian ajak anak mencampur dan meratakan warna dengan meremas-remas tepung.

Gak box

Gak adalah campuran tepung maizena, air dan pewarna makanan. Perbandingan tepung dan air adalah 2:1, kemudian beri 1-2 tetes pewarna makanan ke dalam adonan untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Tekstur Gak sangat menyenangkan, padat namun cair, wah pokoknya sulit dijelaskan. Biasanya tidak hanya anak yang senang, namun orang tuanya pun ikutan seru menemani anak bermain Gak.

Water box

Saat udara panas, ajak anak ke halaman dan tuang air ke dalam bak kemudian bermain air. Aktivitas yang dilakukan bisa macam-macam. Bawa gelas-gelas plastik, ajari anak menuang air. Bawa kapal-kapalan dan ajak anak berimajinasi sambil bernyanyi. Lebih seru lagi bila air diberi pewarna atau es batu. Tutup sensory play dengan sesi mandi di halaman. Seru!

Rice and pasta box

Satu lagi pengganti pasir, yaitu beras dan pasta. Pilih salah satu atau gunakan keduanya bersamaan. Agar lebih seru, warnai dahulu dengan pewarna makanan sebelum kemudian disusun di bak. Gunakan peralatan dapur dan makan dalam aktivitas ini sehingga anak bisa belajar menyaring atau menyendoki beras/pasta ke dalam mangkuk, dll.

Sebaiknya pilih waktu bermain saat anak tidak mengantuk dan tidak lapar sehingga semangat bermain. Anak akan lebih senang bermain dan mengeksplor sensory play yang disiapkan apabila kamu pun turut bermain bersama, bukan hanya memberikan instruksi di sebelahnya. Semoga bermanfaat dan anak-anak suka ya. Untuk kamu perempuan kreatif Ladiestory.id ingin mengajak kamu untuk semakin kreatif selama #dirumahaja dengan kembali mengikuti "DIY Contest"! Share kreativitas kalian selama #dirumahaja, agar bisa menginspirasi teman-teman lainnya. Ada hadiahnya lho untuk yang beruntung. Selamat mencoba!

Baca juga: Cerdas dan Kreatif, 3 Zodiak Ini Sering Menginspirasi Orang Lain


 

Sumber foto utama: Freepik.com

Sensory play parenting Diy mainan anak mainan anak ide permainan sensory play

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

RELATED POSTS

TRENDING ON PARENTING